Laptop Rusak? Jauhi 7 Kesalahan Ini Biar Gak Keluar Duit Beli Baru

laptop rusak

Banyak faktor yang membuat laptop rusak. Jangan kaget lho kalau penyebab laptop rusak ternyata diri kita sendiri sebagai pengguna. 

Laptop memang merupakan perangkat yang sangat berguna untuk berbagai momen seperti saat ini. Terutama, bagi mereka para pekerja kantoran.

Namun, kebiasaan kita yang teledor tentu bisa membuat umur laptop yang kita gunakan jadi pendek. Padahal, perangkat satu ini bisa awet jika kita telaten merawat gadget satu ini.

Daripada ujung-ujungnya keluar duit untuk membeli laptop baru, lebih baik setop saja kebiasaan-kebiasaan yang berpotensi membuat laptop rusak. 

Yuk, cari tahu caranya di bawah sini:

1. Gak Pernah Mematikan Laptop

mematikan laptop
Gak Pernah Mematikan Laptop (Shutterstock)

Pantas saja laptop rusak dalam waktu cepat karena gak pernah dimatiin sih! Laptop juga perlu diistirahatkan selayaknya manusia.

“Sistem harus tetap melewati patch management untuk memperbaiki software-softwarenya. Banyak sekali patches yang hanya bisa bekerja dengan baik jika laptop direstart atau dimatikan,” ujar Managing Partners dari perusahaan konsultan IT 5Q Partners, Trey Eiland, di situs Reader’s Digest

Eilang merekomendasikan untuk melakukan shut down laptop setidaknya seminggu sekali jika kamu sering lupa. Setiap hari tentunya lebih baik.

2. Terlalu Lama dalam Pemakaian (lebih dari 10 jam)

seseorang tengah memakai laptop
Terlalu Lama dalam Pemakaian (Shutterstock)

Terlalu lama digunakan Video Graphic Array alias VGA laptopmu bermasalah. VGA adalah perangkat keras yang dipasang ke dalam laptopmu. 

VGA mempunyai fungsi sebagai pengolah visual yang akan ditampilkan ke monitor. Semakin lama laptop digunakan, maka VGA pun bisa panas. Buat yang sering main game di laptop hati-hati nih!  

Karena itu, main game memang lebih asyik di PC. Laptop mendingan buat kerja saja ya!

3. Tegangan Listrik yang Gak Stabil

sebuah laptop tengah diberi daya listrik
Tegangan Listrik yang Gak Stabil (Shutterstock)

Laptop rusak karena tegangan listrik? Bisa saja terjadi! Biasanya hal ini dialami mereka yang melepas baterai dan mencolok langsung charger ke laptop. 

Mungkin maksudnya biar tahan lama dan baterainya gak bocor, tapi mainboard-nya jelas bisa rusak.

Tahu sendiri kan tegangan listrik di rumah atau kantor jarang ada yang stabil. Lonjakan daya listrik itu justru bakal memperpendek umur laptopmu.

4. Gak Menempatkan Laptop di Tas yang Tepat

ilustrasi laptop rusak karena tak ditempatkan benar
Gak Menempatkan Laptop di Tas yang Tepat (Shutterstock)

Taruhlah laptop di slot yang sudah tersedia dalam tas. Jangan asal-asalan!

Pasalnya, laptop adalah gadget yang harus dilindungi dengan baik. Ketika terbentur ke lantai, maka besar kemungkinan ada komponen-komponen kecil di dalamnya yang rusak. 

5. Gak Pernah Install Anti-Virus

Seseorang tengah menginstall anti-virus
Gak Pernah Install Anti-Virus (Shutterstock)

Buat para pemakai laptop non Macbook, anti-virus wajib di-install ya! Jangan sekali-kali membiarkan laptopmu tanpa perlindungan.

Virus itu cukup beragam dan mudah sekali menyerang laptopmu. 

6. Banyak Tab yang Terbuka

membuka banyak tab di laptop
Banyak Tab yang Terbuka (Shutterstock)

Ini juga gak baik untuk dibiarkan, karena membuat laptopmu jadi cepat lemot. Semakin banyak tab yang terbuka, maka semakin berat juga beban laptopmu untuk bekerja. 

“Kerja prosesor akan bertambah, laptop pun akan cepat panas. Singkat cerita, umur laptopmu juga akan semakin pendek,” imbuh Eiland.

7. Banyak Aplikasi yang Aktif Saat Laptop Dinyalakan

banyak membuka aplikasi di laptop
Banyak Aplikasi yang Aktif Saat Laptop Dinyalakan (Pixabay)

Hal ini juga bisa membuat laptop lamban bekerja. Maklum saja, ketika baru saja nyala, dia langsung dipaksa mengaktifkan deretan aplikasi yang ada di desktop.

Sama seperti manusia, saat bangun tidur tentu ada baiknya kita mengambil napas dan tenang terlebih dulu, kan

Apa jadinya kalau bangun tidur langsung jalan cepat, dan disuruh mengerjakan sesuatu? Bisa-bisa mendadak pusing! 

Itulah tujuh hal yang bisa membuat laptop rusak dalam waktu cepat. Solusinya, ya hindari saja kebiasaan-kebiasaan buruk ini, dan cintai laptopmu layaknya barang berharga.

Ingat, laptop lemot belum tentu rusak, semuanya masih bisa diperbaiki. Untuk apa beli baru kalau yang lama masih bisa diservis! (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →