Kerja di Kafe Datangkan Banyak Manfaat, Salah Satunya Hasilkan Ide Brilian

Pergerakan dunia kerja yang semakin dinamis membuat banyak sebagian orang memilih jalannya masing-masing. Ada yang bekerja memang sesuai hobi, passion, atau yang berpenghasilan besar. Semua tergantung kebutuhan mereka.

Bahkan saat ini gak semua orang kerja di kantoran seperti zaman dulu. Pekerjaan saat ini bisa diselesaikan dari manapun, karena kedinamisannya tersebut. Sebut saja pekerja kreatif, penulis atau jurnalis.

Terkadang mereka tidak perlu bekerja dari dalam kantor setiap hari. Bekerja di kafe selalu menjadi solusi ketika mereka bosan dan buntu untuk menulis artikel. Suasana hangat coffee shop ditambah suguhan kopi hitam panas dapat membangkitkan ide-ide yang terpendam.

Jika kamu sedang mencari tempat kerja yang berbeda, kafe adalah salah satu yang direkomendasikan. Bahkan bekerja di kafe ternyata membawa banyak manfaat lho. Apa saja sih?

Baca juga: Bingung Kembangkan Karier di Perusahaan Ternama Atau Startup, 5 Hal Ini Bisa Meyakinkanmu

1. Ide bisa mengalir sempurna

Ide bisa mengalir sempurna (Shutterstock).

Kehilangan ide saat bekerja itu lumrah terjadi, apalagi kalau pekerjaanmu adalah creative writer. Daripada gak ada pergerakan, ada baiknya kamu segera mencari tempat yang bisa melahirkan ide tersebut. Kafe salah satu lokasi yang direkomendasikan untuk hal ini.

Karena selama kamu berada di kafe, gak ada tuh gangguan seperti ajakan teman yang mengobrol di jam kerja, atau tawaran makan siang yang pada akhirnya membuat pekerjaan terlantar.

Selama berada di kafe kamu dihadapkan oleh orang asing. Itu sangat menguntungkan karena konsentrasimu gak bakalan terganggu. Saat ini, banyak pekerja yang memanfaatkan suasana kafe seperti interior, koneksi Wi-Fi dan pernak pernik lain dapat melahirkan ide brilian.

2. Suasana kerja kondusif

Suasana kerja kondusif (Shutterstock).

Suasana bekerja di perkantoran identik dengan formalitas atau serius. Sementara di kafe jauh lebih rileks dan kondusif. Bahkan minim dari suara-suara mengganggu lainnya. Meski demikian, gak setiap hari kafe memiliki suasana kondusif.

Untuk mensiasati hal itu, kamu disarankan bekerja di kafe pada saat jam kerja. Selesaikan pekerjaan saat itu juga, jika ada yang belum sempat dikerjakan, selesaikan saat akhir pekan ya. Jangan biasakan menumpuk pekerjaan.

Baca juga: Berani Terima Kritik, Salah Satu Kunci Sukses Taylor Swift yang Wajib Diterapkan

3. Lokasi kafe strategis

Bekerja di kafe (Shutterstock).

Saat ini pertumbuhan kafe di Jakarta sudah sangat tinggi. Hampir di setiap sudut perkotaan kamu dapat menemukannya. Bahkan ada satu wilayah yang berisikan kafe-kafe kekinian, sebut saja kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Disini hampir setiap jalan kamu dapat menemukan kafe unik.

Kalau lokasi kantormu dekat atau gak jauh dari lokasi ini, gak ada salahnya kok untuk mencobanya. Jika dalam satu hari itu kamu ada meeting dengan klien, ini menjadi keuntungan lain kamu bekerja di kafe. Pilih nama kafe yang populer, sehingga klien tidak kebingungan mencarinya.

4. Banyak teman baru

Bekerja di kafe membuat peluang kamu mendapatkan teman baru semakin lebar (Shutterstock).

Bekerja di kafe membuat peluang kamu mendapatkan teman baru semakin lebar. Pasalnya, kafe merupakan tempat umum yang bisa kedatangan tamu darimana saja.

Hal menarik lain, orang yang datang juga berbeda-beda setiap hari. Sehingga tidak membuat suasana membosankan seperti bekerja di kantoran yang orangnya itu-itu saja.

Jika seseorang menegur kamu saat bekerja di kafe, jangan ragu untuk menyapa kembali. Berikan kesan sebaik mungkin, karena gak bakal ada yang tahu kan apa yang terjadi di masa depan. Bisa saja orang itu akan menjadi rekan kerjamu di kemudian hari.

Baca juga: 7 Hal Boros yang Sering Kamu Lakukan Tanpa Sengaja, Hentikan Mulai Sekarang

5. Dunia jadi milik sendiri

Bekerja di kafe memungkinkan kamu dari sifat ghibah, atau menggosipkan seseorang (Shutterstock).

Bekerja di kafe memungkinkan kamu dari sifat ghibah, atau menggosipkan seseorang. Gosip bukan menjadi hal yang tabu di dunia kerja lho. Bisa saja kamu duduk berdekatan dengan rekan kerja yang suka bergosip.

Kalau gak didengar, bisa menyinggung, tapi didengar pun sebetulnya gak berfaedah. Apalagi kalau rekan sejawat juga yang jadi bahan gosip. Duh!

Pergilah ke kafe untuk menghindari hal ini. Jarang sekali orang yang merasa terganggu karena kafe sudah terasa seperti dunia sendiri. Setelah sampai disana, kamu bisa mendengarkan musik dari headphone, dijamin pekerjaan cepat selesai karena didukung suasana yang nyaman.

Tetap berhemat

Meski kamu lebih suka bekerja di kafe ketimbang kantor, ada baiknya tetap mengontrol keuangan ya. Jangan jajan berlebihan, pesan satu menu saja. Ingat prinsip hemat jauh lebih baik ketimbang jatuh miskin akibat kebanyakan jajan.

Kontrol dan siapkan bujetnya agar pekerjaan lancar, hati pun senang. Selamat beraktivitas ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →