Pensiun dari Bulu Tangkis, Lee Chong Wei Memiliki Kekayaan Rp 228 Miliar

Lee Chong Wei

Juara dunia atlet bulu tangkis Lee Chong Wei membuat semua orang kaget dengan keputusannya buat pensiun. Padahal beberapa waktu lalu ia sempat bertekad buat kembali lagi ke lapangan setelah lama beristirahat karena sakit.

“Hari ini sebagian dari kalian mungkin tahu apa maksud saya mengadakan konfrensi pers. Saya pengin mengumumkan untuk pensiun dari cabang olahraga bulu tangkis yang udah membesarkan selama 19 tahun,” seperti dilansir dari The Star Online, Kamis, (13/6/2019).

Banyak pihak sangat menyayangkan keputusannya tersebut lantaran merindukan aksinya memukul shuttlecock di lapangan. Apalagi musuh bebuyutannya yakni Lin Dan masih aktif bermain sebagai atlet hingga sekarang.

Chong Wei juga sangat dekat sama mantan legenda atlet bulu tangkis Indonesia Taufik Hidayat. Hal tersebut terlihat terlihat ketika dirinya mengundang suami Ami Gumelar ke pesta pernikahannya di tahun 2012 lalu.

Selama berkarier 19 tahun di bulu tangkis, Chong Wei berhasil mengumpulkan banyak hadiah dari turnamen dunia yang bergengsi. Gak heran selama berkarier di bulu tangkis Chong Wei memiliki banyak harta alias kaya raya.

Baca juga: Kerajaan Bisnis Atlet Terkaya Sejagad, dari Stripclub Hingga Wiski

Jumlah harta kekayaannya Lee Chong Wei mencapai Rp 228 miliar

Jumlah harta kekayaannya Lee Chong Wei mencapai Rp 228 miliar, (Ilustrasi/Shutterstock).

Dikutip dari Celebrity Net Worth, 19 tahun malang melintang ke berbagai kejuaran dunia membuat Chong Wei bisa mendapatkan hadiah kejuaraan yang gak sedikit. Buktinya total harta kekayaannya yang ia dapatkan sampai tahun 2018 mencapai US$ 16 juta atau setara Rp 228 miliar.

Selain dari uang hadiah ia juga  mendapatkan bayaran dari berbagai sponsor iklan dan apparel yang ia gunakan selama bertanding.

Baca juga: Bikin Melongo, Ini Dia Isi Garasi 6 Atlet Terkaya Sejagad Raya! Jangan Kaget

Menjuarai 42 turnamen BWF Superseries dan 3 kali medali perak Olimpiade

Lee Chong Wei
Menjuarai 42 turnamen BWF Superseries dan 3 kali medali perak Olimpiade, (Ilustrasi/Shutterstock).

Prestasi yang diraih oleh Lee Chong Wei juga gak main-main lho. Semenjak tahun 2000 hingga 2019, pria kelahiran 21 Oktober 1982 di Bagan Serai, Malaysia, ini udah menjuarai 42 turnamen BWF bergelar superseries.

Namun, sayangnya sepanjang kariernya tersebut ia selalu mengalami kegagalan dalam 3 kesempatan final Olimpiade pada 2008 di Beijing, 2012 di London dan 2016 di Rio de Janeiro. Begitupun sama ajang Asian Games, Chong Wei cuma mampu meraih 2 medali perunggu dan 1 medali perak.

Bisa dikatakan fakta tersebut sedikit mengurangi kesempurnaan piala yang telah dikoleksi olehnya.

Baca juga: Serba Hitam, Ini Koleksi Mobil Atlet Terkaya Sejagad Raya yang Lebih dari Rp 59 Miliar

Sempat tersandung kasus doping di tahun 2014

Lee Chong Wei
Sempat tersandung kasus doping di tahun 2014, (Ilustrasi/Shutterstock).

Di usianya yang ke-32 tahun, Lee Chong Wei mau gak mau menjalankan hukuman yang paling ditakuti oleh hampir semua atlet olahraga yakni doping. Saat itu ia dikabarkan mengkonsumsi zat Dexamethasone.

Setelah dilakukan pengujian sampel di negara Norwegia, pria berbintang Libra ini harus berhenti bermain selama 8 bulan.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Hebatnya pasca kasus tersebut Lee masih sanggup kembali ke penampilan terbaiknya dan berhasil menjuarai beberapa kejuaraan dunia lagi seperti All England, Indonesia Open dan Malaysia Open.

Divonis mengidap kanker nasofaring

Lee Chong Wei
Divonis mengidap kanker nasofaring, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gak berhenti-berhenti terkena masalah, di tahun 2018 Chong Wei kembali diguncang musibah yakni divonis kanker nasofaring stadium awal. Karena itu ia kembali harus beristirahat dari dunia bulu tangkis.

Dibandingkan perawatan di Malaysia, proses penyembuhan penyakit berbahaya ini dijalankan olehnya di negara Taiwan.

Namun karena penanganan yang cepat serta tepat Chong Wei berhasil kembali pulih walaupun belum sempat kembali memegang raket.

Nah, itulah sedikit cerita perjalanan karier atlet bulu tangkis Lee Chong Wei yang memiliki total kekayaan mencapai Rp 228 miliar. Biarpun namanya udah gak bersinar seperti dulu kala, prestasi dan nama harumnyta masih tetap berkibar di sejarah bulu tangkis dunia. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →