Liburan ke Malang dengan Bujet Rp 3 jutaan? Gini Caranya

liburan ke Malang

Bukan hal yang mustahil untuk liburan ke Malang hanya dengan bujet Rp 3 jutaan saja. Dan kamu juga bisa mengunjungi objek wisata yang terkenal dan ngehits lho.

Kota yang terletak di wilayah Jawa Timur ini gak cuma terkenal karena bakwan, bakso, Cwie Mie, pecel pincuk, dan soto lomboknya. Tapi juga wisata yang legendaris dan ngehits banget.

Nah, dengan Rp 3 jutaan saja, kamu sudah bisa senang-senang di kota yang satu ini kok. Tapi pertama-tama, harus diperhatikan dulu lho bahwa masalah bujet ini harus dihitung-hitung dulu ya. Jangan dipikirin secara dadakan.

[Baca: Biaya Liburan Dadakan Gampang! Yuk Akali dengan 6 Trik Ini Biar Gak Batal]

Anggap saja kamu mau ke sana selama empat hari tiga malam. Kurang lebih begini hitung-hitungan pengeluaranmu untuk liburan ke Malang.

1. Tiket pesawat Lion Air

liburan ke malang
Naik Lion Air saja, murah (Tribunnews)

Buruan cek tiket pesawat di Traveloka sekarang. Dari Jakarta ke Malang itu tiket Lion Air penerbangan pertama tanggal 29 Maret 2018 di dibanderol di harga Rp 774 ribu. Tapi untuk tiket pulangnya agak sedikit mahal, yaitu Rp 1.081.000. Kalau ditotal jadi Rp 1.855.000.

[Baca: Mau Naik Pesawat untuk Pertama Kali? Ini Panduan Lengkapnya]

2. Menginap di homestay dan biaya makan

Untuk empat hari tiga malam, usahakan saja menginap di homestay. Kamu bisa cek informasi hotel terdekat di Airy Rooms. Di situs itu, ada kok yang harga penginapannya cuma Rp 150 ribu per hari.  Rp 150 ribu x 4 hari = Rp 600 ribu.

Nah, ngomong-ngomong soal biaya makan nih, pengeluaran yang satu ini memang bisa bikin kantong jebol tanpa kamu sadari.

Selalu ingat lho, kamu di sana mau liburan ke tempat wisata, bukan mau wisata kuliner doang. Lebih baik anggarkan Rp 300 ribu buat makan empat hari. Pilih tempat yang murah meriah di pinggiran, asal bersih sih aman.

3. Sewa motor

Buat transportasi di sana, sewa motor saja. Pilih saja Chibi Rental, kamu bisa sewa Yamaha Mio dengan harga sewa sehari Rp 70 ribu. Sudah termasuk helm dan jas hujan lho. Rp 70 ribu x 3 hari = Rp 210 ribu.

Sementara itu buat bensinnya ya coba dianggarkan saja sekitar Rp 200 ribu selama kamu ada di sana. Pasti cukup kok, wong Yamaha Mio itu termasuk skutik yang irit bensin.

[Baca: Adu Jago 3 Motor Matic Terbaru Seharga Rp 15 Jutaan]

4. Jatim Park

liburan ke malang
Jatim Park (Tribunnews)

Jawa Timur Park alias Jatim Park mungkin bisa jadi objek wisata pertama yang kamu kunjungi saat liburan ke Malang. Alamat Jatim Park ada di Jl. Kartika No.2,Kota Wisata Batu.

Nah kalau kamu berangkat pas weekdays, maka tiket masuknya bakal diskon 30 persen. Untuk masuk ke Jatim Park 1 kamu cuma perlu bayar 70 ribu saja, sedangkan ke Batu Secret Zoo Rp 84 ribu. Adapun tiket Museum Angkut seharga Rp 70 ribu. Di sana juga ada tiket terusan juga, nah lebih lengkapnya kamu kunjungi saja situsnya.

Berhubung masing-masing zona di Jatim Park ini sifatnya berbayar, maka gak perlu datang ke semua theme park atau zonanya ya. Anggarkan saja Rp 200 ribu untuk berwisata di sini.

5. Gunung Bromo

liburan ke malang
Gunung Bromo (Detik)

Jika kamu menjadikan Jatim Park sebagai destinasi pertama, di hari kedua kamu bisa jalan-jalan dulu ke Gunung Bromo. Nah letak gunung berapi ini sejatinya ada di antara empat kabupaten, yaitu Malang, Lumajang, Pasuruan, dan Probolinggo. Kalau dari malang, ya perjalanan yang kamu tempuh kurang lebih 53 kilometer.

Harga tiket masuknya pun gak mahal, cuma Rp 32.500. Jika kamu bawa motor, ongkos parkirnya juga cuma Rp 5 ribu perak. Kalau kamu memang memutuskan untuk naik motor, maka rute yang kamu lewati adalah Malang – Lawang – Purwosari – Pasar Nongkojajar.

Pastikan badanmu fit ya buat perjalanan ini. Dan sebisa mungkin, sampai di sana cari saja penginapan untuk bermalam. Cari yang harganya Rp 150 ribuan, ada kok di sekitar sana.

Sudah tahu dong soal bagaimana keindahan Gunung Bromo ini. Pokoknya wisata ini wisata yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Malang. Wisata ini dikelola oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). So, mereka juga punya aturan khusus buat wisatawan di sana. Mampir aja ke situsnya untuk cari tahu lebih lanjut.

6. Gunung Semeru

liburan ke malang
Gunung Semeru (Liputan 6)

Setelah ke Bromo pengin main ke Semeru, masih bisa kok. Wong wisata Semeru juga dikelola oleh TNBTS juga. Letaknya juga gak jauh dari Bromo, dan sudah dinobatkan sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Tiket masuknya Rp 17.500, namun ada kabar yang menyebutkan bahwa pendakian gunung yang satu ini sedang ditutup terhitung dari 1 Januari 2018. Penutupan itu disebabkan karena ada upaya pemeliharaan ekosistem di sepanjang jalur pendakian.

Kapan bakal dibuka lagi? Sampai sekarang belum ada info. Tapi sepertinya bulan Maret ini belum dibuka.

7. Balik ke Malang dan beli oleh-oleh

Setelah kamu puas ber-selfie ria dan menikmati pemandangan indah di Bromo atau Semeru, kini saatnya kembali ke Malang dan beristirahat sampai akhirnya kamu pulang. Jangan lupa, motor yang kamu sewa dibalikin ke rental ya.

Pastinya, orang-orang di rumah dan teman-teman kantor bakal menunggu oleh-oleh dari Malang darimu. So, anggarkan saja Rp 200 ribu untuk beli oleh-oleh ya. Kamu bisa membelinya di Pao Telo, Lancar Jaya Souvenir Store, atau Pusat Oleh-Oleh Khas Malang Karina.

Total biaya liburan ke Malang

Itu tadi perkiraan pengeluaran yang harus kamu perhatikan saat liburan ke Malang. Sekarang yuk kita hitung berapa totalnya.

– Tiket pesawat pulang pergi: Rp 1.855.000
– Sewa motor : Rp 210.000
– BBM: Rp 200 ribu
– Penginapan: Rp 600 ribu
– Makan: Rp 300 ribu
– Oleh-oleh: Rp 200 ribu
– Wisata Jatim Park: Rp 200 ribu
– Wisata Gunung: Rp 55 ribu

Total: Rp 3.620.000

Jadi dengan Rp 3,6 jutaan, kamu bisa menghabiskan empat hari di Malang dengan destinasi wisata terfavorit. Gimana, cukup menyenangkan bukan? Apalagi tanggal 30 Maret 2018 itu long weekend. Jadi PR kamu ya cuma harus ngajuin cuti satu hari saja, yaitu hari Kamis.

Apa kiranya bujet di atas masih kemahalan? Atau mungkin kamu punya ide lain ketika berlibur ke Malang dengan bujet terbatas? Yuk share ke DuitPintar.

[Baca: Kantong Pas-pasan Tapi Mau Liburan? Ikuti 10 Trik Liburan Murah Ini]

Tags:

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis