10 Benda Ini Jadi Barang Berharga Jika Jabodetabek Blackout Lagi, Apa Aja?

Listrik-Padam-Ilustrasi-by-Shutterstock.

Peristiwa listrik padam di Jabodetabek yang berlangsung pada 4 Agustus 2019 tentu menjadi momok bagi kita semua. Wajar saja, gak sedikit dari kita semua yang harus hidup tanpa listrik selama lebih dari satu hari.

Akan tetapi, peristiwa itu ternyata membawa berkah terhadap beberapa pedagang. Tentunya bukan pedagang ikan hias, frozen food, atau online lho ya, melainkan pedagang barang-barang yang di sebutkan di bawah ini.

Asal kamu tahu, barang-barang yang ada di bawah ini mendadak jadi barang berharga saat blackout. 

Ingin tahu apa saja? Yuk simak di bawah sini.

Baca juga: Kalau Jabodetabek Blackout Lagi, 7 Usaha Kecil Ini Bisa Rugi Bandar

1. Genset

Listrik Padam
Genset (Shutterstock).

Generator set atau yang akrab disapa genset memang menjadi barang berharga saat listrik padam. Pasalnya, genset menjadi satu-satunya alat yang bisa menghasilkan energi listrik ketika PLN gak bisa diandalkan. 

Listrik yang bisa dihasilkan oleh genset cukup beragam, ada yang 600 watt, dan 1.500 watt. Harganya pun cukup variatif, dan bahan bakarnya adalah diesel.

Lumayan lah buat nyalain beberapa lampu di rumah. Setidaknya gak gelap-gelap amat. 

2. Panel surya

Listrik Padam
Panel Surya (Pixabay).

Nama perangkat yang satu ini juga mulai disebut usai insiden blackout Jabodetabek. Tapi apakah dengan pakai panel surya, kita bisa gak tergantung lagi dengan listrik PLN?

Jawabannya bisa “ya” tapi bisa juga “tidak.” Mengapa demikian?

Ketika pemadaman listrik terjadi di malam hari, kamu tetap gak bisa menikmati manfaat dari perangkat yang satu ini. Karena ya mau gimana lagi, sumber energi listriknya memang gak ada.

Tapi keuntungan lain dengan memiliki panel surya adalah, kamu bisa jual listrik ke PLN. Kok gitu?

Intinya, listrik PLN akan tetap dikonsumsi. Namun ketika konsumsinya berada di bawah produksi listrik dari sistem solar panel, maka jumlah kelebihan pasokan listrik dari PLN akan dicatat untuk pemotongan biaya tagihan bulan depan. Hemat kan.

Baca juga: Wow, Indonesia Masuk 5 Besar Negara Pencetak Startup Terbanyak di Dunia!

3. Lampu darurat

Listrik Padam
Lampu Darurat (Pixabay).

Lampu yang satu ini juga bakal jadi barang berharga saat listrik padam. Hal itu disebabkan karena, penggunaan lilin atau lampu teplok di dalam rumah memang gak efisien, selain itu juga cukup berbahaya.

Lampu ini sejatinya harus diisi daya dulu. Setelah dayanya sudah terisi penuh, maka bisa digunakan sebagai alternatif penerangan di rumah.

Walaupun gak seterang lampu biasa, akan tetapi lampu darurat sifatnya lebih praktis. Bisa dibawa kemana-mana.

4. Lampu tenaga surya

Listrik Padam
Lampu tenaga surya (Pixabay)

Kalau ini, biasanya ditaruh di taman depan rumah. Saat listrik padam seperti yang terjadi tanggal 4 Agustus lalu, lampu tenaga surya akan menjadi satu-satunya lampu yang menyala saat lampu di jalanan di komplek rumah yang padam.

Tentu saja, keberadaan lampu tenaga surya akan sangat membantu para pejalan kaki. Dan penghuni rumah di komplek.

Baca juga: 3 Binaragawan Indonesia Ini Sukses Berbisnis, Salah Satunya Agung Hercules

5. Senter

Listrik Padam
Senter (Pixabay).

Barang yang satu ini, wajib ada di setiap rumah entah dalam kondisi saat mati listrik atau tidak. Mau gimana juga, ketika mati lampu terjadi di malam hari, barang pertama yang kita cari tentunya adalah senter. 

Bukan lampu petromak, lilin, dan lain sebagainya. 

7. Kipas angin darurat

Listrik Padam
Kipas angin darurat (Pixabay).

Mati listrik tentu membuat AC di rumah kita jadi gak berfungsi. Oleh karena itu, butuh satu perangkat yang bisa membuat udara jadi lebih sejuk. Solusinya adalah kipas angin. 

Gak semua kipas angin harus menggunakan aliran listrik lho. Masih ada kipas angin yang bisa diisi daya dengan USB atau dengan baterai sekalipun.

8. Baterai

Listrik Padam
Baterai (Pixabay).

Nah, gimana senter atau kipas angin darurat bisa nyala kalau gak ada baterainya. Otomatis baterai juga bakal laris saat mati listrik. 

Jenis baterai yang sering digunakan di senter atau lampu darurat, umumnya adalah baterai berukuran besar dan kecil. Bukan baterai kotak. 

9. Power bank

Listrik Padam
Power bank (Pixabay)

Gimana mau charge ponsel kalau listrik padam? Satu-satunya cara ya dengan menggunakan power bank.

Mau gak mau, kamu harus rutin mengisi daya listrik di powerbank kamu setiap saat. Tujuannya tentu agar selalu bisa digunakan kapanpun juga. 

10. Lilin

Listrik Padam
Lilin (Pixabay).

Hayo siapa yang pakai lilin pas mati listrik di rumah? Lilin memang bisa dibilang cukup riskan, karena bisa memicu terjadinya kebakaran. Oleh karena itu, penggunaannya harus ekstra hati-hati.

Tapi jangan salah, pedagang makanan di pinggir jalan yang buka di malam hari, masih memanfaatkan lilin sebagai penerangannya lho. Kalau di sana mah aman deh, wong lokasinya juga semi outdoor.

Itulah 10 barang yang bakal dicari orang saat listrik padam. Apakah kamu sempat memburu salah satu di antaranya kemarin? (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →