Kerja Cuma Buat Nyari Duit Semata? Ini 5 Kerugiannya

nyari duit

Nyari duit emang penting. Tapi kalau itu jadi satu-satunya tujuan saat membangun karier, ya jelek juga akibatnya. Masak kerja cuma buat nunggu gaji bulanan doang?

Gaji bulanan memang jadi suatu hal yang wajar kamu nantikan di akhir bulan. Karena kamu butuh uang untuk makan, transportasi, biaya rumah tangga, dan juga untuk investasi.

Namun bukanlah hal yang tepat jika kamu hanya bekerja untuk menunggu gaji bulanan masuk ke rekening, tanpa ada kontribusi yang lebih dan bermanfaat.

Nah, kalau kamu termasuk yang cuma fokus nyari duit doang pas kerja, maka bakal ada kerugian karier yang kamu alami di masa depan. Berikut ini di antaranya:

1. Gak bakal jadi figur yang punya inisiatif tinggi

nyari duit
Serius amat kerjanya, tidur aja udah (Andrew Horder)

Sejatinya, inisiatif adalah suatu hal yang bisa dan harus dilatih. Semua bos tentunya harus bisa punya inisiatif yang tinggi ketika harus menahkodai perusahaan.

Ketika kerja hanya jadi sebatas sarana untuk nyari duit, maka sampai kapan pun kamu gak bakal melatih dirimu untuk jadi seseorang yang bisa mengambil inisiatif. Artinya, bakal sulit jadi pemimpin. Emang mau kerja jadi bawahan terus?

2. Karier sulit berkembang

Karena cuma fokus ngejar gaji bulanan, kondisi perusahaan pun gak diperhatikan. Mau perusahaan bangkrut kek, bodo amat yang penting bulan ini digaji. Atau kalau bangkrut ya dapat pesangon.

Patut diketahui lho, ketika perusahaan sedang berada di ambang kebangkrutan, di situlah saatnya kamu unjuk gigi. Kamu mungkin bisa belajar dari perjalanan Howard Schultz yang dulu adalah karyawan Starbucks, tapi saat ini jadi owner-nya.

[Baca: Kisah Orang Sukses: Howard Schultz, Loper Koran yang Jadi Bos Starbucks]

3. Terancam jadi kutu loncat

nyari duit
Apa betah tuh jadi kutu loncat melulu? (pre employment assessments)

Karena memang motivasinya adalah mengejar gaji bulanan, maka semakin besar gaji bulanan semakin baik toh? Hal itulah yang membuat orang seperti ini jadi kutu loncat.

Sekali ngelihat tawaran gaji dan tunjangan lebih baik, langsung apply dan nyari kesempatan pindah. Bodo amat walau belum kerja setahun lebih di perusahaan tersebut, yang penting gajinya lebih gede bos.

Apa enak tuh jadi kutu loncat? Gak capek tuh adaptasi mulu gara-gara pindah kantor?

[Baca: 5 Kerugian Finansial Jika Jadi Kutu Loncat di Dunia Kerja]

4. Hidup monoton dan ngebosenin

Kerja-pulang, kerja-pulang, dah gitu aja hidupnya tiap hari. Gak ada mikirin proyek, program, atau terobosan apa nih yang harus digarap biar omzet meroket bulan depan?

Kira-kira kalau dalam setahun kerja-pulang melulu buat nyari duit, ngebosenin gak? Apa gak mau dapet tantangan lebih besar agar karier makin baik dalam beberapa tahun ke depan?

5. Gak bakal punya prestasi kerja yang “Wah”

nyari duit
Yakin gak mau dapat penghargaan atau promosi? (noam wekser)

Tanpa sebuah “greget” yang tinggi dalam mengemban tugas, maka hasil kerjamu pun biasa-biasa saja. Gak akan muncul sebuah prestasi yang membanggakan dari hasil keringatmu.

Mereka yang cuma ngejar gaji bulanan tentu gak jarang mengatakan, “Digaji berapa sih, sampai kerja mati-matian gitu?”

[Baca: Rekan Kerja Gak Bersemangat? Bantu dengan 5 Cara Ini]

Tapi patut kamu ketahui, di mana pun kamu bekerja tentu ada banyak hal yang bisa kamu pelajari dan capai. Pencapaian atau prestasimu tentu bakal jadi cerita keren yang bisa diutarakan saat kamu menjalani interview kerja di perusahaan lain.

Masa gak mau sih punya prestasi kerja yang bagus? Kalau mau, ya jangan ngejar gaji bulanan doang, inovasi dong bos.

Itu dia kerugian-kerugian yang bakal kamu alami bila motivasi kerjamu cuma nyari duit semata. Semoga dengan mengetahui lima hal ini, kamu bisa memberikan kontribusi yang lebih buat perusahaan.

Dan semoga kamu juga makin bisa terus termotivasi agar kariermu makin mulus di masa yang akan datang.

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →