Wajib Dipersiapkan! Ini 5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Memulai Usaha

Perhatikan hal-hal berikut ya saat kamu pengin memulai bisnis atau usaha

Saat memulai usaha banyak orang hanya memikirkan profit dan mencari waktu luang semata. Padahal dalam mendirikan bisnis ada berbagai macam hal yang wajib diketahui sebelum menjalankan jenis usaha dengan mendatangkan keuntungan alias cuan! 

Umumnya kebanyakan orang hanya memikirkan modal sebagai hal utama sebelum mendirikan sebuah bisnis. Anggapan seperti itu memang gak salah, namun kenyataannya terdapat banyak hal lainnya yang harus kamu persiapkan agar segala semuanya berjalan sesuai rencana.

Pastinya kamu gak mau dong uang yang sudah dikeluarkan banyak-banyak terbuang secara percuma begitu aja akibat hal teknis maupun non-teknis sepele.

Nah agar hal itu gak terjadi sama kamu ada baiknya memperhatikan 5 hal berikut ini sebelum memulai usaha supaya bisnis bisa berjalan dengan baik, melansir dari Entrepreneur.

Baca juga: Peluang Usaha Tahun Baru Imlek 2020 yang Mendatangkan Banyak Cuan

1. Pastikan bisnis yang kamu jalani sesuai permintaan pasar

Memperhatikan permintaan pasar itu sangat penting lho saat membuka usaha
Perhatikan permintaan atau demand market yang berkepanjangan, agar bisnis mu gak cuma musiman, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ketika memulai usaha kamu perlu melihat potensi pasar dengan melakukan riset yang gak cukup sebentar. Hasil riset tersebut nantinya akan mengeluarkan data seberapa besar permintaan market terkait bidang usaha yang kamu jalankan.

Contohnya seperti es kepal Milo yang dulu sempat viral beberapa waktu lalu, nyatanya saat ini permintaan pelanggan akan es kepal Milo sudah menurun dibandingkan sebelumnya. Terdapat berbagai macam faktor yang menyebabkan hal tersebut mulai dari masyarakat yang sudah mulai bosan apalagi ditambah dengan kandungan gulanya terlalu banyak. 

Oleh karena itu penting bagi kamu untuk memperhatikan permintaan yang cukup dalam jangka waktu yang relatif lama.

Baca juga: Cuma Bermodalkan Rp 5 Juta, Coba 20 Peluang Usaha yang Menjanjikan Tahun Ini

2. Jika baru pertama kali memulai usaha, kemungkinan akan gagal

Kemungkinan gagal itu ada lho saat kamu bikin sebuah bisnis
Kemungkinan gagal itu ada lho saat kamu bikin sebuah bisnis, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ketika kamu melakukan sesuatu hal untuk pertama kalinya, bisa jadi hasil yang akan didapatkan adalah kegagalan. Begitupun dengan membangun usaha, butuh pengalaman dan pelajaran yang banyak guna menyempurnakannya agar mendapatkan hasil memuaskan. 

Tapi bukan berarti kamu pasti gagal, bisa saja melakukan sesuatu untuk pertama kalinya dan langsung berhasil.

Intinya, kamu harus mempersiapkan diri untuk mengalami kegagalan dan merubah hal tersebut menjadi sesuatu yang positif. Dengan begitu kamu akan gampang untuk bangkit jika sewaktu-waktu musibah menimpa diri sendiri.

Baca juga: 5 Cara Membuka Usaha untuk Kamu yang Berkepribadian Introvert

3. Bisnis itu layaknya melakukan lari marathon

Menjalankan usaha layaknya lari marathon
Menjalankan usaha layaknya lari marathon, (Ilustrasi/Shutterstock).

Saat kamu memutuskan sesuatu yang besar, tentunya membutuhkan pertimbangan matang untuk menjalankannya.  Agar bisa menjadi sukses, kamu gak bisa melakukan bisnis secara setengah-setengah.

Jadi kamu harus mengatur irama supaya segala sesuatunya itu berkelanjutan layaknya lari marathon dan terus memupuk tekad serta konsistensi yang kuat dalam diri. Banyak kasus di mana seseorang memulai usaha dan gagal berkembang akibat pemilik menjalankannya kurang tekun serta konsisten.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

4. Usahakan untuk mencari investor

Gak ada salahnya mencari funding atau pendanaan buat usaha kamu
Gak ada salahnya mencari funding atau pendanaan buat usaha kamu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Beberapa waktu belakangan ini pasti kamu sering mendengar investor luar negeri menyuntikkan dana ke sebuah startup yang sedang berkembang. Jika usaha yang kamu kembangkan berjalan dengan lancar, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mencari funding atau pendanaan.

Upaya ini memberikan  keleluasaan untuk kamu mengembangkan bisnis tanpa ada hambatan dari sisi modal.

5. Dengarkan keluhan dan kritik dari pelanggan

Mendengarkan apa kata pelanggan salah satu cara jitu kamu menjalankan usaha
Mendengarkan apa kata pelanggan salah satu cara jitu kamu menjalankan usaha, (Ilustrasi/Shutterstock).

Mendengarkan apa kata pelanggan adalah hal kelima yang harus kamu perhatikan sebelum membangun sebuah usaha. Di poin ini memang terdengar lebih cocok dilakukan setelah bisnis berjalan, tapi gak ada salahnya untuk memupuk hal tersebut agar kedepannya gak menemukan kesulitan.

Terdapat beberapa individu  yang memiliki pola pikir keras kepala sehingga apa yang pelanggan ucapkan dianggap sebagai angin lalu. Padahal itu bias menjadi saran yang membangun usaha kamu jadi lebih baik.

Nah itulah 5 hal yang harus kamu perhatikan sebelum memulai usaha. Semoga poin di atas bisa membantu kamu dalam membangun bisnis yang sukses ya! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →