Habiskan Liburan Tahun Baru Bersama Keluarga, Ini 5 Tempat Wisata di Joglosemar

Liburan Tahun Baru

Liburan Tahun Baru

Mau ajak keluarga liburan tahun baru tapi bujet cuma sampai Joglosemar (Yogyakarta, Semarang, Solo)? Tenang! Karena, ada banyak banget pilihan wisata buat kamu merayakan tahun baru di sana.

Ada banyak banget pilihan yang bisa ditemui jika traveling di Joglosemar. Mau pantai, gunung, danau sejuk, hingga wisata kota bisa kamu datangi buat merayakan tahun baru dengan orang terdekat.

Biar makin seru, jangan lupa buat mengabadikan kemeriahan lewat lensa kamera. Jadi, pulang liburan tahun baru, ada banyak momen yang bisa diingat maupun diceritakan lagi.

Nah, penasaran gak sih, mengutip laman Pegipegi, ini dia 5 tempat wisata seru di sekitar Joglosemar buat merayakan tahun baru kali ini. Simak, yuk!

Pantai Parangkusumo, Yogyakarta

Liburan Tahun Baru
Pantai Parangkusumo, Yogyakarta (Shutterstock).

Liburan ke Yogyakarta nggak lengkap kalau belum berburu pantai cantik. Di kawasan Kabupaten Bantul, terdapat satu pantai yang cukup menarik perhatian banyak wisatawan, Pantai Parangkusumo. 

Berada di jalur pantai selatan Jawa, nggak cuma panorama yang bikin Pantai Parangkusumo terkenal. Tetapi justru kisah tentang Kanjeng Ratu Roro Kidul yang menarik untuk dikulik kala main ke pantai ini. 

Di sini, kamu bisa melihat keunikan dari dua buah batu legendaris, Cepuri Parangkusumo. Soal panorama, kamu bakal disuguhkan hamparan pantai pasir putih yang menawan. Deburan ombak yang dahsyat berpadu dengan cuaca tropis khas Pulau Jawa menjadikan Pantai Parangkusumo sebagai salah satu tempat berburu foto Instagramable.

Jalan Malioboro, Yogyakarta

Liburan Tahun Baru
Jalan Malioboro Yogyakarta (Shutterstock).

Jalan Malioboro jadi daya tarik tersendiri bagi para turis yang tengah berlibur. Yap, sepanjang jalan yang menghubungkan Stasiun Tugu dengan pintu masuk Alun-Alun Malioboro, berjejer ratusan toko pernak-pernik tradisional. 

Mulai dari pernak-pernik tradisional seperti batik, blangkon, keris hingga kaos ala distro lokal, Dagadu, bisa kamu dapatkan dengan harga yang terjangkau. 

Lumayan kan buat oleh-oleh sanak saudara hingga teman di kota asal. Nah, di ujung jalan Malioboro, terdapat area taman dekat Istana Presiden yang bisa kamu manfaatkan buat bersantai sambil menikmati suasana damai khas Yogyakarta.

Kebun Teh Kemuning, Karanganyar

Tepatnya di Kabupaten Karanganyar, Kebun Teh Kemuning di desa Kemuning, kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar siap memanjakan liburan kamu bersama orang terdekat. Hamparan luas kebun teh hijau berjajar rapi mengitari bukit Ngargoyoso beradu serasi dengan suhu udara sejuk berkisar 21 derajat di siang hari. 

Mirip dengan Kebun Teh di Puncak Bogor, Kebun Teh Kemuning terasa jauh lebih sunyi lantaran namanya belum terlalu dikenal masyarakat luas. Lelah berpetualang di Kebun Teh Kemuning? Itu saatnya buat kamu beristirahat sejenak. Nah, searah jalan pulang, kamu bakal bertemu sebuah kedai ngeteh yang cukup asyik, Rumah Teh Ndoro Donker.

Taman Sriwedari, Solo

Taman Sriwedari adalah sebuah taman di Kecamatan Lawiyan yang identik dengan unsur sejarah. Dahulu kala, taman ini disajikan sebagai tempat rekreasi keluarga kerajaan. Karena Sultan Pakubuwono X terinspirasi mitos tentang keberadaan sebuah taman di surga. 

Sekarang, siapapun bisa datang kemari untuk berwisata. Makin lama, pengunjungnya makin ramai, apalagi di sana ada Gedung Wayang Orang Sriwedari yang mempertunjukan kesenian wayang dengan tema cerita Mahabrata dan Ramayana. Di sana juga banyak fasilitas hiburan untuk semua umur, restoran kecil, dan stand penjualan souvenir.

Bukit Gombel, Semarang

Terletak di Undip Tembalang, Banyumanik, Bukit Gombel menawarkan panorama Semarang dari atas. Dari atas bukit, kamu bisa menikmati pemandangan kota Semarang yang cantik. Seperti kawasan Puncak, Bogor, Bukit Gombel di Banyumanik ini dikelilingi oleh deretan hutan pinus yang lebat. 

Sesekali embun jatuh dari kabut yang mengitari Bukit Gombel di pagi hari dan malam hari. Banyak warga Semarang menghabiskan akhir pekannya dengan berkumpul di sekitar Bukit Gombel buat bersantai. Banyak spot strategis dengan view langsung khas Semarang Atas yang bisa kamu pilih, mau yang menghadap kota Semarang atau kawasan Ungaran.

Nah itu tadi beberapa objek wisata menarik di Joglosemar yang bisa kamu kunjungi saat liburan tahun baru. Meski dalam suasana liburan, ada baiknya tetap jangan boros ya. Apalagi sampai menggunakan tabungan untuk berfoya-foya selama liburan. Jangan sampai jatuh miskin di awal tahun ya! Tetap bijak dalam mengelola keuanganmu meski sedang berlibur. Semoga bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis