10 Daftar Kerja Part Time Online yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Kerja part time

Bagi yang tengah mengejar setoran, mencari pekerjaan sampingan bisa menjadi jawaban yang tepat untuk menambah dompet. Namun terkadang dengan keterbatasan waktu dan jarak, kamu terpaksa memilih kerja part time online yang jauh lebih efisien.

Dengan perkembangan zaman begitu cepat, hal yang tadinya dirasa mustahil untuk dilakukan justru sekarang dapat terwujud. Salah satunya adalah mencari penghasilan tambahan dengan memanfaatkan teknologi internet.

Honor yang didapatkan juga lumayan untuk membantu bayar berbagai kebutuhan mulai dari premier hingga yang sekunder. Pasti bagi kamu yang sudah sering menerima tawaran kerja sampingan, merasakan nih manfaatnya, betul gak?

Buat kamu yang masih bingung kira-kira kerja part time online apa yang bisa dicoba, langsung aja yuk kita lihat daftar lengkapnya berikut ini:

 

1. Penulis konten

Penulis artikel SEO Friendly salah satu jenis kerja sampingan
Menulis

Kerja part time online pertama yang bisa dicoba adalah menjadi seorang penulis konten. Kamu hanya perlu menyiapkan sebuah laptop atau komputer beserta dengan jaringan internet untuk menyelesaikan pekerjaan yang satu ini tanpa harus datang ke kantor.

Sekarang ini banyak perusahaan startup mencari seorang penulis freelance untuk mengisi konten yang ada di blognya. Honor yang diberikan juga lumayan banyak buat jajan.

Kisarannya sekitar Rp 50 ribuan hingga Rp 300 ribuan per artikel yang kamu buat.

2. Dropshipper

Pekerjaan selanjutnya yang bisa kamu coba adalah menjadi seorang dropshipper. Tugas utama kamu di sini adalah memasarkan sebuah produk atau jasa melalui akun yang kamu buat di e-commerce ataupun media sosial.

Enaknya lagi, kamu gak memerlukan modal apa-apa untuk memulai usaha yang satu ini lho alias gratis. Sekali kamu sudah mendapatkan banyak followers, semakin mudah juga cuan yang mengalir ke dompet kamu setiap harinya.

3. Editor

Kalau ada penulis konten, pasti ada juga pekerjaan sebagai editor yang job desknya mengoreksi dan merapikan tulisan yang sudah dibuat sebelumnya agar layak untuk dipublikasikan di website.

Tentu saja pekerjaan sampingan seperti ini bisa kamu lakukan di mana aja termasuk di rumah. Namun seorang editor juga harus berkoordinasi dengan para penulis apabila terdapat konten yang kurang lengkap atau terjadi kesalahan.

Untuk bayarannya sendiri berkisar di angka Rp 3 jutaan hingga Rp 7 jutaan per bulan.

4. Desain grafis

Kerja part time online keempat yang bisa kamu coba adalah menjadi desain grafis. Umumnya emang desain grafis harus bertemu dengan klien untuk membicarakan proyek yang akan dijalankan.

Tapi seiring perkembangan zaman, pembicaraan video call lewat aplikasi juga udah cukup membantu untuk kedua belah pihak.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Tugas utama desain grafis sendiri yakni membuat logo, gambar maupun video untuk menunjang lini usaha sebuah perusahaan. Modal yang perlu disiapkan hanya laptop atau komputer dengan spesifikasi mumpuni.

Gaji yang kamu dapatkan tergantung dengan besar kecilnya proyek, namun rata-ratanya sekitar Rp 2 jutaan hingga Rp 5 jutaan per proyek.

5. YouTuber

Jadi YouTuber cepat dapat duit
Youtuber

Kelima, ada pekerjaan sampingan yang beberapa tahun belakangan ini booming di jagat dunia maya yakni menjadi seorang YouTuber. Ada berbagai macam konten yang bisa kamu jalani sesuai hobi seperti makanan, vlog, sampai pelatihan finansial.

Pendapatan yang didapatkan seorang YouTuber juga lumayan menjanjikan, mulai dari Rp 2 jutaan hingga Rp 10 jutaan tergantung jumlah subscriber dan viewers video kamu.

6. Blogger

Mirip dengan penulis konten, blogger juga sedikit banyak tugas utamanya adalah menulis. Hanya saja hasil tulisan kamu itu dituangkan lewat blog pribadi. Sehingga orang-orang yang menikmati karya kamu, mengetahui dengan jelas rekam jejak yang sudah dibuat sebelumnya.

Dari sisi penghasilan mungkin seorang blogger sangat tidak tetap akibat gak ada yang menyokong dana. Sebaliknya, jika kamu udah jadi blogger terkenal, pasti akan ada banyak sponsor yang masuk untuk mengisi isi rekening pribadi.

7. Jualan makanan ringan online

Bukan hanya di kantor, kamu dapat memasarkan produk makanan ringan yang kamu buat di online lho. Sekarang ini sudah banyak produk-produk rumahan yang dipasarkan hanya melalui internet.

Dari sisi pendapatan, kerja part time online ini juga cukup menjanjikan. Untung yang bisa kamu dapat bisa mencapai jutaan Rupiah tergantung kuantitas produk yang udah terjual.

8. Influencer

Memberikan dampak positif kepada masyarakat luas mungkin adalah mimpi sebagian besar orang. Kamu bisa menjadikan pekerjaan tersebut sebagai pekerjaan part time di samping kerja utama yang dilakukan sehari-hari.

Melalui media sosial seperti Youtube, Facebook, Twitter dan Instagram, sekarang menjadi seorang influencer bisa menjadi lebih mudah karena akses infrastruktur yang banyak.

9. Social media specialist

Banyak perusahaan startup di Tanah Air yang menggantungkan penjualannya melalui internet dan media sosial. Ini juga memunculkan posisi baru yang mungkin 10 tahun lalu belum ada yakni menjadi seorang media social specialist.

Job desk utama kamu adalah mengelola akun media sosial sebuah perusahaan dan melakukan posting dengan rutin agar pertumbuhan followersnya semakin banyak.

Gaji untuk seorang social media specialist sendiri berkisar di angka Rp 4 jutaan hingga RP 7 jutaan per bulannya.

10. Les private online

Guru les privat salah satu usaha sampingan tanpa modal
Guru les privat

Daftar kerja part time online terakhir yang bisa kamu coba adalah menjadi seorang guru les private online. Jadi guru les emang idealnya langsung datang ke rumah untuk mengajar, tapi kini dengan adanya internet bisa lebih memudahkan bagi kamu yang pengin mengajar tapi terhalang jarak jauh.

Pemasukkan dari seorang guru les private online bisa mencapai Rp 200 ribu hingga Rp 500 ribuan per minggunya.

Nah itulah 10 daftar kerja part time online yang bisa kamu lakukan untuk menambah penghasilan. Meskipun sudah memilih salah satu, kamu harus tetap mengelola keuangan secara baik dengan menggunakan metode 50 persen untuk kebutuhan pokok, 30 persen untuk hiburan dan sisanya 20 persen untuk investasi serta tabungan agar rekening pribadi bisa lebih tebal lagi. Semoga sukses!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →