Lahir di Era Perang, Inilah Kisah Sukses Biskuit Khong Guan

Cerita sukses biskuit Khong Guan. (Instagram)

Biskuit Khong Guan yang udah ada di Indonesia sejak tahun 1970 emang fenomenal banget. Camilan ini ada di tiap hari raya, bahkan mungkin jadi barang wajib di rumah buat menyambut tamu.

Kita tentu familiar dengan kalengnya yang besar dan bergambar ibu dan dua orang anak. Emang sih ada juga kemasan kecil, tapi kita jelas lebih familiar dengan kaleng yang besar itu.

Di dalam kaleng tersebut terdapat banyak varian biskuit. Salah satunya adalah wafer yang cuma tersedia dua bungkus. Letaknya tersembunyi di bawah. Rasanya? Hmm.. jangan diragukan. Enak banget! Gak heran pas dibuka kita bakal langsung mencarinya.

Khong Guan juga memproduksi biskuit lain seperti Big Royale, Marie Susu, dan Malkist. Produk itu pun laris. Khong Guan Group juga memegang merek Nissin, Monde, dan Serena.

Pengin tahu seperti apa kisah perjalanan biskuit Khong Guan hingga bisa laris seperti saat ini? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Bukan produk Indonesia

Biskuit Khong Guan emang melekat banget di hati masyarakat. Tapi patut diketahui bahwa produk ini bukanlah berasal dari Indonesia.

Merek ini berasal dari Singapura, dan didirikan oleh imigran asal Fujian, Cina, yaitu kakak-beradik Chew Choo Keng dan Chew Choo Han.

Pada awalnya, mereka berdua bekerja di pabrik biskuit Singapura buat menghidupi keluarga di kampung. Ketika Singapura diserang oleh Jepang, mereka kabur ke Malaysia dan bikin biskuit sendiri. Akhirnya mereka terpaksa jual garam dan sabun.

Namun setelah Jepang angkat kaki dari Singapura, mereka pun memulai usaha biskuit lagi.

Bikin biskuit dengan mesin usang zaman perang

Awal dari kesuksesan biskuit ini dimulai ketika Han menemukan sebuah mesin produksi biskuit yang udah rusak di pabrik tempat mereka bekerja dulu. Dengan mesin itulah mereka berhasil memproduksi biskuit dengan metode semi-otomatis yang dibantu rantai sepeda.

Dari sinilah produksi biskuit Khong Guan meningkat, gitu pula dengan permintaannya.

Pada 1947, Khong Guan Biscuit Factory diresmikan di Singapura. Pada 1959, perusahaan ini udah mempekerjakan 200 pegawai dan sanggup memproduksi sampai 10 ribu ton biskuit.

Selain memproduksi biskuit, Khong Guan juga memasarkan minyak sayur dan punya perusahaan logistik sendiri buat menunjang distribusi produk.

Bekerja sama dengan Arnotts

Kamu tentu tahu merek biskuit bernama Arnotts. Arnotts adalah sebuah merek dari Australia yang menjalin kerja sama dengan Khong Guan pada tahun 1974.

Lewat kerja sama ini, biskuit Khong Guan mendapatkan resep hingga pelatihan produksi. Tanpa disadari, mereka pun berhasil melipatgandakan produksi.

Akhirnya, Khong Guan berhasil memperkuat eksistensinya di Asia Tenggara.

Makin mendunia pada tahun 1980an

Pada tahun 1980an, biskuit Khong Guan memindahkan salah satu pabrik pengolahan biskuitnya ke Cina buat menekan biaya. Saat itu pulalah mereka mulai gencar mengekspor biskuit ke negara-negara lain, termasuk Jepang dan Amerika Serikat.

Bersamaan dengan itu pula Khong Guan mulai menyabet segudang penghargaan bisnis dan kepuasan konsumen.

Di Cina, Khong Guan berhasil menjadi salah satu biskuit terlaris dengan menguasai lima persen pangsa pasar pada 1993. Saat ini biskuit itu udah hadir di 40 negara, termasuk Timur Tengah.

Keluarga Chew melepas saham Khong Guan ke pengusaha Malaysia

Pada tahun 1993, perusahaan ini kembali menancapkan tonggak penting: saham Khong Guan yang dimiliki Chew secara resmi berpindah tangan ke Lim Geok Han, seorang pengusaha asal Malaysia.

Seperti itulah kisah singkat perjalanan perusahaan biskuit Khong Guan yang mendunia. Kamu pasti gak menyangka kan kalau mereka udah ada pada zaman perang?

Perlu kamu tahu, sampai kapan pun gambar kaleng biskuit Khong Guan gak akan pernah berubah. Kemasan old school itu emang terasa jadul, namun itulah yang jadi jati diri mereka.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →