Ingin Berkarier di Industri Digital? Segini Besaran Gajinya Menurut Survei

Bekerja di industri digital, segini lho besaran gajinya

Belakangan ini industri digital tengah mengalami peningkatan tren yang signifikan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya bermunculan startup-startup baru dari berbagai bidang bisnis. 

Dikutip dari CNBC, ekonomi digital RI memang menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. Total pertumbuhannya saja tahun 2019 lalu mencapai US$ 40 miliar. 

Besaran nilai tersebut mungkin akan terus berkembang selama beberapa tahun ke depan bahkan semakin canggih lagi. Itu sebabnya mengapa terjun ke dunia industri digital ini kini menjadi pilihan yang tepat untuk berkarier

Industri digital yang berkembang di Indonesia sepanjang tahun 2019-2020

Industri ini mengalami perkembangan yang cukup signifikan di Indonesia
Industri ini mengalami perkembangan yang cukup signifikan di Indonesia, (Shutterstock).

Robert Walters melihat setidaknya ada tiga bidang industri digital yang tengah berkembang sepanjang tahun 2019-2020. Namun bukan industri transportasi online dan e-commerce lagi, karena mereka sudah berkembang lebih dulu di tahun-tahun sebelumnya. Kira-kira apa saja tiga bidang industri tersebut? 

1. Industri teknologi keuangan, contohnya dompet digital

Kini semakin marak kemunculan dompet digital baru. Mereka menawarkan kemudahan dalam bertransaksi, tanpa membawa uang cash, bahkan kartu ATM. Kamu cukup menggunakan ponsel pintar dan internet untuk bisa bertransaksi ke mana saja. 

Tahun 2019-2020 ini, muncul beberapa startup dompet digital yang ikut meramaikan industri digital, contohnya DANA, Jenius, sampai Linkaja. 

2. Aplikasi kesehatan 

Startup-startup kesehatan juga selama setahun belakangan dinilai sedang naik daun. Mereka memberikan inovasi dalam memberikan pelayanan kesehatan ke masyarakat. 

Aplikasi kesehatan ini menyediakan jasa konsultasi gratis hanya lewat ponsel pintar, sampai pembelian obat-obatan online. Tanpa harus keluar rumah kamu sudah bisa konsul masalah kesehatan dan dapat obat. 

Beberapa perusahaan aplikasi kesehatan yang terkenal di antaranya adala Halodoc, Alodokter, Klikdokter, dan masih banyak lagi. 

3. Perusahaan startup di dunia pendidikan 

Terakhir adalah startup di bidang pendidikan. Kamu pasti sudah tahu Ruang Guru, startup besutan Belva dan Iman Usman ini memiliki terobosan baru dalam memberikan akses pembelajaran siswa-siswi sekolah. 

Ruang Guru telah menghasilkan inovasi dalam pembelajaran dengan metode online, menggunakan berbagai media yang interaktif salah satunya video. 

Perkiraan gaji bekerja di industri digital

Di awal tahun 2020 ini, Robert Walters sebuah perusahaan konsultan di bidang sumber daya manusia telah merilis hasil survei gaji pekerja di Indonesia. Berikut ini hasil survei gaji mereka untuk posisi-posisi di industri digital. 

Posisi Besaran gaji per tahun 
CTO Rp 1,1-1,9 miliar
Project Director  Rp 700 juta-1,4 miliar
Head of IT Rp 750 juta-1,5 miliar
Head of Engineering Rp 700 juta-1,2 miliar
Head of Data Rp 700 juta-1,3 miliar
Head of Infrastructure  Rp 500-900 juta
IT Manager  Rp 450-800 juta
Engineering Manager  Rp 300-750 juta
Infrastructure Manager Rp 350-650 juta
Program Manager  Rp 550 juta-1,2 miliar
Project Manager Rp 450-800 juta
Business Intelligence Manager Rp 400-750 juta
Lead Architect Rp 700 juta-1,2 miliar
Software Developer Rp 300-650 juta
Systems Engineer Rp 200-400 juta
Business Analyst Rp 250-500 juta
Data Scientist Rp 200-750 juta
Head of Digital Rp 750 juta-1,5 miliar
Head of E-commerce Rp 600 juta-1,4 miliar
Head of Product Rp 1-1,8 miliaran
E-commerce Manager  Rp 400-800 juta
Product Manager  Rp 350-850 juta
Partnership Manager  Rp 400-650 juta
SEO Manager Rp 250-400 juta
UI/UX Manager  Rp 250-500 juta
Social Media Manager  Rp 200-450 juta

Bidang keterampilan yang paling dibutuhkan di industri digital 

Ini lho keahlian yang harus dimiliki oleh kamu ketika bekerja di industri ini
Ini lho keahlian yang harus dimiliki oleh kamu ketika bekerja di industri ini, (Shutterstock).

Sekarang zamannya sudah masuk ke industri 4.0. Di era ini, era keterbukaan informasi telah terealisasi. Berbagai macam orang bisa saling bertukar data dan informasi dari mana saja dan kapanpun. 

Oleh sebabnya, jika kamu berminat untuk terjun ke industri digital ini, setidaknya ada tiga keterampilan yang perlu dikuasai, big data, artificial intelligence, dan machine learning. 

1. Big data

Big data bukan istilah yang baru di dunia digital. Pengertian sederhananya big data adalah kumpulan banyak informasi dan data yang didapatkan dari berbagai sumber. Data-data tersebut bisa dihimpun berkat keterbukaan informasi karena internet. 

Implementasi gampangnya, kamu bisa mengakses segala sesuatu tentang Amerika Serikat dari Indonesia hanya dengan bermodalkan internet. 

Big data ini bisa sangat bermanfaat untuk segala keperluan, termasuk untuk keperluan bisnis. Tapi syaratnya data yang berjumlah sangat banyak itu harus dihimpun, dikelompokkan, dan dianalisa. 

Berkat kemajuan ini muncul berbagai posisi di antara seperti data analyst, data scientist, dan masih banyak lagi.  

2. Artificial Intelligence 

Artificial Intelligence atau intelegensi buatan merujuk pada teknologi yang menggambarkan kecerdasan manusia tapi di dalam sebuah mesin. Mesin tersebut telah diprogram sedemikian rupa agar bisa melaksanakan tugas-tugas seperti yang dikerjakan manusia. 

Nah sekarang sudah banyak nih perusahaan yang mengaplikasikan intelegensi buatan dalam bisnis mereka. Bahkan menurut data yang dikutip dari CNN, sekitar 14 persen perusahaan id Indonesia sudah menggunakan teknologi canggih ini. 

Oleh sebabnya, keterampilan untuk merakit, memprogramkan, dan mengendalikan AI ini sangat dicari di zaman sekarang. 

Contoh pengaplikasiannya beragam, seperti misalnya mesin pencarian tiket pesawat termurah, mesin pencarian ojek online terdekat dari posisi konsumen, dan masih banyak lagi. 

3. Machine learning 

Machine learning merupakan bagian dari intelegensi buatan. Dengan teknologi ini, perangkat komputer bisa mempelajari berbagai macam hal dari data yang telah didapatkannya. Tentunya untuk bisa demikian, harus ada orang profesional yang mampu membuat sistem itu bekerja sendiri di masa yang akan datang. 

Contoh penerapan machine learning misalnya kamus internet, kemudian ada juga komputer yang bisa mendeteksi penyakit seseorang hanya dari gejala-gejala yang dimasukkan, dan masih banyak lagi. 

Itulah deretan daftar gaji dan keterampilan yang harus dimiliki saat kamu memutuskan untuk terjun ke industri digital. Cukup menggiurkan bukan? Kalau tertarik, sekaranglah saat yang tepat untuk berkecimpung di dunia digital, karena lagi hot-hotnya! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →