Terungkap! Bayaran Pertama Komedian Terkaya Ini Ada yang Cuma 25 Perak

Komedian-blog

Sejumlah nama komedian Tanah Air berhasil menjadi artis terkaya dengan sejumlah kekayaan fantastis. Sebut saja, komedian Tukul, Sule hingga Parto.

Siapa sangka, untuk meraih posisinya seperti saat ini, para komedian tersebut harus banting tulang dan benar-benar merintis karier dari nol karena tidak berasal dari dunia keartisan.

Para komedian itu rata-rata mengadu nasib ke Ibu Kota untuk mengubah kondisi mereka agar lebih baik. Meski begitu, mereka tidak serta merta langsung meraih ketenaran dan pendapatan besar, tapi harus menelan pil pahit dibayar secukupnya.

Pendapatan para komedian yang kini kaya raya tersebut bisa membuat kamu tak percaya. Pasalnya, hanya dibayar ribuan perak saja!

Lantas, siapa komedian yang dimaksud? Yuk, ketahui seperti dirangkum Lifepal dari berbagai sumber:

Parto

Komedian
Parto (Instagram/@partopatrio)

Parto “Patrio” mengungkapkan gaji komedian di masa lalunya ketika masih menjadi penyiar di radio Suara Kejayaan (SK).

“Per jam hitungannya, tergantung ada segmen-segmennya, arti kata setiap penyiar ada kelasnya masing-masing, A, B, C, kalau yang A itu satu jamnya Rp 5 ribu, yang B Rp 3 ribu  tahun 1986-1987,” ungkapnya.

Pemilik nama Eddy Soepono itu mengungkapkan hal tersebut saat menghadiri acara reuni akbar radio SK bersama dengan pelawak lawas lainnya yakni, Eko Patrio, Jarwo,  Eman, Obet, dan lainnya di Kopi Sallo Tebet, Jakarta Selatan, Minggu 8 Desember 2019.

Tak hanya mendapat gaji kecil, Parto selain menjadi penyiar juga merangkap bagian administrasi radio RK. Saat itu, pria kelahiran 17 April 1961 tersebut bertanggung jawab merekap jam kerja para penyiar setiap harinya. 

“Jadi disamping ngisi siaran, saya juga administrasi radio, jadi tiap bulan tiap tanggal 28 saya harus rekap jam siaran mereka, perjam kita itung-itungin, abis itu kita ajukan ke direksi,” akunya.

Baca juga: Saingi Tukul Arwana! 3 Komedian Indonesia Ini Tajir Abis

Sule

Komedian
Sule (Instagram/@ferdinan_sule)

Mengaku sudah melawak sejak duduk di bangku sekolah dasar, Sule ternyata hanya mendapat bayaran 25 perak saja. 

Bayaran tersebut diperoleh pemilik nama Entis Sutisna itu dari para teman yang senang mendengarkan lawakan anekdotnya saat itu.

“Dulu saya suka cerita lucu, anekdot. Sama reman-taman, semuanya cewek. Nah mereka senang, terus besoknya bilang ‘Tisna cerita lagi dong‘. Kata saya ‘Enak aja cerita lagi,” ungkap Sule lewat video Youtube berjudul “OM SULE DIBAYAR 25 PERAK SAMPAI JADI KAYA RAYA – DIARY RICIS”.

“Emang gua enggak observasi, cari cerita, anekdot dari pelawak senior’. Akhirnya sepakat lah mereka, patungan seorang Rp 25 perak,” sambungnya.

Ayah Rizky Febrian itu mengungkapkan, dari bayaran teman-temannya itu berhasil mengumpulkan uang sebesar Rp 150 hingga 200 perak.

Itulah dua komedian ternama Tanah Air yang kini sudah tenar dan meraih kekayaan yang tak sedikit. Semoga kiprah mereka bisa jadi pelajaran berarti buat kita semua!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →