Para Miliarder Dunia yang Gelontorkan Miliaran Rupiah untuk Lawan Corona

Virus Corona

Hingga kini virus corona masih mengintai dunia. Korban dari virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok ini terus bertambah setiap harinya. 

Bila dilihat dari peta persebarannya, virus ini sudah menyebar ke banyak negara. Gak cuma di Tiongkok saja, virus sudah menjangkit sampai ke Kanada bahkan Singapura. Kalau di Indonesia sejauh ini belum ada yang positif terjangkit, tapi masih suspect corona, alias masih diduga. 

Untuk menangani wabah ini, dibutuhkan biaya yang fantastis. Pemerintah Tiongkok sendiri jor-joran keluarin uang untuk melawan corona. Total anggaran yang mereka siapkan sebesar hampir Rp 2.000 triliun. 

Uang sebesar itu akan dialokasikan untuk berbagai kepentingan termasuk membangun rumah sakit khusus untuk corona di Wuhan. Rumah sakit itu dibangun hanya dalam waktu satu minggu dengan kapasitas 1.000 pasien. 

Karena kasus virus corona ini sudah menjalar kemana-mana, banyak masyarakat dunia yang tergugah untuk memberikan bantuan, termasuk orang-orang terkaya di dunia. 

1. Bill Gates 

Bill Gates (Shutterstock).
Bill Gates (Shutterstock).

Bill Gates melalui Bill and Melinda Gates Foundation menyumbang US$ 10 juta atau sekitar Rp 136 miliaran untuk penanganan virus corona. Distribusi bantuan itu bukan cuma untuk Tiongkok saja, tetapi juga untuk Afrika, dengan besaran US$ 5 juta untuk Tiongkok dan US$ 5 juta untuk Afrika. 

Sumbangan tersebut dialokasikan untuk biaya pengobatan, biaya penyediaan obat-obatan, dan membantu pemerintah setempat untuk meningkatkan fasilitas penunjang lainnya. 

2. Jack Ma 

Jack Ma (Shutterstock).
Jack Ma (Shutterstock).

Orang terkaya kedua di Tiongkok ini menyumbangkan dana sebesar US$ 14 juta atau Rp 191 miliar. Dana sebesar itu bakal disumbangkan sepenuhnya untuk pengembangan vaksin corona yang tengah dilakukan oleh Kementerian Kesehatan Tiongkok. 

Sementara perusahaan yang didirikan Jack Ma, Alibaba telah mengumumkan bakal menghimpun dana sebesar US$ 144 juta atau Rp 1,9 triliunan. Uang tersebut digunakan untuk membantu rumah sakit yang ada di Wuhan guna membeli pasokan medis yang dibutuhkan.

3. Baidu, Tencent, Huawei, dan ByteDance 

Baidu (Shutterstock).
Baidu (Shutterstock).

Raksasa teknologi Tiongkok lainnya seperti Baidu, Tencent, Huawei, dan ByteDance juga turut menyumbang wabah yang terjadi di negaranya itu. Total seluruhnya jika digabungkan mencapai US$ 115 juta atau Rp 1,5 triliunan.

Bantuan akan dialokasikan untuk penelitian obat-obatan dan vaksin, dan membantu pemerintah daerah di Tiongkok yang terdampak. Sementara bantuan dari Huawei digunakan untuk pembangunan rumah sakit darurat di Wuhan.

4. Miliarder Prancis, Bernard Arnault dan Francois Pinault turut gelontorkan jutaan dolar AS 

Bernard Arnault
Bernard Arnault (Wikimedia/Jérémy Barande / Ecole polytechnique Université Paris-Saclay)

Miliarder asal Prancis, Bernard Arnault CEO dari LVMH dan Francois Pinault masing-masing menyumbangkan US$ 2,3 juta atau Rp 31 miliar dan US$ 1 juta atau Rp 13 miliaran untuk membantu penanganan virus corona. 

5. Apple 

Logo perusahaan Apple (Shutterstock).
Logo perusahaan Apple (Shutterstock).

CEO Apple, Tim Cook telah mengumumkan melalui Twitter bahwa perusahaannya bakal menggelontorkan dana bantuan untuk menanggulangi corona di Tiongkok. Maklum saja, Tiongkok merupakan pangsa pasar terbesar bagi mereka. 

Selain itu, sebagian proses produksi mereka juga dilakukan di sana. Jadi gak heran kalau Apple sangat berutang secara keterikatan ekonomi terhadap Tiongkok. 

Tim Cook tidak menjelaskan berapa nominal yang diberikan Apple untuk menanggulangi virus corona. Tapi, mereka telah langganan memberikan bantuan untuk bencana alam di dunia termasuk di Palu, Indonesia tahun 2018 lalu.

Itulah lima orang terkaya dan perusahaan di dunia yang membantu masalah virus corona di Tiongkok. Sebesar apapun nominalnya, bantuan tersebut sangat berguna untuk penanggulangannya.  (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →