Seluas 8,5 Hektar dan Diisi Air Laut! Ini Kolam Renang Termewah di Dunia Rp 77 T

Kolam renang

Untuk sebagian orang, memiliki kolam renang di halaman belakang rumah menjadi kebutuhan penting. Salah satu tujuannya, untuk olahraga. 

Seperti yang dilakukan Gubernur Jawa Barat yakni Ridwan Kamil untuk rumah dinasnya di Kota Bandung. Saat ini, rumah tersebut sedang direnovasi guna membangun sebuah kolam renang.

“Karena saya memiliki cedera lutut dan dokter menyarankan agar tidak berolahraga lari atau olahraga motorik impact. Disarankan rutin tiap hari terapi berenang saja. Agar bisa fit, bugar dan sehat menjalani tugas dalam wilayah seluas Jawa Barat ini,” jelas Ridwan Kamil lewat Instagramnya.

Dana yang dibutuhkan untuk membangun fasilitas tersebut sekitar Rp 1,5 miliar. Sontak, banyak pihak pro dan kontra meresponnya.

Terlepas dari hal itu, terdapat sedikitnya lima kolam renang termahal di dunia yang biaya pembangunannya mencapai Rp 77 triliun. Penasaran seperti apa bentuknya? Yuk, simak ulasannya seperti dilansir dari Multi Lotto:

5. Kolam renang Hearst Castle – Rp 140 miliar

Kolam renang
Kolam renang Hearst Castle

Berada di urutan kelima ada Hearst Castle yang berlokasi di California, Amerika Serikat. Tempat ini dibangun oleh arsitek kondang lokal bernama Julia Morgan.

Hearst Castle memiliki dua tempat berenang di mana satu bertemakan kerajaan Roman, serta satu lagi mempunyai desain yang kental kerajaan bawah air Neptunus. 

Salah satu alasan mengapa harganya begitu mahal karena banyak pahatan patung yang mempunyai nilai seni tinggi.

Baca juga: Lukisan Kolam Renang Terjual Rp 1,3 Triliun, Pria Ini Pecahkan Rekor Penjualan 9 Menit

4. Kolam renang Lev Leviev – Rp 959 miliar

kolam renang
Kolam renang Lev Leviev (amazonaws.com)

Selanjutnya, kolam renang yang berlokasi di Inggris yang dimiliki jutawan asal Israel, yakni Lev Leviev. Dia merupakan seorang pebisnis sekaligus pemilik tambang berlian di negara Angola, Afrika.

Pantas saja rumahnya yang berada di Inggris memiliki tempat renang paling mewah di dunia. Bahkan, Lev Leviev melapisi beberapa bagian seperti spa dan dinding dengan emas. Pantas saja harga pembuatannya sangat fantastis!

3. Seagaia Ocean Dome – Rp 28 triliun

kolam renang
Seagaia Ocean Dome

Ketiga, ada Seagaia Ocean Dome yang dibuat di daerah Miyazaki, Jepang. Di sini terdapat sebuah gunung api buatan yang bisa menampilkan atraksi seru untuk para pengunjung.

Untuk mereka yang suka bermain seperti di pantai, pihak pengelola juga menyiapkan pasir di pinggir kolam renang. Atap dari Seagaia Ocean Dome bisa dibuka ketika cuaca sedang bagus dan ditutup ketika hujan datang.

Dengan panjang sekitar 300 meter dan lebar 100 meter, pantas saja Seagaia Ocean Dome menghabiskan dana sampai Rp 28 triliun saat dibuka pertama kali tahun 1993.

2. San Alfonso del Mar – Rp 28 triliun

kolam renang
San Alfonso del Mar

Di urutan runner up ada San Alfonso del Mar yang berada di Santiago, Chili. Kolam renang di resort ini meraih gelar paling besar di dunia dari Guiness World Record.

Panjangnya mencapai 1 kilometer, luasnya sebesar 8 hektar dan membutuhkan 250 juta liter air untuk membangun tempat ini. Air yang digunakan juga bukan air tawar, melainkan air laut yang berada di dekat resort.

1.  City of Stars – Rp 77 triliun

kolam renang
City of Stars (media.luxury-insider.com)

Bila Alfonso del Mar masih belum mengejutkan kamu, maka City of Stars jadi kolam renang paling mahal dan mewah di dunia bila sudah jadi nanti. 

Dibangun pada tahun 2009 di kota Sharm el Sheikh, Mesir, sayangnya masih belum ada tanggal pasti kapan kompleks mewah ini bakal selesai. 

Diperkirakan, jika sudah jadi City of Stars akan memiliki 30 ribu lebih tempat tinggal dan 12 tempat berenang yang menutupi area seluas 8,5 hektar. Air yang digunakan juga memanfaatkan air laut supaya lebih prestisius.

Itulah lima kolam renang termahal di dunia. Dari kelima daftar tersebut mana nih yang paling pengin kamu kunjungi? (Editor: Chaerunnisa)