Ayo Cek Kompensasi PLN yang Bakal Kamu Terima di Sini!

kompensasi pln

Buat kamu yang bertanya-tanya kapan kompensasi PLN bakal diberikan, ada kabar terbaru nih. Terkait gangguan aliran listrik kepada pelanggan yang terjadi di sejumlah wilayah pada 4 Agustus 2019 lalu, sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) ESDM No. 27 tahun 2017 maka PLN akan memberikan kompensasi sesuai deklarasi Tingkat Mutu Pelayanan (TMP), dengan Indikator Lama Gangguan.

Ternyata, nilai kompensasi yang diberikan tidak sama untuk tiap pelanggan yang terdampak pemadaman tersebut. Adapun nilai kompensasi PLN untuk setiap pelanggan terdampak dapat di cek melalui website resmi PLN yaitu www.pln.co.id

Berikut ini langkah-langkah nya:

  1. Masuk ke website resmi PLN, www.pln.co.id
  2. Klik menu
  3. Klik pelanggan
  4. Klik layanan online
  5. Klik Info kompensasi
  6. Masukkan IDPEL (ID Pelanggan) dan input kode di samping yang ada
  7. Akan muncul estimasi atau perkiraan nilai kompensasi yang didapat pelanggan.

Selain lewat langkah-langkah di atas, pelanggan dapat pula langsung mengunjungi laman tersebut melalui direct link https://layanan.pln.co.id/InfoTmp.html

“Besaran kompensasi yang diterima dapat dilihat pada tagihan rekening bulan September 2019 atau pada bukti pembelian token pertama setelah 1 September 2019 untuk konsumen prabayar,” ujar Vice President Public Relations PLN Dwi Suryo Abdullah.

Kompensasi akan diberikan sebesar 35% dari biaya beban atau rekening minimum untuk konsumen golongan tarif adjustment, dan sebesar 20% dari biaya beban atau rekening minimum untuk konsumen pada golongan tarif yang tidak dikenakan penyesuaian tarif tenaga listrik (Non Adjustment).

Untuk pelanggan prabayar, pengurangan tagihan disetarakan dengan pengurangan tagihan listrik pascabayar.

Khusus untuk pelanggan premium, PLN akan memberikan kompensasi sesuai Service level Agreement (SLA) yang telah ditandatangani bersama.

“Dalam kondisi normal, seharusnya pembayaran kompensasi dibayarkan pada Bulan Oktober. Namun untuk kali ini, kami mempercepat pembayaran kompensasi di bulan September, baik pra bayar maupun pasca bayar.” Tambah Dwi.

Dana sebesar Rp 839 Miliar disiapkan untuk kompensasi PLN

Imbas gangguan listrik pada pekan lalu, PT PLN (Persero) akan membayarkan kompensasi kepada pelanggannya. Dari hitungan sementara, PLN akan membayarkan kompensasi Rp 839,88 miliar kepada 21,9 juta pelanggannya yang terdampak gangguan.

Pelaksana Tugas (plt) Direktur Utama PLN, Sripeni Inten Cahyani menegaskan, PLN berkomitmen membayarkan kompensasi kepada konsumen. 

“Kami komitmen tetap memberikan kompensasi dengann hitungan sesuai perundang-undangan yang berlaku,” tegasnya.

Adapun kompensasi yang diberikan bukan berupa uang tunai, tetapi dalam bentuk perhitungan pengurangan pembayaran listrik yang terhitung pada bulan Agustus 2019.

PLN akan memberikan kompensasi sesuai deklarasi tingkat mutu pelayanan (TMP) dengan indikator lama gangguan. 

Kompensasi akan diberikan sebesar 35 persen dari biaya beban atau rekening minimum untuk konsumen golongan tarif adjustment. 

Kemudian, sebesar 20 persen dari biaya beban atau rekening minimum untuk konsumen pada golongan tarif yang tidak dikenakan penyesuaian tarif tenaga listrik (non adjustment). Penerapan ini diberlakukan untuk rekening bulan berikutnya.

Khusus untuk prabayar, pengurangan tagihan disetarakan dengan pengurangan tagihan untuk tarif listrik reguler. 

Pemberian kompensasi akan diberikan pada saat pelanggan memberi token berikutnya (prabayar). Sementara untuk pelanggan premium, PLN akan memberikan kompensasi sesuai service level agreement (SLA) yang telah telah ditentukan. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →