Pendiri Instagram Mundur dari Facebook, Ini Kisah Sukses Kevin Systrom

Kevin Systrom (IG kevin)

Berita pendiri Instagram yang mundur dari perusahaan Facebook tentu cukup mengejutkan. Pasalnya, media sosial tersebut udah dibesarkan oleh Kevin sejak tahun 2010. Hampir tujuh tahun!

Popularitas Instagram bisa dibilang ada campur tangan Kevin. Pasalnya, media sosial tersebut mampu menghadirkan fitur yang benar-benar disukai netizen zaman now. Kini, sosial media yang diakuisisi Facebook sejak tahun 2012 tersebut memiliki total hampir 1 miliar pengguna.

Sayangnya, Kevin Systrom si pembuat Instagram, beberapa hari lalu memilih hengkang dari Facebook. Dia gak menyebutkan alasan spesifik, namun dia mengaku ingin beristirahat dan cari inspirasi. Kemudian, bisa jadi dari situ, dia bakal hadirkan produk baru.

Bicara soal Kevin Systrom, mungkin kalian belum banyak yang tahu kan. Kalau pendiri Facebook Mark Zuckerberg pasti udah gak asing. Kalau gitu, gak ada salahnya kita berkenalan sama pria kelahiran tahun 1983 tersebut.

Dulunya pengin jadi DJ

DJ (Pixabay)
DJ (Pixabay)

Siapa sangka, Kevin remaja pengin jadi DJ. Bahkan, dia begitu terobsesi sama profesi tersebut. Sampai-sampai dia mengirimkan e-mail ke Boston Beats sebuah toko musik tua di daerahnya buat bekerja di sana.

Namun, bakat Kevin di bidang teknologi ternyata udah terlihat sejak kecil. Saat itu, dia membuat program buat ngisengin teman-temannya. Dia bisa nge-hack akun Instagram messenger AOL milik teman-temannya. Gak heran sih karena sang ibu bekerja di perusahaan teknologi Zipcar.

Sekadar diketahui, Kevin Systrom lahir di Massachusetts, Amerika Serikat. Selepas SMA, dia melanjutkan pendidikan di Stanford University. Dari situlah, bakat Kevin di bidang teknologi makin berkembang.

Sejarah panjang awal mula berdirinya Instagram

Instagram (Pixabay)
Instagram (Pixabay)

Alasan Kevin membuat platform media sosial Instagram ternyata berawal dari pengalaman pribadi sendiri. Kevin, selain suka musik, dia ternyata suka fotografi. Namun, fotonya pernah dikritik oleh guru saat SMA karena dinilai terlalu kaku.

Dari situ, dia terdorong buat pakai Holga dimana dia bisa bikin warna dan efek pada hasil fotonya. Nah, hal inilah yang semakin bikin semangat buat Kevin menghadirkan filter foto.

Saat berlibur dan dia menggunakan iPhone 4, dia gak puas sama filter foto dari smartphone tersebut. Kemudian, timbullah idenya buat bikin platform sendiri. Sebelum Instagram hadir, Kevin membangun platform yang bernama Burbn.

Aplikasi tersebut awalnya menggunakan metode berbagi foto berdasarkan lokasi. Namun, lama-kelamaan berkembang jadilah Instagram.

Secara singkat, Instagram hadir buat memberikan tiga solusi. Yang pertama adalah bikin foto jadi lebih cantik. Kemudian, membagikannya ke banyak media sosial lain. Gak lupa, berbagi foto secara cepat.

Ini pulalah yang jadi start kesuksesan Instagram. Sebab, pendiri Instagram tersebut mau mendengarkan pengguna mereka yang merasa ribet dengan sistem Burbn.

Nah, kamu yang pengin sukses baik di bisnis konvensional ataupun digital, ada baiknya buat mendengarkan aspirasi dari pelanggan kamu lho!

Kevin kini menuai hasil memuaskan. Namanya tercatat di Forbes sebagai salah satu entrepreneur terkaya di bawah usia 40 tahun di Amerika Serikat. Harta kekayaannya mencapai US$ 1,4 miliar atau setara Rp 208 triliun.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Di usia yang terbilang muda, Kevin mampu menjawab beberapa problem pengguna Internet. Plus, dia pun mau mengembangkan apa yang udah dia bikin. Kini, dia mungkin bakal merealisasikan ide baru lagi. Ditunggu ide berikutnya dari Kevin Systrom!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →