Kisah Orang Sukses: Peter Dinklage dan Keterbatasan Fisiknya

Kisah Orang Sukses

Keterbatasan fisik sering dianggap sebagai penjegal kesuksesan. Tapi hal itu gak berlaku bagi Peter Dinklage, pemeran Tyrion Lannister di Game of Thrones. Pasti tahu dong serial populer yang ditonton ama jutaan umat ini

Meski memiliki keterbatasan fisik, kisah hidup Dinklage bisa dibilang jadi salah satu kisah orang sukses yang patut kita tiru nih. Penghasilannya aja udah mencapai US$ 15 juta lho!

Sejak lahir, Peter Dinklage terdiagnosa mengidap penyakit genetik achondroplasia. Kondisi itu menyebabkan tubuh seseorang menjadi kerdil karena kelainan di bagian tulang. Karena keterbatasan fisik ini, Dinklage sampai banyak ditolak masuk sekolah pas remaja lho.

Tapi, hal itu gak menghalangi Dinklage meraih penghargaan bergengsi di bidang perfilman. Sejak Game of Thrones dirilis pada 2011 lalu, Dinklage sudah memenangkan sejumlah award pertelevisian, termasuk dari Emmy dan Golden Globe sebagai Aktor Pembantu Terbaik.

kisah orang sukses
Meski punya keterbatasan fisik, Peter Dinklage mampu meraih penghargaan bergengsi Emmy Awards (Emmy/ inquisitr.com)

Selama hidupnya, Dinklage sempat mengalami masa-masa sulit, termasuk gagal mendirikan teater. Akhirnya pria kelahiran 1969 ini bekerja kantoran. Akan tetapi, sekembalinya Dinklage di dunia hiburan, dia justru memetik kesuksesan.

[Baca: Kisah Inspiratif 5 Orang Ini Bisa Membangkitkan Daya Juang Meraih Kesuksesanmu]

Berikut adalah kutipan-kutipan inspiratif dari pidato dan wawancara Dinklage yang bisa memotivasimu dalam hidup:

1. Saya gak suka dibilang “beruntung”

Dalam wawancaranya dengan Times tahun 2013, Dinklage blak-blakan mengatakan bahwa dirinya gak suka dibilang beruntung. Mengapa demikian? Karena kata “untung” bisa membuat kerja kerasmu selama ini menjadi tidak berarti.

Dinklage menceritakan kehidupannya yang kurang beruntung saat dia tinggal di Brooklyn. Saat itu, apartemennya gak dilengkapi heater dan dia pun pernah membayar makan malam di restoran dengan uang recehan.

“Saya gak ingin mengatakan bahwa saya beruntung. Tapi saya cukup berhasil menghibur dan bertemu dengan orang-orang yang bertalenta,” ujarnya.

2. Jangan menunggu siap

Pernyataan ini diutarakan Dinklage untuk menggambarkan situasi yang dihadapinya ketika meninggalkan kerja kantoran. Dinklage berpikir, bisa jadi saat itu dia gak siap akan perubahan, makanya dia terjebak dalam situasi yang gak menyenangkan.

“Gak perlu menunggu siap, karena kamu bakal siap kalau kamu memulainya. Gak usah repot-repot mengatakan bahwa kamu siap. Tunjukkan saja dan buktikan,” tegasnya.

3. Kamu bisa mengatakan “tidak”

kisah orang sukses
Perannya sebagai Tyrion Lannister di serial Game of Thrones lah yang membuat nama Dinklage melejit (Tyrion/ npr.org)

Di masa-masa sulitnya, Dinklage kerap ditawari untuk bermain peran sebagai peri atau kurcaci. Tapi, dia justru menolaknya karena peran itu sama saja dengan menghina keterbatasan fisiknya sebagai orang kerdil.

“Sangat menyakitkan, karena saya sering kehilangan kesempatan di dunia akting lantaran kondisi fisik saya,” ujar Dinklage dalam wawancaranya.

Sejak dulu, Dinklage memiliki prinsip yang kuat di dunia akting. Dia gak pernah minder akan keterbatasan fisiknya, dan dia sangat percaya diri dalam mencari peran sebagai manusia normal. Makanya, dia gak takut untuk menolak peran-peran yang gak sesuai sama prinsipnya ini.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

[Baca: 4 Cara Menolak Tugas Ekstra di Kantor Tanpa Jadi Public Enemy]

4.  Jangan pernah lupa akan siapa dirimu

Kalimat ini ada lanjutannya. Versi panjangnya, “Jangan pernah lupa tentang siapa dirimu. Gunakanlah (dirimu) layaknya perisai sehingga gak akan ada lagi orang yang bisa melukaimu.”

kisah orang sukses
Tiap orang punya kekurangan, tapi itu jangan membuatmu minder dan gampang nyerah (Peter Dinklage/ dailyshow)

Ucapan ini adalah sebuah pesan moral bagi kita semua untuk menerima kekurangan diri sendiri. Bila kita bisa menerima kekurangan tersebut, maka orang lain gak akan bisa menggunakannya untuk menyerang kita.

5. Gak usah takut menyinggung perasaan saya

Dinklage memang gak nyaman ketika melihat seseorang yang terlalu berhati-hati dan takut menyinggung perasaannya.  

Soal keterbatasan fisiknya, Dinklage bukanlah orang yang mudah tersinggung atau baper. Tapi, dia pun punya prinsip kuat untuk gak membiarkan hal itu jadi lelucon.

[Baca: Jauh-jauh Dari 5 Hal Baper Ini Biar Tahun Depan Lebih Gemilang]

Kisah kehidupan Dinklage mengajari kita tentang bagaimana menjadi seseorang yang percaya diri, tahan banting, dan mau menerima kritik. Hal itu terbukti dari kutipan-kutipan di atas yang diucapkan Dinklage dalam wawancara ataupun pidato.

Kamu juga bisa belajar dari kisah orang sukses yang satu ini. Intinya, kalau jadi orang jangan gampang minder. Tetap percaya bahwa meskipun kita memiliki kekurangan, kita tetap bisa meraih kesuksesan kalau berusaha keras dan pantang menyerah.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →