Ketimbang Jadi Bu Tedjo, Yuk Bikin Usaha Bermodalkan 2 Juta Saja!

jenis usaha

Buka usaha hanya bermodalkan Rp2 juta kini bukan jadi hal yang mustahil lagi. Terkadang kerap bingung dengan bermodalkan segitu, apa iya dapat membuat jenis usaha yang mendatangkan untung? 

Jangan pesimis dulu, usaha modal Rp2 juta kini banyak sekali macamnya. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, kamu pasti bisa membuka jenis usaha bermodalkan Rp2 juta. 

Tapi yang perlu diingat, buka usaha bukan berarti harus resign dari kerjaan kantor lho. Kamu juga bisa tetap menjalankan usaha sambil kerja kantoran. Begitupun dengan emak-emak yang bingung abis masak, nyapu, ngepel bingung mau ngapain. 

Lifepal bakal memberikan inspirasi nih artikel tentang peluang usaha dengan modal Rp2 juta yang bisa dilakukan. Buat kamu yang capek jadi budak korporasi bisa dong ajak teman kantor menjadi target pasar. 

Ketimbang mencari mana teman toxic mana yang asik, mending ajak melariskan usaha kamu biar jadi cuan buat jalan-jalan. Buat Ibu-ibu rumah tangga ketimbang kumpul-kumpul trus gosip seperti karakter Bu Tedjo, bisa coba tawarkan usahanya ke kawan-kawan arisan atau saat kumpul di gerobak sayur. 

Dengan begitu siapa tahu, laba yang dihasilkan bisa buat belanja ketika ada flash sale. Biar gak lama-lama, berikut jenis-jenis usaha yang bisa dilakukan di rumah dengan bermodalkan Rp2 juta. 

1. Waralaba makanan dan minuman

Usaha yang tidak akan pernah mati adalah makanan dan minuman. Bahkan di bulan puasa pun, yang menahan lapar dan haus, jualan makanan dan minuman sangat menjanjikan dan gak bakal sepi.

Khusus waralaba makanan dan minuman ini, kayaknya cocok untuk Ibu rumah tangga ya, karena waktunya akan lebih banyak dihabiskan di rumah atau lokasi booth.

Untuk usaha ini, banyak lho yang menawarkan paket modal usaha 2 jutaan untuk bisnis rumahan ini. Nah, enaknya bisnis ini tuh selain hanya tinggal jual aja, gak perlu mikirin lagi copywriternya atau mereknya, kamu juga biasanya bakal dapat pelatihan dulu. So, menarique bukan?

2. Katering

Masih soal makanan dan minuman, usaha kali ini bisa dilakukan semua kalangan, baik rumah tangga maupun karyawan. Terlebih di kantor, kamu bisa fokus usaha katering makanan sehat yang tengah ngetren di lingkungan smart office.

Atau bagi mereka yang bosan dengan makanan di kantin kantor, maka kamu bisa menjual makanan yang membuat lambungnya bergairah kembali karena menerima makanan yang enak, beda dan juga terjamin kebersihannya.

Agar lebih cepat laris, kamu bisa menjualnya di bawah harga makanan kantin. Kamu juga bisa menjual makanan khusus mereka yang kerja hingga lembur, biar gak melulu makan ayam goreng tepung.

Modal 2 juta pun dirasa cukup, karena untuk memulainya kamu hanya perlu memasak seperlunya (tidak langsung banyak). Walau sedikit namun semua pelanggan itu biasanya loyal terlebih jika rasanya cocok dengan lidah mereka. Duh jadi laper jadinya…

3. Bisnis sampingan Kursus privat

Untuk kamu yang memiliki kepintaran di atas rata-rata dan senang berbagi ilmu, ada baiknya kamu membuka jasa kursus privat. Undang beberapa anak-anak sekolah untuk memperdalam pelajaran tertentu, bisa bahasa asing, matematika atau bidang seni missal tari atau musik.

Bisnis ini tentu sangat cocok di era pandemic seperti ini, ketika semua pelajar belajar secara online dan masih banyak orang tua yang kesulitan mendampingi. Maka di saat itulah usaha kursus private kamu akan jadi simbiosis mutualisme. 

Modalnya bisa di bawah 2 juta, hanya peralatan tulis atau perlengkapan pribadi semisal gitar untuk guru musik atau sepatu olahraga untuk guru futsal. Akan jadi lebih murah jika kamu memanfaatkan kursus secara online via zoom atau webinar, maka modalmu hanya kuota internet saja.

4. Jajanan bocah

Jajanan bocah harus jadi salah satu yang Lifepal rekomendasikan. Selain bisa jadi alternatif jajanan bocah yang bersih, panganan seperti ini tidak hanya dinikmati bocah. Kadang orang dewasa generasi micin juga senang memborong jajanan ini, kemudian jadi konten di tiktok.

Jajanan mulai dari telur gulung, bakso bakar, mie lidi, cilok, cilor, somay, hingga kue leker. Modalnya kecil sekali, hanya sekitar ratusan ribu saja. Kebayang dong, kamu bisa menjajakan banyak jajanan di dekat sekolahan dan berapa banyak pelanggan yang nantinya akan membeli jajanan yang kamu buat.

5. Laundry sepatu

Jika ingat masa kecil, tiap Minggu selalu gak boleh main sebelum kelar cuci sepatu buat sekolah. Dan kini baru sadar ternyata kegiatan rajin itu malah membuat sepatu kita gak awet. Siapa sangka jasa pencucian sepatu marak di Indonesia.

Beda dengan tukang semir sepatu, cuci sepatu tentunya jauh lebih lengkap pelayanannya. Modal untuk usaha ini cukup 2 juta atau bisa lebih, namun untuk memulainya Lifepal rasa cukup 2 juta saja untuk membeli equipment dan sabun pembersihnya.

Usaha ini tentu menjanjikan banyak cuan, bayangkan saja cuci motor Rp. 10.000, cuci sepatu paling murah Rp. 60.000. itu baru sepasang sepatu, bayangkan saja jika satu orang aja setidaknya memiliki lebih dari 3 pasang sepatu. Kuliah sepatunya beda, buat kerja beda lagi, nanti kondangan sepatunya ada lagi khusus.

Banyaknya anak muda yang melek akan brand sepatu dan mulai mengoleksinya, membuat bisnis ini maju pesat hingga sekarang. Karena semahal-mahalnya Brand Nike, Adidas, Vans, Asics, dan sebagainya, tapi Namanya sepatu ya kodratnya dipakai untuk melindungi kaki dan terus bersentuhan dengan tanah.

6. Dekorasi acara

Bermodalkan kayu sisa peti kemas atau peti telur, kamu bisa memulai usaha ini. Dekorasi khusus pernikahan, lamaran atau bahkan baby shower biasanya punya desain khusus. Jika kamu kreatif dan senang menghias, tentunya usaha ini cocok sekali. Biasanya pesanan akan ramai ketika weekend atau tanggal cantik, sehingga bisnis ini bisa dilakoni oleh karyawan.

Modalnya pun cukup 2 jutaan, terlebih sekarang orang senang akan tema dekor minimalis yang tidak perlu memerlukan banyak perabot. Untuk memulai bisnis ini, kamu bisa memanfaatkan jaringan keluarga dulu, jika sudah maka kumpulkan testimoni mereka sebagai nilai akan layanan yang kamu berikan.

7. Reseller online

Para pengabdi Shopee dan Tokopedia menyebutnya Dropshiper, usaha ini tentu sangat praktis sekali lantaran kamu hanya menjadi menghubung antara pembeli dan produsen/penjual. Keuntungannya memang sedikit, namun jangan dikira pembelinya satuan, karena biasanya banyak.

Reseller online menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Karena kamu gak perlu modal besar untuk sewa tempat usaha dan biaya operasional yang harus kamu keluarkan setiap bulannya. Cukup menjual barang dagangan kamu di internet, kamu bisa langsung memulai bisnis ini. 

Syukur-syukur nih, kamu dapat supplier dengan barang berkualitas bagus. Dengan begitu kepuasan konsumen pun terjamin. Otomatis, konsumen akan mempromosikannya sehingga tanpa kamu sadari, pasar kamu makin luas. 

Nah itulah 7 jenis usaha dengan modal 2 jutaan ala Lifepal. Kamu bisa mencari bisnis sampingan untuk menebalkan tabungan. Namun jika ingin menjadikannya pekerjaan sampingan, kamu harus benar-benar fokus. Jangan sampai ada satu bidang yang terganggu, sehingga merusak semuanya. Jadi kalau ada uang Rp. 2 juta, mau mulai bisnis apa nih?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →