Liburan Anti Bosan dengan Melakukan 5 Hal Berikut Ini di Lombok

Pantai di lombok

Suka pantai? Mau bersantai menikmati hangatnya matahari dan rasain lembutnya pasir putih di telapak kaki tapi suka males ke tempat yang terlalu ramai turis? Pasti kamu suka Lombok! Surga wisata yang satu ini jadi alternatif kalau Bali terlalu ramai. Lokasinya yang nggak jauh dari Bali bikin para pelancong dalam maupun luar negeri suka ‘mampir’ sejenak setelah puas berlibur di Bali. 

Buat kamu yang penat sama rutinitas sehari-hari, Lombok juga bisa jadi pilihan destinasi wisata buat bersantai sejenak. Ada banyak cara untuk menjelajahi tempat cantik yang satu ini, mulai dari sewa kendaraan sendiri maupun pilih salah satu dari berbagai pulau eksotis yang ada dan menjelajah pakai kendaraan ramah lingkungan, sepeda!

Alternatif lain buat para pelancong yang sekalian liburan ke Bali, kamu juga bisa sewa kendaraan dari Bali dan bawa kendaraan tersebut menyeberang ke Pulau Lombok. Yuk, biar liburan mu di Lombok makin seru, berikut ini OYO kasih 5 rekomendasi aktivitas yang bisa kamu lakukan di Lombok!

Berkunjung ke Desa Sade

desa sade
Salah satu sudut di Desa Sade, Lombok. (Shutterstock)

Desa Sade adalah desa adat Lombok yang masih mempertahankan kemurnian adatnya. Desa ini masih mempertahankan prinsip hidup yang dibangun oleh kerajaan Pejanggik. Kamu bisa bersosialisasi dengan warga lokal dan belajar budaya setempat yang ada. Buat si pemburu tempat-tempat cantik nan instagramable, kamu bisa berfoto buat bagusin feed di depan berbagai bagunan rumah cantik dari era kiwari dengan bentuk rumahnya yang khas.

Penduduk Sade yang terdiri dari kurang lebih seratus kepala keluarga ini memanfaatkan alam sebagai bahan bangunannya. Atap rumah terbuat dari ijuk yang dirancang sedemikian rupa membentuk tulang bambu, lantai yang berasal dari tanah liat yang kerap dibersihkan dengan kotoran kerbau, dan peletakan rumah yang menyerupai lorong-lorong sempit ibu kota dijamin membuat kamu berdecak kagum akan keunikan nya.

Desa ini terkenal di kalangan penduduk lokal dan ada berbagai petunjuk jalan yang bisa diikuti dengan mudah. Untuk masuk ke kawasan desa pun tidak dipungut biaya alias gratis. Hanya saja, buat kamu yang bawa kendaraan pribadi, kamu diwajibkan untuk membayar uang parkir kendaraan.

Selain objek foto bangunan rumah yang instagramable, terdapat juga berbagai fasilitas lain untuk menunjang waktu jalan-jalan kamu seperti masjid, tempat berkumpul, dan pusat oleh-oleh. Ketiga tempat ini dirancang sedemikian rupa dengan konsep Sade, khas dengan genteng yang terbuat dari alang-alang. Jangan lupa untuk membeli souvenir sebagai oleh-oleh khas dari ibu-ibu penenun. Hitung-hitung, sekalian belajar cara tenun sederhana dan bahasa lokal ya!

Bermain Air di Kuta

Pantai Kuta
Pantai Kuta, Lombok. (Shutterstock)

Setelah puas berburu foto adat di desa Sade, kamu bisa melipir tipis ke Kuta. Jaraknya tidak terlalu jauh, hanya satu jam perjalanan dengan berkendara normal. Sepanjang perjalanan kamu akan dimanjakan dengan pemandangan lembah dan perbukitan yang super cantik. Kalau kamu melihat papan bertuliskan “Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika” tandanya kamu udah dekat dengan kawasan pantai.

Pantai ini memang punya nama yang sama dengan pantai Kuta yang ada di Bali. Tapi jangan salah, Pantai Kuta Lombok jauh lebih bersih dan sepi pengunjung. Cocok buat kamu yang mau bersantai sejenak menikmati semilir angin sepoi-sepoi. 

Setelah memasuki KEK Mandalika, ikutin terus jalanan datar dengan proyek pembangunan. Saat memasuki kawasan ini, kamu bakal disuguhi pemandangan berbagai proyek hotel mewah yang tengah dibangun untuk mengembangkan kawasan wisata di sekitar pantai. Buat yang mau memperlancar kemampuan bahasa asing, ini juga tempat yang tepat karena banyak pelancong mancanegara yang ramah dan nggak keberatan kalau kamu ajak ngobrol sebentar lho

Jalanan menuju Pantai Kuta lumayan berbatu sehingga kamu harus berhati-hati. Selain itu, saat musim hujan, banyak genangan air yang menutupi lubang di jalanan. Jadi, kalau kamu bawa kendaraan pribadi harap berhati-hati ya! Pantai satu ini memiliki karakter ombak yang tidak begitu besar. Lokasinya yang berada di teluk membuatnya cocok bagi kamu yang ingin bermain air bersama keluarga. Malas bermain air? Tenang, kamu juga masih bisa menikmati panorama pantai dari pinggiran kok.

Menikmati wisatawan yang berlalu-lalang sembari minum es kelapa atau melihat turis yang asyik bermain surfing bisa juga jadi alternatif waktu santai kamu. Selain itu, di pinggiran pantai juga ada beberapa spot yang terbilang sangat nyaman untuk digunakan menghabiskan waktu. Ada beberapa ayunan dan tempat duduk santai di mana kamu bisa berfoto maupun istirahat sejenak.

Menikmati Keindahan Pantai Tanjung Aan 

pantai tanjung aan
Pantai Tanjung A’an. (Shutterstock)

Nggak jauh dari Pantai Kuta, kamu bisa menikmati keindahan pantai yang nggak kalah cantiknya, yaitu Pantai Tanjung Aan. Pantai ini memiliki dua macam warna pasir, di mana satu wilayah memiliki pasir seperti merica dan satu lagi memiliki pasir putih seperti tepung.

Di tepi pantai, kamu bisa menemukan biduk-biduk yang terparkir di pinggir laut dan pondok bambu sebagai tempat untuk bersantai sambil berlindung dari sengatan matahari. Selain itu, kamu juga bisa mengabadikan momen dengan berfoto di ayunan yang berada di bibir pantai. 

Menikmati Sunset di Bukit Merese

bukit merese
Bukit Merese. (Shutterstock)

Pengalaman yang satu ini dijamin bakal bikin kamu nyesel kalau dilewatkan. Sebagai tips, jangan terlalu capek bermain air di Kuta kalau kamu ingin menikmati matahari terbenam di bukit Merese. Pasalnya, kamu harus menuju pantai Tanjung Aan dan berjalan sekitar 30 menit ke atas. Segala rasa capek mendaki bakal terbayar sama pemandangan yang luar biasa indahnya.

Kombinasi bukit dengan rumput hijau dan background samudera lepas mampu melepas penat di saat perjalanan mendaki. Kalau kamu mau dapat spot duduk yang strategis, usahakan untuk sampai di tempat ini sekitar jam setengah 5 karena terkenalnya tempat ini bikin banyak pengunjung yang berlomba-lomba untuk datang kesini menikmati sunset.

Setelah puas menyaksikan matahari terbenam yang cantik, sebaiknya kamu segera turun untuk kembali ke penginapan karena minimnya penerangan jalan terkadang bikin pengunjung sulit untuk keluar dari area pantai. Biar nggak ribet, usahakan untuk membawa alat penerangan dan jangan jalan sendirian saat turun karena terjalnya jalan akan sangat berbahaya kalau dilalui sendiri.

Menyantap Ayam Taliwang yang Lezat

ayam taliwang
Ayam Taliwang. (Shutterstock)

Kamu mungkin nggak asing sama kuliner yang satu ini. Iya, kelezatan nya terkenal sampai ke luar Lombok. Saat lagi jalan-jalan di Lombok, jangan lupa menyempatkan diri buat menikmati kelezatan ayam bakar khas Lombok ini. Untuk menikmati kuliner ini, sebaiknya kamu langsung menuju kota Mataram karena ternyata nggak banyak tempat di Lombok yang menyajikan makanan ini. Selain lebih banyaknya pilihan dan kualitas rasa yang lebih baik, harga untuk menikmati ayam bakar ini juga lebih terjangkau di kota Mataram. 

Cobalah untuk menikmati kelezatan ayam taliwang di daerah Jl. Pejanggik di pusat kota Mataram. Di sepanjang jalan tersebut terdapat lumayan banyak warung makan yang menjual ayam taliwang. Untuk menikmati seporsi ayam kampung lembut dengan bumbu manis gurih yang pas, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp25.000 hingga Rp40.000.

Dengan bumbu taliwang, ayam kampung muda ini menjadi manis dan sedikit pedas. Level kepedasannya pun dapat dipesan sesuai keinginan lidah kamu. Santaplah ayam dengan nasi hangat lengkap dengan es teh. Dijamin, semakin maknyos

Bermalam di Mataram

Setelah puas jalan-jalan seharian dan mengisi perut, pastinya istirahat di tempat nyaman dengan berbagai fasilitas terjamin bakal jadi penutup jalan-jalan yang terbaik. Saat memilih penginapan, pastikan kamu pilih hotel yang tidak terlalu jauh dari pusat kota sehingga kamu nggak akan kesulitan untuk menemukan berbagai hal pemenuh kebutuhan setelah seharian berjalan-jalan.

Di Mataram, ada beberapa pilihan hotel yang bisa kamu pilih. Pilihlah hotel yang sesuai dengan budget-mu  supaya isi kantong nggak kering setelah liburan. Selain itu, pilihlah hotel yang juga sesuai dengan berbagai kebutuhan liburan kamu. Bacalah deskripsi setiap hotel dengan saksama biar kamu nggak salah pilih hotel yang paling tepat untuk menginap selama berlibur di Lombok. Untuk kamu yang ingin mengenal lebih jauh tentang wisata-wisata di Indonesia, silahkan berkunjung ke OYO Hotels Blog. Di sana kamu akan menemui destinasi menarik yang rekomen sekali untuk didatangi.

Jadi, udah siap buat berlibur ke Lombok?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →