Menduga-duga Kesibukan Pangeran Harry dan Meghan Markle usai Keluar dari Kerajaan

pangeran harry dan meghan markle

pangeran harry dan meghan markle

Pangeran Harry dan istrinya Meghan Markle memutuskan untuk keluar dari keluarga Kerajaan Inggris. Pemegang gelar Duke dan Duchess of Sussex ini memutuskan untuk hidup lebih mandiri dan berhenti menjadi anggota senior Kerajaan. 

Hal ini tentu saja mengagetkan banyak orang, termasuk dari internal kerajaan. Ratu Elizabeth II terutama, ia merasa pengumuman pengunduran diri Harry dan Meghan sangat mengecewakannya. 

Sebagai anggota Kerajaan, Harry mendapatkan keistimewaan soal pendapatan. Ia memperoleh dua pendapatan, pertama dari Sovereign Grant, yaitu dana yang diberikan oleh Pemerintah Inggris ke Kerajaan setiap tahunnya, dan uang Kadipaten Cornwall, yaitu uang yang diberikan oleh Pangeran Charles untuk putranya William dan Harry. 

Apabila memutuskan untuk keluar, Pangeran Harry sudah dipastikan tidak akan lagi mendapatkan sokongan dana dari Kerajaan, dan bakalan mandiri secara finansial. 

Sumber pendapatan Harry saat ini

pangeran harry dan meghan markle
Pangeran Harry. (Instagram/@sussexroyal)

Pangeran Harry, memutuskan untuk keluar dari Kerajaan Inggris. Ia dan istrinya bakal lebih mandiri secara finansial, sekaligus mengurus anak mereka Archie. Mengingat Meghan berasal dari Amerika Serikat, kabarnya keduanya sepakat untuk tinggal berpindah-pindah dari AS-Inggris. 

Saat menjadi anggota Kerajaan, Harry berhak mendapatkan dua sumber pendapatan, yaitu Sovereign Grant dan Duchy of Cornwall. 

Sovereign Grant, diberikan oleh Pemerintah Inggris setiap tahunnya kepada Kerajaan Inggris. Uang tersebut diberikan dalam rangka mendukung operasional Kerajaan beserta anggotanya. Dana tersebut berasal dari sebagian keuntungan yang didapatkan oleh bisnis perusahaan Crown Estate.  

Pada tahun 2019 lalu total Sovereign Grant yang didapatkan kerajaan mencapai US$ 104 juta atau Rp 1,4 triliunan. Harry ditaksir mendapatkan 5 persen dari itu yang kira-kira sebesar US$ 5,2 juta atau Rp 71 miliar. 

Sementara Duchy of Cornwall atau Kadipaten Cornwall adalah dana yang diberikan oleh Pangeran Charless, kepada kedua putranya Pangeran William dan Harry. Dana tersebut didapatkan dari pengelolaan 53.000 hektar lahan di barat daya Inggris. 

Pekerjaan apa saja yang bisa dilakukan oleh Pangeran Harry dan Meghan Markle pascakeluar dari Kerajaan?

pangeran harry dan meghan markle
Harry dan Meghan Markle. (Instagram/@hrhofsussex)

Langkah selanjutnya, Harry dan Meghan harus memikirkan bagaimana selanjutnya untuk mendanai keuangan mereka secara mandiri. Mungkin bagi keduanya ini bukanlah hal yang sulit, mengingat latar belakang mereka yang mumpuni. 

1. Meghan kembali berakting

pangeran harry dan meghan markle
Meghan Markle. (Instagram/@sussexroyal)

Meghan Markle, sebelum menikah dengan Harry, ia sudah lebih dulu dikenal sebagai seorang selebriti. Sejak tahun 2006 ia telah membintangi belasan film layar lebar dan serial. 

Salah satu serial yang paling terkenal adalah Suits, yang sudah dibintangi oleh Meghan Markle sejak tahun 2011 silam. 

Tapi sepertinya Meghan belum akan kembali ke dunia perfilman dalam waktu dekat ini, mengingat umur anaknya Archie yang belum genap berusia 1 tahun. Ia dan Harry pun sepakat untuk fokus membesarkan anaknya terlebih dahulu. 

2. Harry menjadi pembicara 

Sebagai anggota Kerajaan, ia memiliki banyak pengalaman di dalam pemerintahan. Selain itu, Harry juga berpengalaman sebagai seorang tentara selama kurang lebih 10 tahun. Misinya pun gak main-main, ia pernah diterjunkan langsung ke Afghanistan. 

3. Jadi brand ambassador 

Keduanya memiliki perawakan yang pas untuk merepresentasikan sebuah brand. Maka gak heran kalau keduanya suatu saat nanti bakal memamerkan foto dengan brand-brand tertentu. Apalagi, bayaran sebagai brand ambassador terbilang gede! 

Itulah tiga pekerjaan yang mungkin bisa dijadikan sumber pendapatan oleh Pangeran Harry dan Meghan Markle. Kalau dilihat dari pengalamannya sih, keduanya kayaknya sudah siap untuk mandiri secara finansial meskipun gak disokong oleh kerajaan. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis