Sejarah Carls Jr, dari Hotdog Emperan Hingga Restoran Raksasa

Carls Jr.

Sebagian dari kamu tentu pernah makan di restoran siap saji Carls Jr. Di Indonesia, restoran ini dikelola PT Tiara Marga Trakindo yang gak lain adalah anak perusahaan Trakindo Group. Tapi restoran ini sejatinya adalah sebuah brand burger ternama dari Amerika Serikat.

Pendiri restoran siap saji ini adalah Carl Nicholas Karcher yang sudah meninggal pada tahun 2008 silam. Sama seperti restoran-restoran top pada umumnya, Carls Jr. dulu hanyalah sebuah usaha kecil yang akhirnya jadi raksasa.

Penasaran bagaimana perjalanan Karcher mendirikan resto burger dengan resep andalan Double Western Beef Bacon in? Yuk kita simak kisahnya di bawah ini.

1. Dulu Karcher hanyalah pegawai dengan upah US$ 18 seminggu

Carl Karcher lahir di wilayah perkampungan Ohio. Ayahnya adalah seorang warga asli Ohio sementara itu ibunya keturunan Jerman. Bisa dibilang keluarga Karcher adalah keluarga yang kurang mapan dari sisi finansial

Karcher pun pindah ke Anaheim, California, tempat sang paman membuka sebuah usaha kecil. Sang pendiri Carls Jr. ini pun bekerja untuk pamannya selama tiga tahun dengan upah US$ 18 seminggu. Setelah itu dia resign karena memilih untuk bekerja di toko roti.

Kalau dirupiahkan dengan nilai tukar Dolar terhadap Rupiah saat ini, US$ 18 setara dengan Rp 260 ribuan lho. Bayangin aja cuma dapat segitu dalam seminggu.

2. Jualan hot dog di pinggiran jalan

Carls jr.
Kalau kamu belum tahu, nih dia penampakan Carls Jr. dulu (Ocregister)

Karcher akhirnya menikah dengan perempuan bernama Margaret Magdalen Heinz pada 1939. Di tahun 1941, mereka memulai usaha pertama mereka di Los Angeles, yakni jualan hot dog di pinggiran kota.

Modal usaha itu didapat dari menggadaikan mobil Plymouth miliknya yang bernilai US$ 311 pada saat itu.

Tepat pada saat Karcher merayakan ultahnya yang ke-28 pada tahun 1945, mereka membuka restoran pertama mereka, yaitu Carl’s Drive in Barbecue di Anaheim. Saat itulah, mereka sudah mulai memasukkan menu burger di resto mereka..

3. Carls Jr. resmi didirikan pada 1956

Bisnis makanan yang dilakoni Karcher pun moncer! Di tahun 1956, mereka mendirikan outlet Carls Jr. di Anaheim dan Brea. Kata Jr (Junior) diartikan sebagai versi kecilnya Carl’s Drive in Barbecue yang siap melayani pelanggan dengan cepat.

Burger yang dibuat oleh Karcher adalah charbroiled. Charbroiled adalah istilah nama daging beraroma asap yang mereka gunakan di rotinya. Jelas banget, daging seperti ini gak pernah ada di burger-burger yang dijual oleh restoran di Amerika pada saat itu.

Daging burger mereka memang tebal dan 100 persen adalah daging sapi, tanpa tambahan breadcrumb. Dan memang bukan rahasia lagi, roti Carls Jr diameternya lebih besar daripada roti biasa.

Restoran ini memang terkenal dengan jargonnya, “It’s Gonna Get Messy! Artinya, kamu bakal belepotan deh kalau makan burger di Carls Jr. Mereka juga bikin iklan yang menggambarkan, kalau mukamu gak belepotan saat makan burger, berarti burger yang kamu makan bukan burger sejati.

Restoran ini pun laris. Di tahun 1974 mereka sudah punya 100 cabang dan di tahun 1981, outletnya sudah bertambah jadi 300!

Karcher pun mendirikan perusahaan induk di tahun 1960 bernama CKE Restaurants. Saat ini, sudah ada lebih dari 3 ribu outlet Carls Jr. di berbagai penjuru dunia. Mereka juga mempekerjakan lebih dari 30 ribu karyawan!

4. Target pasar saat ini adalah pria muda

Bisa dibilang, target pasar restoran siap saji ini adalah para pemuda. Saat ini pun, sebagian besar pengunjung restoran burger ini adalah pria, oleh karena itu mereka gak bakal menyediakan menu salad.

Yang mereka sajikan ya apalagi kalau bukan burger berukuran besar yang lezat dan maknyus!

Soal iklan, Carls Jr juga mencoba untuk membuat konsep iklan yang kiranya disukai oleh pria milenial. Beberapa iklan mereka memang menampilkan perempuan-perempuan cantik.

Mereka sempat menggunakan Paris Hilton sebagai model iklannya. Walaupun di saat itu medsos belum populer, tapi buktinya iklan Carls Jr justru viral.

Seperti itulah kisah singkat berdirinya restoran Carls Jr yang jadi favorit banyak orang. Intinya, Karcher telah membuktikan ke kita semua bahwa usaha sekecil apapun bisa berubah menjadi besar di kemudian hari.

Akan tetapi, hal itu cuma bisa terwujud lewat usaha yang cukup keras.

Carls Jr. paham akan siapa pasarnya dan bagaimana mereka berbicara pada pelanggannya. Itulah sebabnya, restoran ini laris manis seiring berjalannya waktu.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →