Cari Uang Tambahan? 4 Kerja Sampingan dari Internet Ini Bisa Dijalani

Mencari uang tambahan dengan kerja sampingan jadi pilihan tepat untuk kamu yang ingin menambah penghasilan. Namun, karena peluang kerja sampingan sangat banyak, membuat lahannya jadi semakin ketat.

Apalagi, dengan kehadiran internet semakin memberi kemudahan mencari uang tambahan selain dari pekerjaan utama. 

Umumnya orang akan mencari uang tambahan di internet dengan berjualan online atau menjadi marketing online seperti dropshipper dan reseller.

Namun sekarang dengan kemajuan teknologi informasi membuka peluang kerja sampingan lain di samping berjualan online.

Akan tetapi, jika masih memiliki pekerjaan tetap, sebaiknya fokus utama tetap pada pekerjaan utamamu.

Jangan jadikan kerja sampingan sebagai fokus utama. Pasalnya, pekerjaan satu ini sifatnya hanya untuk menambah penghasilan di samping pekerjaan tetap.

Hal yang harus dipastikan adalah membagi waktu secara profesional, jangan sampai kedua hal ini membuat pekerjaan tetap tidak fokus, atau malah kerja sampingan juga hanya membuang waktu dan tidak menghasilkan.

Berikut ini beberapa pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan lewat internet untuk mencari uang tambahan:

1. Isi survei online

Isi survei online salah satu kerja sampingan

Pernah dengar survei online? Ini merupakan kegiatan riset atau survei yang dilakukan tanpa tatap muka tetapi menggunakan koneksi internet, bagi orang atau masyarakat yang mengisi survei akan mendapatkan bayaran atau reward.

Saat ini sudah banyak beragam website atau situs survei online yang menyediakan bayaran bagi para pengisi survei tersebut.

Bagi yang ingin mencari uang tambahan melalui internet bisa mendaftarkan diri ke beberapa situs survei online yang dijamin memberikan bayaran, seperti ViewFruit, YouGov Indonesia, Clixsense, OpinionWorld, GlobalTestMarket, Mobrog, dan SurveyOn.

Salah satunya seperti yang dilakukan Tri Dian (26), seorang pegawai bank swasta di Jakarta. Dia bercerita, sering menjadikan situs-situs survei online sebagai sarana mencari uang tambahan atau hanya sekadar kerja sampingan mengisi waktu saat akhir pekan.

“Iya, sering juga isi survei online buat cari tambahan. Kebanyakan sih bayarannya itu mata uang dolar dan tergantung juga kebijakan dan aturan dari perusahaan survei online itu. Awalnya cuma diminta tolong sama rekan lewat Linkedin, tapi kemudian jadi sering juga ada reward-nya,” paparnya.

Namun, Dian menegaskan, gak semua survei online berbayar. Karena itu, harus membaca ketentuan, apa maksud dan tujuan survei online itu. 

Sehingga, kamu bisa mengetahui apakah survei itu berbayar atau tidak, dan setiap pertanyaan dari survei online harus dijawab secara jujur.

Sementara itu, untuk rata-rata imbalan pengisian survei ini sangat bervariasi, ada yang memberikan bayaran langsung, ada juga yang berupa reward poin kemudian dapat diuangkan. Untuk yang pembayaran langsung rentang pendapatannya mulai dari Rp 250 ribu per survei, hingga Rp 1 juta per survei.

2. Menjual foto

Menjual foto salah satu jenis kerja sampingan

Hobi dengan fotografi atau punya stok foto yang banyak, tetapi cuma bikin penuh hardisk?

Daripada gak terpakai atau punya skill fotografi lebih baik coba kerja sampingan satu ini untuk mendapat penghasilan tambahan.

Jika berminat, daftarkan diri sebagai pemilik foto, beberapa situs penyedia foto bisa kamu gunakan jasanya. 

Mulai dari yang paling populer Shutterstock.com, Stockfresh.com, Alamy.com, Fotolia.com, Dreamstime.com, Istockphoto.com, FreeDigitalPhotos.net, Bigstockphoto.com, hingga DemandMedia.com.

Pembayaran dari hasil penjualan biasanya dihitung berdasarkan komisi, dan komisi setiap platform bervariasi, mulai dari 15 hingga 70%, lumayan banget untuk kerja sampingan.

Untuk imbalan penjualan stok foto pada marketplace penyedia foto berbayar, juga beragam. hal ini berdasarkan dari kategori foto, ukuran foto, hingga tingkat ketajaman foto itu atau kualitas foto, umumnya para pemilik foto akan menerima bayaran dengan sistem payperdownload yakni U$0,25 untuk pemula hingga U$10.000 untuk profesional.

Tetapi, yang harus diperhatikan dalam kerja sampingan ini adalah sediakan stok foto yang banyak orang cari dan butuhkan, misal foto buat promosi, pasang iklan, hingga company profile,

dan tentukan juga ke mana fokus foto yang kamu sediakan, dengan ini orang atau pembeli akan tahu apa fokus foto kamu, dan bisa cepat dapat pembeli.

3. Desain grafis online

Desain grafis online salah satu jenis kerja sampingan

Jika memiliki keahlian dalam bidang desain, jangan takut untuk daftarkan diri dalam situs penyedia layanan paruh waktu atau freelancer, dengan mendaftarkan diri dalam website tersebut, maka akan berkesempatan mendapatkan pelanggan atau konsumen, dengan syarat pendaftar harus memiliki portofolio pekerjaan yang pernah dibuat atau dikerjakan, hal ini untuk meyakinkan para calon pelanggan bahwa kamu memang ahlinya.

Bahkan, untuk soal pekerjaan kamu bisa dapat pekerjaan dari perusahaan-perusahaan besar yang butuh desain secara cepat dan lengkap, biasanya perusahaan akan membuka penawaran untuk proyek seperti identitas perusahaan, company profile, dan juga promosi material perusahaan.

Sedangkan untuk bayaran ini akan dilakukan pembayaran setelah semua pekerjaan selesai, dan akan langsung dibayarkan pada rekening bank yang sudah kamu daftarkan, dan yang pasti ada komisi untuk situs penyedia pekerjaan paruh waktu ini ya.

Untuk pembayaran desain grafis online pada situs freelance berkirsar anatara Rp 1 juta hingga Rp 6 juta per paket desain dengan revisi.

4. Penulis artikel SEO Friendly

Penulis artikel SEO Friendly salah satu jenis kerja sampingan

Era keterbukaan informasi seperti saat ini membuat kebutuhan akan artikel atau tulisan Search Engine Optimization (SEO) semakin dicari berbagai kalangan.

Pasalnya, tulisan ini akan berdampak pada positioning terhadap sebuah merek atau brand dalam daftar pencarian Google dan meningkatkan pengunjung atau traffic dalam sebuah website.

Nah, untuk yang memiliki keterampilan menulis SEO ini, membuat artikel SEO friendly bisa jadi pilihan sebagai kerja sampingan. Adapun harga artikel SEO friendly bervariasi. 

Mulai dari Rp50 ribu per artikel untuk 600 kata hingga Rp100 ribu per artikel. Bahkan rata-rata perusahaan asing mau membayar lebih mahal ketimbang perusahaan lokal.

Bagi yang berminat, bisa daftarkan diri kamu di Freelancer.co.id, Upwork.com, Guru.com, Projects.co.id, dan Sribulancer.com, dan mulai menjadi penulis yang profesional. 

Sedangkan potensi pendapatan penulisan artikel online mulai dari Rp 150 ribu untuk 750 kata hingga Rp 1 juta per artikel dengan 2.500 kata.

Gimana, tertarik dengan pilihan kerja sampingan ini? Gak semuanya harus dicoba ya, pilih kerja sampingan mana yang paling cocok dengan keahlianmu, dan jalankan secara profesional.

Dengan begitu, kamu akan mendapatkan penghasilan tambahan. Selamat menambah pundi-pundi uangmu! (Editor: Chaerunnisa)