Pengertian Kredit Kendaraan Bermotor dan Syarat Pengajuan

syarat kredit kendaraan bermotor

Kredit Kendaraan Bermotor atau KKB adalah solusi untuk membeli kendaraan idaman secara mengangsur. Baik itu kendaraan baru maupun bekas. 

Tentu saja, mekanisme ini memang menjadi pilihan banyak orang yang ingin memiliki kendaraan tapi bujetnya mepet. Atau bisa juga buat mereka yang dananya belum terkumpul sama sekali.

Bagi kamu yang ingin tahu tentang seluk beluk dari fasilitas ini, bagaimana cara mengajukannya, dan juga seperti apa, gimana kalau kita simak saja yuk ulasannya di bawah sini. 

Apa itu kredit kendaraan bermotor? 

Secara definisi, KKB diartikan sebagai fasilitas kredit yang diberikan oleh bank atau perusahaan pembiayaan lainnya, untuk pembelian kendaraan baru maupun bekas. 

Khusus untuk kredit kendaraan bekas, bank atau perusahaan pembiayaan yang bersangkutan biasanya menetapkan batasan usia kendaraan yang dapat dibiayai sesuai ketentuan bank. Jadi, gak bisa semua kendaraan bekas bisa dikredit lho ya.

Kredit kendaraan bermotor bisa diajukan oleh perorangan maupun instansi. Jaminan dari pembiayaan ini adalah Buku Pemilik Kendaraan Bermotor alias BPKB.

Salah satu keuntungannya adalah seseorang bisa mendapatkan kendaraan yang mereka mau tanpa harus bayar penuh. Namun, tiap bulannya mereka harus mengangsur cicilan pembelian kendaraan tersebut.

Jenis kendaraan apa yang bisa dibeli lewat KKB?

Kendaraan itu jenisnya banyak, dan gak semua kendaraan yang ada memang bisa dibeli dengan menggunakan fasilitas KKB. 

Kendaraan yang bisa dibeli dengan skema KKB adalah kendaraan roda dua dan roda empat atau lebih. Dalam artian, sepeda motor, mobil, atau kendaraan niaga seperti truk.

Pesawat atau kapal yacht jelas gak bisa dikredit lho ya. Seperti yang dijelaskan di atas, mobil bekas pun bisa namun mobil klasik yang sudah uzur jelas tidak.

Mengapa mobil uzur tidak bisa dikredit? 

Perusahaan pembiayaan dan bank akan menyertakan asuransi kendaraan untuk mobil yang mereka biayai. Nah, mobil yang usianya sudah tua alias uzur akan sulit diasuransikan karena adanya risiko kerusakan yang terlalu tinggi.

Kalaupun ada, usia maksimalnya delapan tahun untuk asuransi all risk dan 15 tahun untuk asuransi total loss only (TLO).

Mobil uzur tentunya sudah banyak jajan karena komponennya juga banyak yang harus diganti. Masuk akal jika asuransi juga gak mau ambil risiko.

Mau tahu preminya? Cari tahu aja yuk dengan Kalkulator Lifepal berikut.

Apa syarat untuk mengajukan kredit kendaraan bermotor?

Ada syarat umum untuk mengajukan kredit kendaraan bermotor ke bank atau perusahaan pembiayaan di Indonesia. Syarat-syarat tersebut antara lain adalah:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) & berdomisili di Indonesia
  • Usia minimum 21 tahun dan maksimum 55 tahun (pada saat kredit lunas)
  • Memiliki pekerjaan dan penghasilan (harus menyertakan slip gaji)
  • Membayar uang muka alias down payment

Namun ada pula beberapa dokumen yang sering kali harus kamu sertakan ketika mengajukan KKB ini. Dokumen itu adalah:

  • Fotocopy KTP Suami dan Istri/Pemohon dan Orang Tua (Jika belum menikah)
  • Formulir Permohonan Pengajuan
  • Fotocopy Kartu Keluarga
  • Fotocopy Kartu identitas (KTP/SIM/Paspor)
  • Slip gaji 3 bulan terakhir
  • Fotocopy Akta Nikah
  • Fotocopy NPWP
  • Tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir (bagi yang memilikinya)
  • Fotocopy rekening koran/tabungan 3 bulan terakhir

Ketentuan kredit kendaraan bermotor

Ada beberapa ketentuan dalam KKB. Beberapa di antaranya sudah dijelaskan di atas yaitu kendaraan yang dibiayai umumnya tidak boleh kendaraan uzur. 

Selain itu, kendaraan yang dimaksud juga merupakan kendaraan roda dua, empat, atau lebih. Asalkan bukan kendaraan udara atau laut. 

Beberapa ketentuan lain yang harus kamu ketahui adalah. 

  • Ada ketentuan soal maksimal plafon kredit yang diberikan perusahaan pembiayaan atau bank. Masing-masing institusi punya plafon yang beragam.
  • Jangka waktu maksimal kredit umumnya lima hingga delapan tahun. 
  • Ada bunga yang harus dibayarkan oleh nasabah kredit.

Biaya apa saja yang muncul saat mengajukan KKB?

Jangan salah, ada beberapa biaya yang bakal muncul dan harus kita bayarkan saat kita mengajukan kredit yang satu ini. Beberapa biaya tersebut adalah.

Gak dimungkiri bahwa pembayaran pertama dari KKB ini memang berat lantaran kamu harus menyiapkan DP, ditambah membayar biaya administrasi, dan angsuran pertama. Besaran premi asuransi akan digabungkan dengan angsuran bulan. 

Jangan lupa juga, bahwasannya akan ada denda yang harus kita bayarkan jika kita telat bayar cicilan. 

Apa akibatnya kalau cicilan KKB itu nunggak?

Sering kali kita mendengar cerita yang menyebutkan bahwa motor seseorang dirampas debt collector karena nunggak bayar cicilan.

Debt collector ini diberi tugas leasing untuk menarik kendaraan yang gagal melunasi angsuran sesuai dengan perjanjian.

Sejatinya, nasabah bisa terhindar dari masalah ini jika memahami apa itu fidusia.

Menurut Undang-Undang Nomor 42 Tahun 1999, fidusia adalah proses mengalihkan hak milik atas suatu benda dengan dasar kepercayaan, tapi benda tersebut masih dalam penguasaan pihak yang mengalihkan.

Fidusia ini masuk ke dalam perjanjian KKB yang kamu tandatangani dengan perusahaan pembiayaan. Fungsinya adalah agar kendaraan yang dikredit bebas dari penarikan debt collector.

Jadi, para debt collector gak akan bisa menarik kendaraan jika kamu membayar fidusia walau cicilan memang lagi macet.

Namun gak sedikit juga leasing atau perusahaan pembiayaan yang nakal dengan tidak mendaftarkan jaminan tersebut ke pihak berwenang, dalam hal ini kantor jaminan fidusia.

Tenang saja, lewat Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 130/PMK 010/2012, tentang Pendaftaran Fidusia, perusahaan pembiayaan atau leasing wajib mendaftarkan jaminan fidusia paling lambat 30 hari sejak perjanjian kredit ditandatangani.

Kalau tidak, maka perusahaan itu bisa dibekukan.

Menurut Peraturan Kapolri Nomor 8 Tahun 2011, tercantum dengan jelas bahwasannya satu-satunya pihak yang berhak menarik kendaraan kredit bermasalah adalah kepolisian.

Deretan kredit kendaraan bermotor dari bank dan perusahaan pembiayaan

Penasaran dengan perkiraan bunga, tenor, hingga minimal uang mukanya? Silahkan cek tabel di bawah ini, yang juga menampilkan informasi kredit kendaraan bermotor BCA, kredit kendaraan bermotor BRI, dan kredit kendaraan bermotor Mandiri Tunas Finance.

Bank / Leasing Suku bunga tahunan Maksimal tenor Minimal DP
Mandiri Tunas Finance (Mobil) Mulai dari 6,95%  5 tahun 20%
BCA Finance (Mobil) Mulai dari 7,25% 5 tahun 30%
Adira Multifinance (Mobil) Mulai dari 8% 4 tahun 30%
BFI Multifinance (Mobil) Mulai dari 10,8% 3 tahun 30%
KKB BRI (Mobil) Mulai dari 6,3%  6 tahun 25%
BNI KPM  Mulai dari 6,5% 5 tahun 25%
Bank Bukopin Mulai dari 6,5% 5 tahun 30%
BRI Agro Mulai dari 8,8% 5 tahun 25%
KKB BRI (Harley Davidson) Mulai dari 5,11% 2,7 tahun 25%

Itulah serba serbi mengenai kredit kendaraan bermotor yang harus kamu ketahui. Intinya, dengan adanya fasilitas ini, gak perlu ngumpulin duit cash sampai puluhan atau ratusan juta Rupiah untuk punya mobil atau motor.

Cukup bayar 25 sampai 30 persennya saja bisa bawa pulang kendaraan yang kamu mau. Tapi ingat, yang namanya kredit ya sama saja seperti utang. Selain itu, utang di bank atau perusahaan pembiayaan jelas ada beban bunganya.

Misalnya kita tertarik dengan kredit kendaraan bermotor Adira, maka perhitungkan juga suku bunga kredit mobil Adira. Kamu juga bisa mempertimbangkan penawaran KKB dari OTO kredit motor atau OTO finance motor, dan juga OTO kredit mobil.

Pastikan saja cicilan bulanan yang kamu bayarkan gak melebihi 30 persen dari total penghasilan ya. Semoga bermanfaat!

Pertanyaan seputar kredit kendaraan bermotor (KKB)