Kisah Sukses Personal Shopper Raup Untung Senilai Tiket Business Class ke Eropa

Kamu pasti udah pernah mendengar berbagai macam kisah sukses orang dari segi karier bahkan bisnis. Nah, kali ini merupakan kisah sukses pria yang merantau dari Tanah Minang ke Jakarta dan kini menjadi personal shopper bagi kaum jetset ibu kota.

Belum lama ini MoneySmart.id berbincang dengan pria kelahiran Sumatera Barat, Bobby yang menekuni profesi sebagai personal shopper. Buat kamu yang belum pernah mendengar profesi ini pasti bakal bertanya-tanya, apa sih personal shopper itu? Personal shopper merupakan salah satu profesi yang kini tengah banyak digeluti di Jakarta.

Pada umumnya, orang yang menekuni profesi ini banyak membantu kalangan selebriti, jetset bahkan istri pejabat buat memilihkan dan membelikan barang-barang bermerek. Mulai dari sepatu, tas, bahkan jam tangan mewah pun udah menjadi menu santapan bagi Bobby yang menekuni profesi sebagai personal shopper.

Baca juga: Mengenal Profesi Personal Shopper yang Bakal Datangkan Banyak Uang

Dulu jualan roti bakar kini jadi personal shopper bagi kalangan jetset

Dulu jualan roti bakar kini jadi personal shopper bagi kalangan jetset, (Ilustrasi/Shutterstock).

Otak dagang dan bisnis emang udah mendarah daging bagi Bobby yang lahir berdarah Minang ini. Ia pun menceritakan perjalanan dirinya sebelum menekuni profesi yang saat ini tengah ia jalani.

Berjualan roti bakar sejak masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas emang udah dilakoni oleh pria yang memiliki klien dari kalangan selebriti hingga istri pejabat. Hobi dagang emang udah terjadi sejak lama saat dirinya masih remaja.

“Jadi aku dari dulu itu udah hobi dagang,” bukanya seru.

“Waktu keluar SMP sih, jadi waktu pulang sekolah itu jualan roti bakar di kampung ku ya beberapa tahun. Jadi aku tuh pulang sekolah, orang pada main-main aku gak! Aku malah jualan roti bakar,” tambahnya.

Dari hasil kerja kerasnya berjualan roti bakar, Bobby kala itu udah bisa lho memperkaya dirinya dengan membeli salah satu ponsel pintar merek Nokia 7650. Wah! Kala itu ponsel pintar Nokia yang satu ini emang bisa dibilang salah satu barang wah juga lho di eranya.

“Di zaman itu aku udah bisa beli handphone Nokia 7650 flip lagi oke-okenya lah waktu itu. Aku dagang roti, aku udah bisa beli handphone, itu harganya Rp 4 juta dari keringat aku sendiri gak minta dari orangtua,” urainya.

Baca juga: 7 Cara Mendapatkan Uang dari Belanja. Iya, Belanja!

Merantau ke ibu kota demi mendapatkan pundi-pundi

Merantau ke ibu kota demi mendapatkan pundi-pundi, (Ilustrasi/Shutterstock).

Bobby yang sempat bekerja di salah satu pusat perbelanjaan eksklusif di kawasan Jakarta Pusat hampir 12 tahun lamanya akhirnya memutuskan buat hijah ke ibu kota. Dari tanah kelahirannya, Bobby pun mengais rezeki nih yaitu bekerja di salah satu butik tas branded.

“Terus aku ke Jakarta merantau tanpa minta duit dari orangtua ku sepeser pun. Kerjan lah di mall di salah satu butik brand kenamaan,” sambungnya menggebu.

Menekuni profesi sebagai personal shopper emang bukan begitu aja langsung “paten” dan mendapatkan banyak klien. Berbagai macam proses buat mencapai di titik sekarang ini emang gak mudah-mudah amat lho buat dirinya.

Bermodalkan nekad dan kerja keras, Bobby yang udah bekerja di butik tas merek kenamaan, akhirnya bisa lho membiayai orangtuanya di kampung. Membelikan rumah hingga berangkatkan kedua orangtuanya ke Tanah Suci udah ia lakuin .

“Dari kerjaan, aku udah bisa hadiahi orangtua aku rumah, kaya apa berangkatkan ke Tanah Suci, sekarang aku udah tinggal di apartemen di kawasan Sudirman. Itu hasil keringat sendiri, jadi itu dagang udah kaya mendarah daging soalnya kadang-kadang ya Padang kan pada umunya dagang ya,” terangnya seru.

Baca juga: Mau Bergaya Hypebeast dengan Bujet Minim? Coba Terapkan Trik Ini

Cerdas dalam berbisnis mendapatkan keuntungan buat diri sendiri 

Cerdas dalam berbisnis mendapatkan keuntungan buat diri sendiri, (Ilustrasi/pexels.com).

Bobby yang emang dasarnya udah punya otak bisnis sangat canggih, ia pun berpikirin selama ini selalu menghasilkan untung bagi perusahaan kenapa gak menguntungkan diri sendiri. Sejak itu ia pun menekuni profesi sebagai personal shopper.

“Jadi dulu berpikir waktu aku masih di mall, aku berpikiran sekarang nguntungin ke perusahaan kenapa aku gak nguntungin diri sendiri?,” tegasnya.

“Menjadi partner akhirnya aku sama perusahaan aku yang lama itu gak bermusuhan lho. Jadi aku langsung order ke perusahaan, misalkan mereka lagi ngirim barang koleksi terbaru ke store nih, mereka juga kasih ke aku. Jadi aku itu seperti store kecil tapi ya dari perusahaan karena relasi aku sama kantor bagus,” urainya.

Memiliki hubungan baik dengan perusahaan terdahulunya, Bobby akhirnya mau gak mau jadi store kecil bagi klien-kliennya nih. Gimana gak, ketika salah satu merek tas mahal punya koleksi terbaru ia dengan mudah buat menawarkan barang tersebut ke pelanggannya. Dari itu lah ia mendapatkan untung hingga puluhan juta rupiah.

“Iya karena marketnya ada di aku dan aku punya marketnya,”  ungkapnya tegas.

Gak tanggung-tanggung lho, Bobby kerap mendapatkan keuntungan luar biasa banget buat dompetnya. Profesinya sebagai personal shopper kerap mendatangkan untung senilai satu tiket pesawat dengan kelas bisnis tujuan Eropa.

Jadi personal shopper raup keuntungan senilai 1 tiket pesawat business class ke Eropa

Jadi personal shopper raup keuntungan senilai 1 tiket pesawat business class ke Eropa, (Ilustrasi/Pixabay.com).

Kalau kita lihat dari situs Traveloka, kalau kamu pengin pergi ke Eropa dengan tujuan Paris, Perancis dengan menggunakan maskapai Thai Airways dirimu mesti mengeluarkan kocek kisaran Rp 21 juta. Beda lagi kalau kamu pergi dengan Turkish Airlines itu mesti mengeluarkan uang kisaran Rp 35 juta.

Jika memilih maskapai penerbangan Qatar Airways itu kisaran Rp 39 juta. Wow! Bayangin aja sekali belanja buat kaum-kaum jetset maupun selebriti bisa mengantongi uang senilai puluhan juta rupiah itu hanya menjual pakaian aja lho.

“Paling gampang baju kayanya! Aku bawa baju Hard Rock dari Afrika dan New York itu aku jual baju Hard Rock dan Harley Davidson dari jual total baju itu aku bisa untung 1 tiket business class lah, bukan ke New York juga lah mas ke Eropa. Maksudnya okelah,” pungkasnya terbahak.

Nah, melihat kisah sukses Bobby seorang personal shopper ini bisa kamu tiru dan ikuti lho. Gimana gak profesi ini cukup menjanjikan bagi kamu yang emang doyan belanja dan traveling. Bisa menikmati keindahan negara orang lain udha gitu kamu juga mengantongi banyak uang.

Intinya kerja keras dan tekun kamu pasti bakal menikmati buah manisnya nih. Sebenarnya semua pekerjaan kalau kamu lakukan dengan tekun dan kerja keras, kesuksesan juga bakal mengikuti kamu. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →