5 Kloset Duduk Termahal Sejagat Ini Harganya Capai Rp 268 M, Apa Istimewanya?

kloset duduk

Kloset duduk merupakan perangkat saniter paling penting di kamar mandi. Namun, memilih kloset duduk tidak hanya dari penampilannya saja, unsur kenyamanan juga perlu diperhatikan. 

Toilet yang nyaman bisa jadi adalah kebutuhan manusia yang gak boleh diabaikan. Tapi, apa jadinya kalau kloset duduk untuk buang hajat dibuat dengan bahan khusus dan nilainya mencapai miliaran rupiah per unit? 

Kalau melihat mobil sport berlapis emas atau berlian mungkin hal itu terbilang mainstream, karena udah ada beberapa orang kaya yang melakukannya di dunia. 

Untuk kloset duduk, mungkin sebelumnya belum ada yang memikirkan memodifikasi hingga mencapai miliaran rupiah. Selain karena fungsinya, barang satu ini bukan perhiasaan yang bisa dibawa ke mana-mana untuk dipamerkan.

Tapi, setiap perusahaan pasti pengin produk buatannya viral dan jadi perbincangan banyak orang agar brand awareness mereka ikut terdongkrak.

Lalu, seperti apa sih bentuk kloset duduk yang dimaksud? Yuk, kita langsung lihat lima kloset duduk termahal di dunia seperti dikutip dari Money Inc:

5. Dagobert Wooden Toilet Throne by Herbeau – Rp 200 jutaan

Kloset Duduk
Dagobert Wooden Toilet Throne by Herbeau (moneyinc.com)

Di urutan paling bawah ada Dagobert Wooden Toilet buatan produsen asal Prancis, yakni Herbau. Merek ini udah berdiri sejak tahun 1857 silam.

Salah satu alasan kenapa kloset yang satu ini terbilang mahal, karena desainnya pernah digunakan Raja Dagobert di Prancis.

Baca juga: Deretan Perangko Termahal di Dunia, Harganya Mencapai Rp 141 Miliar!

4. Swarovski-Studded Toilet – Rp 1 miliaran

kloset duduk
Swarovski-Studded Toilet (moneyinc.com)

Kalau mendengar nama Swarovski pasti di benakmu langsung terlintas benda kecil berkilauan yang umumnya jadi perhiasan kaum hawa, yaitu berlian. 

Kali ini, mereka melakukan inovasi dengan membuat kloset yang hampir sepenuhnya dibalut dengan berlian. Gak tanggung-tanggung, harganya menyentuh Rp 1 miliaran per unit.

3. Moon River Art Park Toilet – Rp 10 miliaran

kloset duduk
Moon River Art Park Toilet (rockluxury.com)

Di urutan ketiga, ada kloset duduk di Moon River Art Park yang berlokasi di Shanghai, China. Biaya pembuatan toilet di sini mencapai Rp 10 miliaran. 

Tapi, gak usah khawatir karena kamu gak perlu membayar semahal itu untuk menggunakannya selama kamu memiliki tiket masuk ke tempat satu ini.

Salah satu yang membuat biaya pembuatannya mahal adalah, desain kloset duduk itu yang unik dan gak biasa.

2. Hang Fung Golden Toilet – Rp 70 miliaran

kloset duduk
Hang Fung Golden Toilet (Telegraph.co.uk)

Masuk ke posisi runner up ada Hang Fung Golden Toilet. Seperti kamu lihat, kloset satu ini dipenuh ornamen emas yang bukan hiasan melainkan emas asli.

Gak hanya kloset duduknya saja yang berlapis emas, beberapa furnitur lainnya juga gak kelupaan untuk dibuat dengan logam mulia. Pantas harganya dipatok Rp 70 miiaran.

1. International Space Station – Rp 268 miliaran

kloset duduk
International Space Station (Timedotcom)

Di urutan puncak ada toilet yang digunakan oleh International Space Station (ISS) untuk melakukan misi luar angkasa. 

Dengan gaya gravitasi yang sama sekali gak ada, tentu toilet satu ini memerlukan desain tersendiri yang unik dan menggunakan bahan khusus. Gak heran kalau harga per unitnya dibanderol mencapai Rp 268 miliaran. 

Itulah lima kloset duduk termahal di dunia yang pernah dibuat. Kalau kamu memiliki cukup uang untuk membelinya mau pilih model yang mana? (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →