Kerja Sesuai Passion Memang Menyenangkan, Tapi Ada Kerugiannya Juga Lho!

kerja sesuai passion

kerja sesuai passion

Banyak orang sukses yang menyarankan kita untuk kerja sesuai passion. Karena katanya sih, bekerja mengikuti apa yang kita cintai bakalan lebih menyenangkan. 

Kerja mengikuti passion lebih terasa seperti sedang menjalani hobi. Jadi meskipun tekanan datang bertubi-tubi, kamu tetap enjoy dan gak gampang stres. Setiap tugas datang, langsung deh dikerjakan seefisien mungkin dan sepenuh hati. 

Tapi, tahukah kamu kalau dalam dunia profesional, kerja sesuai passion itu juga memiliki kerugian. Berikut ini beberapa hal yang tidak mengenakkan soal kerja mengikuti apa yang kita cintai. 

Baca juga: Pilih Kerja Sesuai Passion tapi Duit Mepet atau Karir Lainnya tapi Cepet Bisa Hidup Mandiri?

1. Jarang istirahat 

kerja sesuai passion
Jadi jarang istirahat. (Shutterstock)

Kerja sesuai passion emang bikin kita jadi lebih bersemangat. Mengerjakan apa yang kita cintai bawaannya ingin kerja terus-terusan aja tanpa henti. Nah inilah kekurangannya, kamu jadi jarang istirahat! 

Saking senengnya, kerja terus-terusan dari pagi sampai malam, dari weekdays sampai weekend, akhirnya lupa deh sama istirahat. Padahal, memulihkan kondisi fisik dan mental itu sangat perlu lho dalam dunia kerja. 

Kamu bisa saja mengerjakan apa saja yang kamu cintai demi mendapatkan uang, tapi jangan lupa untuk menyisihkan waktu untuk istirahat atau berlibur sejenak. 

Baca juga: Benarkah Bekerja Mengikuti Passion Hanya Omong Kosong Belaka?

2. Cenderung mengabaikan aspek kehidupan yang lainnya

kerja sesuai passion
Terlalu fokus ke kerjaan. (Shutterstock)

Selain gak ada waktu buat istirahat, aspek kehidupan yang lainnya juga terancam terabaikan. Contohnya aja seperti hobi, berkumpul bersama keluarga, teman, olahraga, dan lain-lain. 

Pasalnya, keseimbangan hidup itu gak cukup cuma diraih dengan menghindar dari rasa stres saja, tetapi kamu juga perlu bersosialisasi. Melakukan kegiatan yang di luar rutinitas kita sangat baik lho untuk perkembangan karier. Misalnya kamu jadi menambah informasi-informasi baru dari ngobrol-ngobrol biasa dengan teman. 

Siapa tahu aja kan mereka bisa jadi klien potensial buat kerjaanmu selanjutnya. 

3. Skill tidak banyak bertambah 

kerja sesuai passion
Skillnya itu-itu aja. (Shutterstock)

Mengerjakan apa yang kita senangi memang membahagiakan. Seakan-akan gak ada beban di dalam hidup kita, kalau menjalaninya setiap hari. Sampai-sampai, kita punya pikiran ekstrim buat ngerjain pekerjaan ini terus-terusan saking nyamannya. 

Nah jangan sampai kamu punya pikiran seperti itu ya, karena ternyata hal tersebut bisa menghambat kreativitas kamu lho, apalagi kalau gak pernah ikut pelatihan pengembangan skill sama sekali.  

4. Kamu mungkin melewatkan kesempatan dapat upah yang lebih besar 

kerja sesuai passion
Melewatkan kesempatan dapat upah lebih. (Shutterstock)

Kerja sesuai passion itu mungkin memang positif dari segi mental, tapi secara finansial kayaknya kurang oke deh. Contoh, misalnya kamu menyukai dunia fotografi, lalu kamu memilih untuk menjadi fotografer lepas, otomatis uang yang kamu dapatkan tak menentu setiap bulannya. 

Padahal, kamu memegang gelar sarjana ekonomi dan berpeluang bekerja di perusahaan besar menjadi seorang manajer. Jelas kebanyakan gaji seorang manajer lebih besar dari pekerja lepas. 

Tapi karena kamu menyukai pekerjaanmu, maka berapapun bayarannya gak masalah, selama bekerja dengan senang hati. 

5. Passion bisa berubah sewaktu-waktu

kerja sesuai passion

Kalau mau bekerja mengikuti passion, sepertinya kamu harus pikir panjang dulu deh. Karena pada kenyataannya, passion bisa berubah sewaktu-waktu. Artinya kamu gak bisa selamanya mengandalkan passion untuk menopang hidup. 

Itulah lima kerugian kerja sesuai dengan passion. Mempertahankan idealisme itu adalah hal yang baik, tapi cobalah untuk sesekali realistis di dalam dunia profesional. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis