Pengertian Manajemen Keuangan Bisnis, Manfaat, dan Tips

keuangan bisnis

Sebagai pelaku usaha, baik pengusaha UMKM maupun pengusaha besar selalu bertujuan memiliki keuangan bisnis yang sehat. Tujuannya, agar bisnisnya bisa berjalan secara berkeberlanjutan atau bertahan dalam jangka waktu lama.

Nah, untuk mencapai keuangan sehat tentu ada berbagai upaya, trik hingga cara mengelola keuangan bisnis dengan tepat. 

Salah satunya tentu dengan adanya sebuah sistem. Tapi apa sebenarnya maksud dari mengelola keuangan bisnis? Serta seberapa pentingnya bagi pelaku bisnis atau UMKM? Untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara mengelola keuangan bisnis secara tepat, yuk simak artikel berikut ini! Baca sampai tuntas ya! 

Pengertian manajemen keuangan bisnis

Secara umum, manajemen keuangan dapat diartikan sebagai kegiatan atau aktivitas perusahaan atau organisasi yang berhubungan dengan bagaimana perusahaan memperoleh dan mengelola dana atau aset yang dimiliki.

Apa saja kegiatannya dalam sebuah perusahaan yang termasuk dalam manajemen keuangan bisnis? Berikut rinciannya: 

  • Perencanaan adalah penyusunan tentang rencana perusahaan dalam jangka pendek atau jangka panjang. Tentu seluruh rencana tersebut dibutuhkan dalam panduan pengelolaan keuangan bisnis perusahaan. 
  • Penganggaran menjadi tahapan setelah perencanaan dilakukan, karena telah diketahui kegiatan atau aktivitas yang dilakukan. 
  • Pemeriksaan sebelum pada tahap tersebut, tentu telah dilaksanakan sebuah aktivitas atau kegiatan bisnis. Lalu selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan keuangan bisnis. 
  • Pengelolaan merupakan tahapan selanjutnya dari evaluasi yang dilakukan. Pada tahap ini telah diketahui apa yang menjadi risiko , kerugian serta hambatan, peluang, keuntungan dan kesempatan. Selanjutnya diperlukan pengelolaan terhadap kondisi tersebut. 
  • Pengendalian merupakan tahapan dari pengelolaan terhadap temuan-temuan dari terlaksananya kegiatan bisnis. Pentingnya pengendalian agar keuangan bisnis tetap sehat dan berjalan sebagaimana perencanaan.
  • Pendanaan terjadi setelah pelaksanaan dari perencanaan atau kegiatan yang berjalan dalam bisnis. Pada saat itulah dibutuhkan pendanaan untuk memastikan setiap kegiatan berjalan dengan lancar.   
  • Penyimpanan dana atau aset adalah tahap adanya sisa dana dari kegiatan yang dilakukan perusahaan. Dana yang tersisa selanjutnya 
  • Nah, dari berbagai kegiatan tersebut dalam pencapaiannya supaya efektif dan efisien atau mencapai tujuan utama sesuai rencana. Maka, diperlukan sebuah ilmu atau wawasan pengelolaan keuangan bisnis yang tepat. 

    Pentingnya mengelola keuangan bisnis 

    Tentu impian semua pebisnis mampu membawa perusahaannya memiliki employee benefit yang bagus, berkembang dan berkelanjutan. Untuk mencapainya, diperlukan manajemen keuangan yang baik. Bahkan ketika memulai bisnis, pengelolaan keuangan bisnis menjadi yang paling diperhatikan dalam rencana bisnis sejak awal beroperasionalnya perusahaan. 

    Mengapa begitu pentingnya pengelolaan keuangan bisnis ini? Berikut sejumlah alasan pentingnya pengelolaan keuangan bisnis sebuah perusahaan atau bahkan usaha mikro kecil menengah (UMKM): 

    Mengatur lalu lintas uang masuk dan keluar  

    Semua uang yang masuk atau keluar dalam satu periode tertentu haruslah diatur sesuai dengan anggaran yang telah ditentukan. Hal ini supaya penggunaan uang dalam perusahaan bisa berjalan maksimal. 

    Penyimpanan uang agar lebih aman 

    Uang yang diterima perusahaan selain dikelola juga harus disimpan baik-baik. Sehingga menjadi aset di jangka pendek atau jangka panjang perusahaan. 

    Memaksimalkan keuntungan  

    Sebagai pengatur lalu lintas keuangan perusahaan sekaligus memiliki kuasa untuk menempatkan aset perusahaan, maka pengelolaan keuangan bisnis juga untuk mencapai sebuah keuntungan perusahaan.  

    Menekan biaya 

    Sangat lumrah bahwa setiap perusahaan selalu berusaha seefisien mungkin menjalankan usahanya. Untuk bisa mencapai kondisi yang efisien tersebut, maka pengelolaan keuangannya harus dapat maksimal.   

    Penghitungan pajak

    Setiap hasil atau pendapatan yang diterima perusahaan wajib untuk membayar pajak ke negara. Karena itu, pengelolaan keuangan yang tepat juga bertujuan untuk menghitung kewajiban-kewajiban finansial perusahaan termasuk pajak. 

    Manfaat Mengelola Keuangan Bisnis Secara Tepat 

    Kamu telah mengetahui bahwa pengelolaan anggaran dalam suatu perusahaan atau unit usaha sangatlah diperlukan, maka diperlukan sistem dan SDM yang menjalankannya. Namun tidak hanya diperlukan tapi juga harus tepat pengelolaannya. Maka, tambahannya berarti pengelolaan keuangan perusahaan haruslah tepat. Supaya tujuan perusahaan tercapai. 

    Sekali lagi, pengelolaan keuangan tidaklah cukup tapi juga harus sesuai dengan aturan dan standar yang berlaku atau tepat. 

    Memberikan kepastian 

    Pengelolaan keuangan perusahaan yang tepat tentu akan memberikan sejumlah hasil yang tetap atau pasti. Apa saja yang memberikan kepastian itu? Yakni hasil bisnis, kesejahteraan pegawainya, laporan keuangan bisnis yang sehat dan keuntungan bagi pemilik modal atau saham 

    Mencegah atau meminimalisir terjadinya kerugian 

    Harus diakui dalam perjalanan menjalankan usaha seringkali rencana yang telah disusun tidak berjalan sesuai yang diharapkan. Bahkan ketika anggaran sudah dihitung, sering juga mengalami perubahan baik biaya membengkak atau target pemasukan tidak tercapai. Pentingnya pengelolaan keuangan ini adalah bagian dari manajemen risiko untuk meminimalisir bila terjadi kerugian.  

    Memiliki dana cadangan 

    Tak ada yang dapat menjamin bahwa situasi ekonomi akan terus stabil atau kuat. Apabila dalam kondisi ekonomi mengalami penurunan atau goncangan, supaya perusahaan dapat bertahan lebih lama maka diperlukan dana cadangan yang tebal untuk menjaga keberlangsungan operasional perusahaan. 

    Membantu mewujudkan ekspansi 

    Semua perusahaan selalu ingin terus berkembang dan melebarkan sayapnya. Supaya ekspansi tersebut bisa terjadi dibutuhkan biaya atau dana yang cukup untuk membiayainya. Nah, di sinilah pentingnya manajemen keuangan untuk merencanakan ekspansi perusahaan di masa depan.  

    Tips mengelola keuangan bisnis secara tepat 

    Sekarang kamu ingin mempraktekkan pengelolaan keuangan bisnis yang tepat. Nah, supaya pengelolaan anggaran sesuai, simak beberapa tips berikut ini:  

  • Pastikan pembayaran yang dilakukan sesuai dengan waktu atau tidak melewati deadline yang telah ditentukan. 
  • Pemantauan kredit dan pembukuan harus setiap saat untuk memastikan kondisi keuangan perusahaan 
  • SDM yang mengelola keuangan haruslah orang yang tepat, memahami sistem, memiliki wawasan yang sepadan dengan tanggung jawabnya. 
  • Telah menyisihkan dana untuk investasi yang bertumpu pada pertumbuhan perusahaan. 
  • Rencanakan masa depan yang berguna untuk mengantisipasi kemungkinan hal buruk bisa terjadi. Buat business plan dan pengembangan dalam waktu 5 sampai 10 tahun ke depan. Gunanya juga agar lebih siap untuk bersaing di masa depan. 
  • Pisahkan pembayaran pajak dengan cara mudah yakni dengan menyisihkan setiap bulan pembayaran pajak yang wajib dilakukan. Paling baik adalah menjadikan pembayaran pajak itu seperti operasional setiap bulan. 
  • Pastikan rantai pasokan berjalan dengan lancar, tidak ada gangguan yang bisa merusak atau mengganggu kestabilitasan perusahaan. 
  • Keakuratan inventaris harus dapat dipastikan. Ini berguna menjaga permintaan dan produksi seimbang. Pengelola keuangan juga harus dapat mengelola risiko yang terjadi ketika terjadi permintaan yang melonjak atau permintaan yang mengalami penurunan drastis. 
  • Demikian artikel tips mengelola keuangan bisnis secara tepat. Semoga artikel ini bisa membantu kamu mengelola keuangan baik untuk usaha kecil maupun keuangan pada level perusahaan. Tentu, kami berharap kamu bisa mempraktikkan prinsip-prinsip di atas dengan baik supaya keberlangsungan perusahaan kamu juga terjaga! 

    Nah, kalau kamu punya pertanyaan terkait tips mengelola bisnis dan usaha sekaligus mendapatkan rekomendasi kepada berbagai produk asuransi yang ada di Indonesia, konsultasikan saja di Tanya Lifepal!

    Semoga lancar usaha kamu makin berkembang dan sukses, ya!   

    Pertanyaan Seputar Keuangan Bisnis

    Manajemen keuangan bisnis adalah aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan kegiatan pengelolaan, pengendalian, penganggaran, dan pemeriksaan dana atau aset yang dimiliki untuk mencapai tujuan keuangan bisnis yang efisien. Manfaat pengelolaan keuangan perusahaan adalah memberikan kepastian mengenai aset dan sumber penghasilan yang dimiliki oleh perusahaan sehingga manajemen dapat fokus pada pengembangan produk dan ekspansi.
    Ada banyak asuransi karyawan di Indonesia yang menawarkan berbagai manfaat seperti manfaat pertanggungan rawat inap, pertanggungan biaya rawat jalan, konsultasi dengan dokter, perawatan gigi sampai biaya persalinan. Kamu dapat membaca daftar asuransi karyawan terbaik yang telah disusun oleh Lifepal.