Tim yang Solid Bikin Bisnis Moncer! Ini Cara Membangun Kedekatan Mereka

Tim-yang-Solid-Bikin-Bisnis-Moncer-Ini-Cara-Membangun-Kedekatan-Mereka

Membangun kerja sama tim yang solid penting bagi seluruh pebisnis atau manajer di sebuah perusahaan. Karena kesuksesan kamu sebagai atasan, juga tak lepas dari peran kerja keras mereka para bawahan. 

Agar bawahanmu bekerja dengan baik dan benar, mereka perlu bekerja di sebuah lingkungan yang tepat. Itulah tugas kamu sebagai pemimpin agar lingkungan tersebut tercipta. 

Dari lingkungan itulah nantinya mereka bisa bekerja sebagai sebuah tim yang kuat. Masing-masing dari mereka harus memiliki kedekatan personal yang baik dan saling memberikan rasa nyaman. 

Apabila kenyamanan itu telah terbentuk, dijamin dinamika kerja bakal meningkat, kemungkinan untuk sukses pun semakin besar. Tanpa banyak basa-basi lagi, berikut ini cara membangun kerja sama tim yang solid dilansir dari Forbes. 

Baca juga: Milenials, 5 Ide Bisnis di Bawah Rp 1 Juta Ini Cocok Buat Kamu

1. Sediakan makanan 

kerja sama tim
Pergi makan bareng salah satu cara mendekatkan tim kamu nih, (Ilustrasi/Shutterstock).

Cobalah untuk menyediakan makanan kepada timmu, bisa saat sarapan atau siang hari. Karena makanan, bisa membuat mereka berkumpul menjadi satu dan membuat suasana menjadi lebih cair.

Kamu gak harus menyediakan makanan berat kok, kasih makanan ringan juga mereka pasti pada suka, misalnya roti, martabak telor, martabak coklat keju, burger, dan lain-lain. 

Pilihan lainnya ajak mereka makan di luar seminggu sekali untuk melepas penat, bisa di hari Jumat sepulang kantor. 

Baca juga: Raih Sukses di 2019! Perusahaan Raksasa Disney Hasilkan Cuan Rp 52 Triliun

2. Bentuk tim kecil di setiap proyek

kerja sama tim
Bikin proyek kecil-kecilan agar kebersamaan tim semakin solid, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sebuah perusahaan pasti memiliki beragam proyek untuk segera diselesaikan. Untuk mengakrabkan antara satu anggota tim dengan yang lainnya, kamu buat tim kecil untuk setiap proyeknya. Hal ini untuk lebih mengakrabkan mereka ketimbang harus bekerja sendiri-sendiri. 

Kalau anggota tim yang kamu miliki banyak, kamu bisa menggilir mereka untuk proyek-proyek berikutnya. Anggotanya jangan itu-itu saja, nanti mereka malah bosan. 

Baca juga: 5 Peluang Bisnis yang Menguntungkan saat Momen Natal dan Tahun Baru

3. Ajak berkegiatan di luar kantor 

kerja sama tim
Gak ada salahnya nih melakukan aktivitas di luar kantor, seperti olahraga atau nonton bareng, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kerja sama tim gak cuma bisa dikembangkan di dalam ruangan saja, tetapi juga bisa lewat berbagai aktivitas seru lainnya. Kamu bisa mengajak mereka ke luar kantor misalnya nonton bersama, berolahraga bersama, atau kegiatan apapun yang dilakukan di luar kantor. 

4. Libatkan mereka dalam membangun visi misi ke depan lewat sebuah diskusi

kerja sama tim
Libatkan mereka dalam membangun visi misi perusahaan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sebagai sebuah organisasi gak cuma ada atasan aja, tetapi juga tim lain termasuk anak buah. Ajak mereka untuk berpikir bersama-sama tentang visi dan misi tim ke depannya. Dengarkan dan tampung setiap saran, agar mereka merasa berkontribusi terhadap tim. 

Sediakan ruangan untuk berdiskusi, paling tidak setiap seminggu sekali untuk mendengarkan ide mereka dalam mencapai tujuan bisnis. 

5. Tanamkan sikap saling percaya terhadap tim 

kerja sama tim
Tanamkan rasa percaya diri ke tim kamu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Menanamkan sikap saling percaya, beri mereka penghargaan bila berhasil meraih prestasi. Pemberian prestasi ini bisa mendorong mereka bekerja lebih keras lagi. Tapi hati-hati nantinya mereka malah saling berkompetisi satu sama lain. 

Berikan penilaian secara objektif, jangan cuma target individu saja, tetapi juga kontribusi mereka di dalam tim. 

6. Tetap berkomunikasi dengan layanan pesan instan 

kerja sama tim
Tetap berkomunikasi dengan tim dengan menggunakan layanan pesan instan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Mungkin gak selamanya tim berkumpul secara lengkap di kantor, beberapa pasti ada yang tidak masuk karena sakit, atau sedang berada di luar mengerjakan beberapa proyek. Nah agar hubungan tetap terjalin, buat grup WhatsApp agar bisa terus berkomunikasi dan berkoordinasi meski sedang berjauhan. 

Tapi, jangan cuma ngomongin soal kerjaan saja, sesekali lempar candaan, berbagi meme kocak yang bisa mencairkan suasana. 

Sekian informasi mengenai cara membangun kekompakkan dalam kerja sama tim. Jika tim yang kamu bangun sudah memiliki kedekatan keluarga, dijamin segala pekerjaan bisa dijalankan dengan mudah dan bisa mencapai tujuan-tujuan. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →