Ini Prosedur Agar Pengajuan Kredit Motor Disetujui

Kredit Motor Bekas

Kredit motor bekas menjadi pilihan banyak orang yang pengin memiliki kendaraan roda dua tapi gak punya cukup uang untuk membeli yang baru. Kredit motor ini merupakan jual beli motor bekas pakai dengan cara dicicil atau diangsur. 

Pemberian kredit ini umumnya dilakukan perusahaan leasing ataupun bank. Pemohon bisa mengajukan kredit motor bekas dengan nilai angsuran yang lebih rendah dibandingkan kredit motor baru.

Alasan memilih pembiayaan motor bekas jauh lebih murah karena harga motor baru yang sudah dipakai akan mengalami depresiasi harga atau penyusutan harga. Kondisi tersebut membuat harga motor  secara umum jadi lebih rendah.

Depresiasi harga motor rata-rata mengalami penurunan antara 20-30 persen per tahun. Sebagai contoh, jika kamu membeli Honda Beat CW tahun 2018 seharga Rp13,5 jutaan, maka di tahun 2019, harganya bisa turun menjadi Rp10,8 juta. Terjadi penyusutan harga sekitar Rp2,7 juta.

Untuk mengetahui lebih jauh tema ini dan bagaimana prosedur pengajuannya, kita ketahui dulu apa itu kredit motor.  

Apa itu kredit motor

Kredit motor adalah kredit atau fasilitas pinjaman untuk membiayai pembelian motor di mana sumber pembayaran kreditnya berasal dari pendapatan pemohon yang dapat diajukan baik secara perorangan maupun instansi dengan maksimum pembiayaan hingga jumlah tertentu dan jaminan BPKB motor yang dibeli.

Konsumen yang mengajukan kredit motor harus membayar suku bunga alias pembayaran ekstra selain uang yang dipinjam untuk membeli kendaraan roda dua tersebut. 

Suku bunga kredit dari setiap bank bervariasi, tergantung kesepakatan dan beberapa faktor lain seperti jenis motor, status keuangan, dan riwayat kredit (iDeb) calon nasabah. 

Sekadar diketahui, iDeb biasa  digunakan lembaga-lembaga keuangan untuk mengukur apakah pengajuan pinjaman disetujui atau ditolak.

Dalam iDeb, ada skor-skor yang menjadi ukuran kualitas kredit debitur. Skor yang bagus bikin seseorang berpeluang besar buat dapat pinjaman nantinya. Sementara kalau skornya buruk, jangan harap pengajuan pinjaman bisa lolos.

Baik atau buruknya skor ini tergantung dari seberapa lancar si debitur membayar cicilan. Kalau lancar, skor kreditnya bagus. Kalau macet, sudah pasti skor kreditnya buruk dan bisa membuatmu sulit meraih kredit. 

Nah, biasanya iDeb diperoleh bila kamu sebelumnya sudah pernah mengajukan produk pinjaman atau keuangan seperti kartu kredit, KTA, KMG, atau KPR. 

Sampai sini, sudah paham dong apa itu kredit motor dan hal dasar yang wajib dipenuhi debitur? So, kita lanjut ke pembahasan berikutnya ya! 

Jenis dan merek motor yang umum dipilih

Sebelum mengajukan kredit motor, baiknya kita ketahui dulu merek sepeda motor apa saja sih yang umum dipilih untuk pengajuan pinjaman.

Sebelum mengajukan kredit motor, tentu kamu harus sudah memastikan motor apa yang ingin dibeli. Pasalnya, berbagai merek dan jenis-jenis motor yang kini hadir semakin pesat dipasarkan.

Dengan mengetahui jenis-jenis motor, konsumen akan memahami spesifikasi dari motor yang akan dibeli sekalipun dengan cara kredit.

Motor bebek 

Motor bebek atau moped yang paling banyak digunakan masyarakat umum. Karena itu, jenis motor satu ini masih terpopuler dan diminati. 

Body motor bebek juga kini didesain modern, dengan banyak varian warna dan fitur mesin. Motor bebek dikenal irit dalam hal bahan bakar. Volume Silinder berkisar 110 cc hingga 120 cc.

Beberapa pabrikan yang memasarkan motor bebek di Indonesia adalah: Yamaha, Suzuki, Honda, dan Suzuki. Masing-masing dari pabrikan merilis beragam seri dan tipe beragam. 

Harga motor bebek lebih murah daripada jenis motor sport dan setara dengan motor matic biasa, yaitu belasan juta rupiah. 

Motor matic

Motor matic yang memiliki transmisi otomatis  yang membuat pengemudi lebih mudah mengoperasikannya. Karena itu, gak heran kalau motor jenis skuter yang memiliki banyak varian ini kini menjadi ‘primadona’ masyarakat. 

Banyak kalangan masyarakat yang mengajukan kredit motor matic. Sebab, harga motor matic masih dapat terjangkau dan jenis motor ini termasuk kendaraan yang praktis. 

Motor matic keluaran pabrikan Yamaha, Suzuki, Honda, dan Piaggio dibanderol dengan harga berkisar antara Rp13 juta hingga Rp30 juta.

Motor sport

Motor yang memiliki kecepatan tinggi ini memiliki karakteristik dalam bentuk fisik yang ‘gagah’.  Motor sport yang memiliki desain body terkesan membungkuk saat berkendara misalnya Kawasaki Ninja, Honda CBR, dan Yamaha R25 .

Motor sport dijalankan dengan transmisi manual dengan mengusung body desain yang modern dan sporty. Untuk Yamaha R25 di Indonesia, motor sport ini dibanderol Rp61 juta hingga Rp68 juta. 

Dalam hal mesin, Yamaha R25 menggunakan mesin 249 CC, 8 Valve, DOHC.Silinder motor bergaya ‘movistar’ ini berjumlah 2. Yamaha R25 menggunakan sistem penghidupan electric starter dan sudah menggunakan teknologi fuel injection system.

Dari ketiga jenis motor yang ada di Indonesia, beberapa merek seperti Yamaha, Suzuki, Honda, dan Piaggio yang umum dibeli masyarakat. 

Lembaga pemberi kredit motor bekas

Lembaga Pemberi Kredit Motor Bekas

Ada dua lembaga keuangan yang memberikan kredit motor dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing. Kedua lembaga tersebut adalah leasing dan bank. 

Karakter kedua lembaga pembiayaan ini memang berbeda. Leasing memberikan kemudahan proses permohonan kredit, tetapi menetapkan bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan bank. 

Sebaliknya, meski permohonannya lebih rumit dan membutuhkan waktu lebih lama, bank sanggup memberikan bunga kredit yang lebih rendah dibandingkan leasing.

Baik pihak leasing maupun pihak bank sudah bekerja sama dengan beberapa diler maupun showroom untuk proses pembiayaan kredit motor, baik baru maupun bekas. 

Tetapi, tidak menutup kemungkinan jika kamu mengajukan permohonan kredit dari pengguna langsung, bukan dari penjual, diler atau showroom motor bekas.

Syarat dan cara kredit motor 

Kredit motor

Kamu bisa menentukan sendiri lembaga pembiayaan yang dipilih. Bisa lewat leasing maupun lewat bank yang kamu pilih. Apapun lembaga pembiayaannya, ada syarat-syarat yang mutlak untuk dipenuhi.

Syarat umum

Pada umumnya, penawaran kredit motor saat ini harus memiliki syarat-syarat sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) & berdomisili di Indonesia.
  2. Umur minimum 21 tahun & maksimum 55 tahun (pada saat kredit lunas).
  3. Memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap per bulan (kebijakan berbeda di setiap daerah).

Syarat-syarat dokumen 

Berikut ini adalah syarat-syarat dokumen yang diperlukan, antara lain:

  1. Foto kopi KTP pemohon minimal 21 tahun / sudah menikah.
  2. Foto kopi kartu keluarga.
  3. Bukti pembayaran rekening listrik atau telepon 3 bulan terakhir.
  4. Slip gaji atau bukti mutasi rekening 3 bulan terakhir.
  5. Membayar uang muka sebesar 20-30 persen.
  6. Usia maksimal saat kredit lunas adalah 55 tahun.

Langkah-langkah untuk pengajuan kredit motor

Setelah semua dokumen sudah lengkap, kini saatnya Anda menyelesaikan urusan teknis.

  1. Menentukan jenis motor yang ingin dibeli, baik lewat diler, showroom atau penjual perorangan.
  2. Hubungi pihak leasing atau bank.
  3. Menentukan DP dan periode cicilan, yaitu 12, 24 atau 36 bulan.
  4. Leasing atau bank akan memberikan simulasi cicilan atau angsuran per bulan sesuai dengan tenor cicilan yang dipilih.
  5. Pilih angsuran yang sesuai dengan kemampuan seperti simulasi yang diberikan.
  6. Mengisi formulir permohonan kredit motor.
  7. Menyerahkan berkas-berkas dokumen yang dibutuhkan.
  8. Petugas akan memverifikasi data-data.
  9. Bank biasanya akan melakukan pemeriksaan BI checking.
  10. Pemohon akan diberitahukan apakah permohonan kreditnya diterima atau ditolak.(Lamanya antara 3 sampai dengan 7 hari kerja).
  11. Jika disetujui, pemohon akan diundang untuk melakukan akad perjanjian pembelian motor secara kredit.
  12. Pemohon menyerahkan down payment (DP) dan membereskan administrasi pembelian motor.
  13. Petugas akan menerangkan informasi tentang jatuh tempo cicilan, besaran nominal cicilan yang harus dibayar, cara membayar cicilan dan denda jika terlambat membayar cicilan.
  14. Setelah selesai, pemohon bisa langsung membawa motor.

Simulasi kredit motor bekas

Kredit motor

Selain seluruh langkah-langkah yang harus ditempuh untuk pengajuan kredit motor, kita lihat juga yuk tabel simulasi kredit lewat lembaga pembiayaan baik bak maupun leasing.

Tabel simulasi kredit lewat bank

Harga motor OTR Rp10.800.000

Uang Muka Rp3.240.000 (30%)

Wilayah DKI Jakarta

Tenor 12 Bulan 24 Bulan 36 Bulan
Angsuran Rp827.000 Rp490.000 Rp383.000

Tabel simulasi kredit lewat leasing

Harga motor OTR Rp10.800.000

Uang Muka Rp2.160.000 (20%)

Wilayah DKI Jakarta

Tenor 12 Bulan 24 Bulan 36 Bulan
Angsuran Rp990.330 Rp593.648 Rp468.304

Keuntungan dan kerugian kredit motor bekas

kredit motor

Beli motor bekas tunai atau  motor baru kredit punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hanya kita yang bisa menentukan mana yang terbaik karena kitalah yang mengetahui bujet dan kebutuhan sendiri.

Yang namanya kredit motor bekas, pasti ada beberapa kerugian maupun keuntungannya. Berikut ini keuntungan kredit motor bekas:

  1. Pajak lebih ringan.
  2. Motor bisa langsung digunakan.
  3. Kualitas motor bekas berkualitas tidak berbeda dengan motor baru.
  4. Harga motor lebih murah, cicilan jadi lebih ringan. 

Sementara itu, beberapa kerugian ketika kamu membeli motor bekas adalah:

  1. Selisih harga kredit lebih tinggi daripada harga tunai.
  2. Perlu menyisihkan biaya tambahan untuk mutasi atau bea balik nama.
  3. Leasing atau bank umumnya tidak menyediakan asuransi motor bekas.
  4. Harus teliti dan tahu kondisi motor bekas dengan baik.

Sekilas saja, cicilan kredit motor bekas terasa ringan dan menguntungkan. Nyatanya, tetap ada risiko yang harus ditanggung terutama bagi kamu yang tidak mengetahui cara mengenali kondisi motor bekas yang sudah tidak layak pakai.

Selain itu, kamu juga tetap harus memperhitungkan beban cicilan yang harus dibayarkan. Idealnya, tidak melebihi sepertiga dari penghasilan. 

Dengan begitu, kamu tetap bisa menjaga cash flow bulanan untuk memenuhi kebutuhan bulanan dengan baik. 

Nah, sebelum mengambil kredit motor, ada baiknya mengecek kondisi kesehatan keuangan kamu secara online dan gratis di fitur Lifepal cek keuangan! (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →