Berapa Bujet Liburan ke Korea Jika Kamu Bawa Anak? Cari Tahu di Sini

Berencana mengajak si kecil liburan ke Korea dalam waktu dekat? Tenang saja, Korea merupakan negara yang past buat dijadikan destinasi wisata. Liburan ke Korea dengan mengajak anak tanpa harus mengeluarkan banyak bujet juga bisa kok.

Negeri Ginseng ini sejatinya bukan cuma ramah anak. Melainkan juga ramah bagi penyandang disabilitas, bersih, dan  aman karena warga setempatnya sangat baik pada wisatawan asing.

Dan gak perlu khawatir soal bahasa, warga Korea Selatan rata-rata jago Bahasa Inggris kok. Tapi yang namanya ngajak anak kecil bukannya biayanya gede ya? Bisa di atas Rp 15 atau Rp 20 jutaan? Ah kata siapa, bisa kok di bawah itu.

Tertarik mengetahui biaya liburan ke Korea Selatan selama delapan hari dengan anakmu, dan gimana caranya liburan dengan hemat ke sana? Yuk simak lebih lanjut ulasannya yang udah dirangkum oleh MoneySmart.id berikut ini:

1. Beli popok di Indonesia

Persiapan popok bayi dari Indonesia sebelum berangkat ke Korea, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sebelum moms mempersiapkan diri untuk beli tiket pesawat dan lainnya, beli popok terlebih dahulu buat si kecil di Indonesia. Mengapa demikian?

Harga popok di sana cukup mahal. Dan ketika kamu liburan ke Korea, tentu gak bakal asyik kalau tiba-tiba harus keluar duit banyak untuk popok si kecil.

Gak lucu kan kalau ternyata moms menghabiskan Rp 300 ribu saja untuk popok.

2. Cari tiket pesawat di LINE

Cari tiket dan promo di sini, (Ilustrasi/Shutterstock).

Terkadang, untuk mencari tiket pesawat untuk liburan ke Korea, seseorang langsung buka Traveloka, Pegi-Pegi, Mr. Aladin, dan sebagainya. Berhubung kamu bakal bawa satu anak, coba deh manfaatkan LINE untuk mencari informasi tiket murah di travel agent.

Jangan salah, kamu bisa dapat harga tiket pesawat ke Negeri Ginseng itu cuma Rp 4,5 juta lho. Sebut saja dengan maskapai sekelas Royal Brunei. Tapi dengan catatan anakmu masih berusia kurang dari dua tahun.

Akan tetapi, jangan pesan tiket sebelum kamu apply Visa dulu ya. Single (1 orang) untuk ke Korea harganya Rp 500 ribuan, dan jika kamu berangkat bersama anak maka kurang lebih biayanya visanya Rp 1 jutaan.

3. Tinggal di Myeong Dong

Kota ini pas buat liburan ke tempat dengan harga penginapan yang murah, (ilustrasi/Shutterstock).

Buat penginapan, ada baiknya moms dan dad menginap di Myeongdong, Seoul. Mengapa di sana? Karena harga penginapan di sana gak terlalu mahal.

Jika moms membawa si buah hati, maka menginap di Hostel du Temps Passe yang harganya Rp 700 ribu semalam bisa jadi pilihan. Hotel ini bentuknya mirip Ibis tapi uniknya di hotel tersebut ada dapur dan bentuknya seperti apartemen belum lagi tempat tidurnya juga sangat besar.

Jika Rp 700 ribu permalam maka dalam delapan hari tujuh malam, kamu bakal keluar biaya Rp 2,8 juta untuk penginapan.

4. Atur bujet makan seperti ini

Atur bujet makan selama di korea, (Ilustrasi/Shutterstock)

Nah, biaya makan selama liburan ke Korea juga harus dipikirkan. Kadang biaya ini bisa bikin kantong moms jebol tanpa disadari lho.

Buat makanan si kecil, kamu bisa membelikannya nasi instan yang ada di minimart seperti E-Mart, Sevel, atau CU. Harganya 2.500 Won atau setara dengan Rp 13 ribu.

Jangan anggap nasi instan di sana itu gak sehat lho ya. Nasi itu memang praktis, bisa disantap usai dipanaskan, namun nasinya pulen lho. Udah gitu lauknya juga sedap, pasti si kecil doyan deh.

Jika kamu tinggal di Myeongdong, buat makan bersama si kecil di restoran kamu bakal kena biaya paling tidak 15 ribu Won atau Rp 190 ribuan. Buat kamu yang ingin mencari restoran halal setempat, kamu bisa mengunjungi Busan Jib yang menunya seperti restoran Chung Gi Wa di Jakarta.

Sementara itu, jajanan street food di sana juga gak mahal banget, untuk Topoki (rice cake) harganya Rp 60 ribuan dan tempura Rp 13 ribu. Udangnya juga besar-besar, si kecil pasti suka.

Jadi, agar lebih hemat anggarkan saja biaya sebesar Rp 250 ribu sehari untuk makan. Jangan keseringan makan di restoran ya nanti cekak. Jika Rp 250 ribu sehari maka untuk delapan hari kamu bisa menghabiskan Rp 2 juta.

5. Anggarkan Rp 700 ribu untuk biaya transportasi

Siapkan bujet buat transportasi biar si kecil nyaman, (Ilustrasi/Shutterstock)

Selama liburan ke Korea, gak usah khawatir buat  jalan-jalan tanpa tour guide. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi Kakao Metro. Aplikasi ini berisikan informasi rute transportasi selama di sana, so ada baiknya sebelum berangkat kamu bikin itinerary dulu ya.

Biaya transportasi umum di sana lumayan terjangkau. Sarana transportasinya juga sangat memadai, gak kayak di Indonesia. Ngajak si kecil naik bus juga asyik tentunya.

Ongkos naik MRT di sana Rp 2.500, sementara itu bus Rp 13 ribuan. Jangan salah, warga Korea itu hobi jalan kaki, jadi jangan kaget kalau tiba-tiba seseorang warga di sana bilang kalau 700 meter itu jarak yang dekat dan bisa ditempuh dengan jalan kaki.

Untuk taksi, biayanya Rp 30 ribuan buat jarak kurang lebih 1 km, jangan keseringan ya kecuali jika mau jalan malam hari.

6. Jangan tergiur pakai pocket wifi

Selama liburan di Korea sebisa mungkin manfaatkan public wifi, (Ilustrasi/Shutterstock).

Salah besar kalau kamu berniat menyewa pocket wifi di bandara selama ada di sana. Pocket wifi harganya Rp 40 ribuan sehari, dan kalau disewa otomatis keluar duit gede selama delapan hari.

Untuk berkomunikasi di sana, manfaatkan saja public wifi. Di mana-mana ada wifi kok, dan kalau memang kamu berniat menghubungi saudara di Indonesia, bisa Whatsapp Call saja bukan?

7. Fokuskan untuk jalan-jalan ke tempat wisata saja

Liburan ke Korea dengan mengunjungi objek wisata menarik di sana, (Ilustrasi/Shutterstock).

Belanja boleh-boleh saja, tapi sayang dong kalau liburan ke Korea cuma buat belanja. Nikmati juga obyek wisata di sana selama delapan hari.

Kamu bisa ke Nami Island, Istana Gyeongbokgung, dan N Seoul Tower buat melihat pemandangan yang indah. Dengan uang sebesar 25 ribu won atau Rp 325 ribuan, kamu udah bisa membeli tiket masuk ke tiga tempat itu. Gak usah khawatir, anak kecil masuknya gratis kok.

8. Bujetkan Rp 2 juta saja untuk belanja

Siapkan bujet buat belanja selama di sana, (Ilustrasi/Shutterstock).

Moms gak mungkin gak beli oleh-oleh atau barang-barang menarik selama di sana bukan? Nah, asal kamu tahu nih harga pakaian yang dijual di sini bisa lebih murah ketimbang harga makanan lho.

Bayangin saja, t shirt harga 5 ribu won atau Rp 65 ribu saja sudah bagus banget. Seperti kaos-kaos seharga Rp 100 ribuan di sini.

Beruntung banget kalau kamu dan anakmu menginap di Myeongdong selama liburan. Myeongdong terkenal dengan shopping streetnya yang mirip Pasar Baroe di Jakarta, semuanya bisa ditawar!

Kalau mau ke tempat pusat oleh-oleh lainnya, moms bisa ke Insadong. Di sana harganya juga lebih murah.

Jika memang pada kesempatan kali ini kamu ingin berburu make up. Manfaatkan saja mumpung di sana. Produk-produk seperti Nature Republic, Laneige, harganya jauh lebih murah di Korea lho. Bahkan bisa 50 persen lebih murah ketimbang yang dijual di Jakarta!

Seperti itulah cara moms liburan ke Korea dengan anak. Bila ditotal-total, pengeluaranmu di sana adalah Rp 13.325.000

Cukup hemat tentunya jika biaya pengeluarannya sebesar itu, lantaran ketika membawa buah hati otomatis pengeluaran kita bisa bengkak tiba-tiba. Dan di sana, toko-toko menerima pembayaran kartu kredit kok. Tertarik untuk mencoba?  (Editor: Mahardian Prawira)

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis