Punya Kekayaan Rp 677 Triliun, Ini 5 Fakta Menarik Bos IKEA Ingvar Kamprad

Ingvar Kamprad (diariodeavisos.elespanol.com)

Begitu dengar nama IKEA, kamu tahu dong pasti itu apa? Ya, benar banget. IKEA adalah perusahaan furnitur terbesar di dunia. Perusahaan asal Swedia ini didirikan Ingvar Kamprad tahun 1943.

Sejak berdiri, IKEA perlahan-lahan berubah menjadi raksasa bisnis furnitur. Dari Swedia, IKEA kemudian melakukan ekspansi bisnis ke banyak negara di dunia, termasuk salah satunya Indonesia.

Semua pencapaian IKEA saat ini tentu aja gak lepas dari peran Ingvar Kamprad, si pendiri IKEA. Ia benar-benar membangun bisnisnya ini dari nol.

Berkat kerja kerasnya, Ingvar Kamprad akhirnya mengecap kesuksesan. Gak cuma itu, sosok yang satu ini juga punya kisah yang menarik buat diulas. Seperti apa? Yuk disimak.

1. Menjalankan usaha sejak usia 5 tahun

Ingvar Kamprad
Ingvar Kamprad kecil (sweden)

Ingvar Kamprad lahir di Swedia pada 30 Maret 1926. Ia adalah anak dari pasangan Feodor Kamprad dan Berta nee Nilsson. Orang tuanya sendiri merupakan petani miskin yang tinggal di pedesaan.

Kebolehannya dalam berbisnis mulai tampak sejak muda. Seperti yang terungkap di Wikipedia, Ingvar mulai menjual korek api sejak usia lima tahun.

Hingga usianya sepuluh tahun, ia terus berjualan korek api. Dari jualan korek api, Ingvar kemudian menjual ikan, dekorasi pohon Natal, benih, pulpen, dan pensil.

2. Mendirikan IKEA di usia 17 tahun

Ingvar Kamprad
Mendirikan IKEA (sweden)

Ingvar Kamprad diketahui mengidap disleksia. Gara-gara itu ia sulit membaca dan menulis dengan lancar.

Namun, hal tersebut gak lantas bikin dirinya putus asa. Ingvar pun terus berusaha menyelesaikan pendidikannya. Sampai akhirnya, ia menyelesaikan pendidikannya dengan baik di usia 17 tahun. Ayahnya pun memberi hadiah uang kepada dirinya atas usahanya tersebut.

Berbekal uang pemberian ayahnya, Ingvar merintis bisnis yang diberi nama IKEA. Nama ini diambil dari inisial namanya sendiri, Ingvar Kamprad, tempat kelahirannya, Elmtaryd, dan desanya, Agunnaryd.

3. Mengaplikasikan konsep flat-pack

Ingvar Kamprad
Konsep flat-pack (newscientist)

Ingvar Kamprad mengaplikasikan konsep flat-pack ke furnitur yang dijualnya. Konsep ini memungkinkan IKEA memuat banyak furnitur tanpa memakan area yang banyak. Soalnya furniturnya sendiri gak dalam bentuk utuh alias mesti dirakit sendiri oleh pembeli.

Untungnya sih udah jelas, pembeli bisa beli banyak furnitur dan si IKEA sendiri gak pusing mikirin tempat penyimpanan. Cuma nantinya si pembeli bakal direpotkan dalam merakitnya. Di samping itu, dengan konsep ini, Kamprad bisa menghemat banyak uang dari berkurangnya ongkos pengiriman.

4. Meluaskan pemasaran ke banyak negara

Ingvar Kamprad
IKEA Indonesia (fernaventura)

Bisnis furnitur Ingvar Kamprad dari waktu ke waktu makin berkembang. Ia pun mulai mendirikan IKEA di sejumlah negara. Mula-mula ia mendirikan di Norwegia lalu ke Denmark. Kemudian ke Jerman hingga akhirnya meluas ke berbagai negara.

Dihitung-hitung, kini sudah ada 400 toko IKEA yang tersebar di 38 negara. Malahan, perusahaan yang identik dengan dominasi warna biru dan warna kuning ini amat dinanti-nanti kehadirannya di sejumlah negara. Buktinya, saat pertama kali membuka cabang di Shanghai, Cina, toko itu dikunjungi sebanyak 80 ribu orang pada hari pertama.

5. Salah satu orang terkaya di dunia dengan harta Rp 677 triliun

Ingvar Kamprad
Jadi orang terkaya di dunia (femina)

Usaha yang dilakukan Ingvar Kamprad membangun IKEA gak sia-sia. Bisnisnya ini terus berkembang dan udah tersebar di berbagai negara. Bloomberg 2017 mencatat ia memiliki kekayaan hingga US$ 46,8 miliar atau Rp 677 triliun.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Kamprad sendiri sempat masuk dalam daftar orang terkaya ke-8 di dunia versi Bloomberg Billionaires Index tahun 2015. Saat itu ia memiliki kekayaan sekitar US$ 43,2 miliar atau Rp 625 triliun.

Itu tadi kisah menarik mengenai Ingvar Kamprad si pendiri IKEA. Sayangnya, pada 27 Januari 2018, miliuner ini wafat di usia 91 tahun. Namun, usaha, semangat, dan kerja kerasnya memulai bisnis dari nol layak diacungi jempol dan menjadi inspirasi buat kamu yang mau mulai usahamu sendiri.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →