Jalan Panjang Karier Krisdayanti, dari Panggung Festival ke Panggung Politik

krisdayanti

Krisdayanti lebih dulu dikenal sebagai penyanyi. Bahkan, ia disebut-sebut sebagai diva. Bagi penyanyi wanita, diva itu sebutan yang paling bergengsi, karena bakat menyanyinya yang luar biasa. 

Perjalanan karier wanita kelahiran Malang tahun 1975 ini menuju kesuksesan juga gak instan. Ia harus melewati beberapa fase-fase menyulitkan seperti nyanyi dari panggung kecil-kecilan, sampai ikut festival internasional. 

Bahkan, di tahun 2019 ia memutuskan untuk banting setir ke kancah politik. KD, panggilan akrabnya, maju ke Pileg 2019 dari partai PDIP. Berikut ini perjalanan kariernya dari panggung hiburan sampai panggung politik dikutip dari berbagai sumber. 

Baca juga: Kekayaan Mencapai Rp 285 Miliar, Segini Total Outfit Krisdayanti dari Kepala hingga Kaki

Pernah hidup di rumah kontrakan semasa kecil 

krisdayanti
Hijrah ke Jakarta pada tahun 1984. (Instagram/@krisdayantilemos)

Krisdayanti beserta dengan ibu, kakak, dan adiknya hijrah ke Jakarta pada tahun 1984. Saat itu, sang ibu yang kondisinya pas-pasan cuma memiliki uang Rp 350 ribu. Uang tersebut digunakan untuk menyewa rumah petak di Tebet, dan menghidupi keluarga kecilnya itu. 

Beruntung sang ibu diterima bekerja di sebuah salon kecantikan. Mengetahui anaknya memiliki bakat, sang ibu pun memasukkan Krisdayanti ke sebuah sanggar, demi mengasah kemampuan bernyanyinya. 

Dari sanggar itu KD berkesempatan untuk menjadi penyanyi di film Megaloman dan memperoleh upah pertamanya sebesar Rp 15.000. Padahal saat itu usianya baru 9 tahun. 

Baca juga: Begini Potret Betapa Luas dan Megahnya Rumah Krisdayanti, Fantastis!

Ikut ajang pencarian bakat lokal sampai jadi model sampul majalah GADIS 

krisdayanti
Jebolan ajang pencarian bakat yang sukses jadi gadis sampul. (Instagram/@krisdayantilemos)

Bakat menyanyinya pun mulai dikenal luas oleh produser-produser rekaman. KD akhirnya mendapat tawaran untuk meyumbangkan suaranya di lagu-lagu kompilasi oleh James F Sundah, yang juga terkenal sebagai pencipta lagu kawakan. KD juga diminta untuk mengisi soundtrack dari film Catatan Si Emon.

Sejak saat itu keahliannya di bidang tarik suara semakin meningkat. KD didorong untuk mengikuti kontes ajang pencarian bakat tahun Cipta Pesona Bintang tahun 1991 dan jadi juara. Dari ajang ini ia bisa merambah ke dunia modelling dan berhasil masuk ke cover majalah GADIS. 

Baca juga: Daftar 5 Caleg Artis Diprediksi Lolos ke Parlemen, dari Mulan Jameela Sampai Krisdayanti!

Juara Asia Bagus 1992 

krisdayanti
Terbukti punya kelas di level Asia. (Instagram/@krisdayantilemos)

Ajang pencarian bakat dalam negeri saja sepertinya belum membuatnya puas. KD kemudian mencoba keberuntungan dengan mengikuti ajang Asia Bagus. Asia Bagus merupakan ajang pencarian bakat bernyanyi se-Asia. Dalam ajang tersebut, ia bersaing dengan penyanyi-penyanyi dari berbagai negara termasuk dari Indonesia. 

KD berhasil menyabet juara umum berkat penampilannya yang memukau membawakan lagu Learning from Love

Prestasinya kemudian berlanjut di tahun 1993, ia meraih penghargaan FIDOF Awards sebagai The Young Talented Artist di festival Bucharest, Rumania. 

Raih beragam penghargaan sampai bikin konser tunggal 

krisdayanti
Dikenal sebagai salah satu diva Indonesia. (Instagram/@krisdayantilemos)

Karier bernyanyinya terus melesat. Ia berhasil menelurkan lagu-lagu hits dan belasan album. Total album yang berhasil ia tetaskan ada 13, dengan penjualan satu albumnya bisa mencapai 450 ribu kopi. 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Hits-hits terlarisnya adalah ‘Menghitung Hari’, ‘Pilihlah Aku’, ‘Cobalah Untuk Setia’, dan masih banyak lagi. Belum lagi portfolionya bersama 3 Diva. 

Berkat lagu-lagu apiknya yang meledak, ia memperoleh beragam penghargaan bergengsi. Salah satunya adalah AMI Award untuk album pop terbaik, penyanyi wanita terbaik, dan lagu pop terbaik. 

Berkali-kali ia juga telah melakukan konser tunggal. Yang pertama digelarnya di tahun 2001, dan yang terakhir di tahun 2015. 

Lolos jadi Anggota DPR Periode 2019-2024 

krisdayanti
Dalam sebuah kegiatan kepartaian. (Instagram/@krisdayantilemos)

Tahun 2019, Krisdayanti mencoba peruntungan untuk turun ke dunia politik. Ia bergabung menjadi kader PDIP dan menjajal berkontestasi di Pileg 2019. 

KD maju ke Pileg untuk daerah pilih Jawa Timur V yang meliputi Kota Malang, daerah kelahirannya. Alhasil, ia memperoleh suara terbanyak dengan perolehan 120 ribuan suara. 

Sebentar lagi, KD bakal dilantik menjadi Anggota DPR RI periode 2019-2024. 

Itulah perjalanan karier Krisdayanti dari panggung festival ke panggung politik. Hal ini menentukan bahwa masyarakat dari kalangan mana saja bisa dengan bebas maju ke kontestasi politik. Asalkan, yang bersangkutan memiliki tujuan dan niat yang baik untuk mengabdi kepada masyarakat. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →