Stylist hingga Makeup Artist! Ini Kerja Freelance yang Menguntungkan

Kerja freelance sebagai fashion stylist bisa lho kamu kerjakan disela-sela waktu pekerjaan utama kamu

Kepikiran mencari kerja sampingan di sela-sela jam kerja? Sibuk karena bekerja di media atau digital agency yang agendanya super padat merayap? Hmm… kenapa gak? Hari gini hanya mengandalkan gaji saja rasanya gak cukup ya apalagi bagi yang sudah berkeluarga. Nah buat kamu yang bekerja di media atau digital agency dan pengin kerja freelance bisa banget lho demi mendapatkan penghasilan tambahan

Gak heran kalau sekarang beberapa dari kalian memutuskan untuk menerima tawaran kerja freelance diluar pekerjaan utama. Di era yang serba digital ini, memang sangat memudahkan bagi kamu  pengin menyambi pekerjaan sampingan

Keberadaan  jenis pekerjaan yang semakin dinamis, juga memungkinkan terciptanya profesi-profesi baru. Berbeda dengan era ayah dan ibu kita, pekerjaan sebagai akuntan, sekretaris, pelaut, hingga pekerja tambang merupakan deretan pekerjaan yang umum ada di zamannya. 

Kini zaman sudah berubah lho, para lulusan sarjana baru pun bisa memilih jenis pekerjaan yang diminati sesuai passion, benar gak? Coba deh mulai menjadi seorang wartawan atau jurnalis, digital creator, content creator, graphic design hingga social media specialist adalah deretan pekerjaan yang banyak dicari oleh para lulusan sarjana. 

Nah kali ini kita memang gak bakal membahas soal deretan profesi apa yang cocok dipilih oleh para milenial ataupun lulusan sarjana baru. Soal kerja freelance pasti sudah pada tahu dan pernah menjalaninya dong? Bagi kamu yang bekerja di media atau digital agency, kemungkinan untuk menerima tawaran kerja sampingan bisa saja. 

Selain sudah terbiasa dengan padatnya jadwal deadline atau pekerjaan lainnya, rasanya memudahkan kamu untuk menerima kerja freelance. Lalu pekerjaan apa saja sih yang bisa kamu terima dan dijadikan penghasilan tambahan? Yuk kita intip aja di bawah ini deretan profesi kerja sampingan atau freelance yang bisa kamu jalani. 

Stylist 

Jadi fashion stylist bisa lho kamu jadikan kerja freelance

Bagi kamu yang kerja di media atau digital agency dan memiliki kemampuan styling, bisa nih memanfaatkan kerja freelance sebagai stylist. Kerja sampingan ini memang tidak menuntut kamu untuk memiliki kemampuan secara akademis, soal ‘rasa’ dan paham akan fashion bisa menjadi modal sebagai stylist. 

Memiliki relasi dengan perusahaan fashion retail memang sangat dibutuhkan oleh seorang stylist. Di bidang pekerjaan ini kamu akan memberikan jasa styling dalam pemotretan dan membutuhkan yang namanya wardrobe lho, oleh karena itu penting banget memiliki jaringan pertemanan dengan fashion retail atau desainer.

Untuk pengambilan pekerjaannya pun bisa memilih waktu sesuai dengan kebutuhan klien. Misalkan di akhir pekan akan sangat memudahkan kamu dalam bekerja, dan bisa mempersiapkan kebutuhan wardrobe ketika di hari kerja, tapi kalau bisa jangan sampai mengganggu pekerjaan utama ya. 

Untuk menjadi seorang stylist freelance, kamu membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 8 jam tergantung kebutuhan pemotretan. Untuk keperluan pemotretan produk atau brand biasanya waktu yang dibutuhkan seorang stylist di lokasi bisa mencapai 12 jam. 

Copy writer

Ambil kerja freelance sebagai copy writer bisa lho kamu lakukan

Nah ini pasti sudah menjadi makanan kamu sehari-hari. Ya menerima pekerjaan sebagai copy writer bisa banget diambil bagi yang bekerja di media atau digital agency. 

Memiliki kemampuan menulis indah dan paham akan copy writing, tentunya akan memudahkan bagi kamu yang terbiasa menulis setiap harinya. Pekerjaan ini bisa kamu ambil kapanpun dan dikerjakan kapan dan di manapun tanpa harus mengganggu pekerjaan utama kamu. 

Fotografer

Kerja freelance sebagai fotografer juga bisa lho kamu jadikan penghasilan tambahan

Buat kamu yang memiliki kemampuan dalam fotografi bisa lho menerima kerja freelance sebagai fotografer lepas atau freelance. Mulai menerima pemotretan baby shower para sahabat, wedding reception atau pre-wedding juga bisa kamu ambil nih. 

Untuk menerima job ini memang kamu membutuhkan peralatan perang yang memadai sehingga hasil yang didapatkan pun juga ciamik banget nih! Mulai dari kamera yang memadai, software untuk mengedit, lighting hingga tim dari satu atau dua tiga orang untuk diandalkan jalannya pemotretan. 

Untuk cuan yang didapatkan juga cukup lumayan lho buat dompet kamu. Nah untuk menjalankan pekerjaan ini memang membutuhkan dukungan waktu dan cuaca yang pas banget nih, pasalnya kamu bakal menghabiskan waktu seharian demi mendapatkan gambar bagus. 

Social media specialist 

Mengambil pekerjaan sampingan sebagai social media specialist bisa kamu jalani nih

Buat kamu yang anaknya sosmed banget alias social media geek! Bisa lho menerima pekerjaan sebagai admin sosmed. Jenis pekerjaan ini hanya membutuhkan gadget serta konsentrasi demi menciptakan konten yang ciamik bagi perusahaan atau selebgram. 

Biasanya nih kamu akan mengerjakan segala sesuatu yang berhubungan dengan konten personal atau perusahaan. Kerja freelance ini memang akan sangat membutuhkan waktu ekstra, pasalnya kamu akan tek-tokan langsung dengan klien di saat jam kerja pekerjaan utama mu. 

Makeup artist 

Mengambil kerja sampingan sebagai makeup artist juga bisa kamu lakukan

Buat yang anak divisi lifestyle dan beauty pekerjaan sampingan ini menarik banget buat kamu ambil nih. Apalagi kamu memiliki kemampuan makeup yang natural ataupun untuk kebutuhan editorial. 

Untuk kerja sampingan ini kamu memang memerlukan alat-alat make up pribadi atau kamu menambahkan jenis-jenisnya demi keperluan makeup yang dibutuhkan oleh klien. Kamu bisa lho menerima tawaran kerja buat make up lamaran, wedding atau pemotretan. Bagi yang masih baru usahakan jangan patok harga tinggi-tinggi ya. 

Video editor

Video editor bisa nih kamu pilih sebagai kerja freelance demi menghasilkan cuan

Nah bagi kamu yang jago dalam mengedit video, mengambil tawaran atau mencari kerja freelance sebagai video editor juga bisa lho. Pekerjaan ini memang diperlukan konsentrasi penuh serta ‘taste’ dalam menghasilkan video yang oke banget. 

Untuk menerima pekerjaan ini, kamu bisa mengerjakannya di saat waktu jam kerja pekerjaan utama kamu sudah selesai. Kamu bisa mengerjakannya di rumah atau saat sedang mengambil cuti. Untuk hasil cuannya lumayan banget lho bagi kamu yang sudah berkeluarga. 

Script writer

Menjadi script writer juga bisa dijadikan kerja sampingan kamu nih demi menghasilkan penghasilan tambahan. Seorang script writer memang membutuhkan imajinasi tinggi agar hasil video nanti berjalan seirama dengan naskah yang sudah kamu buat.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Buat mekakukan pekerjaan ini memang kamu membutuhkan waktu konsentrasi yang cukup. Pasalnya kamu akan mencocokkan kemauan klien dengan apa yang dituangkan dalam naskah. Sudah gitu kamu juga bisa mengerjakan di waktu sela pekerjaan utama mu lho, tapi jangan lupa ingat makan ya!

Nah itu dia deretan kerja freelance bisa dijadikan mesin uang bagi kamu yang bekerja di media atau digital agency. Tipsnya adalah saat mengambil tawaran kerja sampingan jangan sampai mengganggu jam kerja pekerjaan utama kamu ya. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →