Ada yang Rp 17 Triliun, Cuma Logo-Logo Perusahaan Ini yang Harganya Mahal Banget

logo perusahaan

Kalau mendengar barang-barang supermahal itu menjadi hal yang biasa. Tapi pernahkah kamu mendengar logo-logo perusahaan yang nilainya fantastis? Dari sekian banyak logo perusahaan di dunia, ternyata ada lho beberapa yang nilainya sangat berharga banget.

Kita sama-sama tahu kalau logo itu sangat penting perannya dalam meningkatkan awareness publik pada perusahaan. Makanya jangan heran kalau ada desainer yang memasang tarif mahal banget buat menghasilkan sebuah logo.

Sebab, logo perusahaan yang dikenal banyak orang bisa mendorong peningkatan bisnis dari perusahaan itu sendiri. Itulah alasannya kenapa logo itu perlu dimiliki suatu perusahaan.

Lalu, apa aja logo-logo perusahaan yang harganya sangat-sangat mahal di dunia? Dikutip dari A Nerd’s World, berikut ini daftarnya.

Baca juga: Untung Triliunan Rupiah, Ini Daftar Perusahaan Batu Bara Terbesar di Indonesia

1. Symantec – Rp 17 triliun

logo perusahaan
Logo Symantec. (logocurio.us)

Perusahaan yang dikenal sebagai produsen antivirus ini ternyata punya logo perusahaan yang harganya sangat fantastis. Logo Symantec yang identik dengan simbol checklist ini dihargai si desainer dengan US$ 1,28 miliar yang kalau dirupiahkan sekitar Rp 17 triliun.

Logo yang kini dipakai Symantec sebenarnya merupakan logo yang didesain ulang. Hal ini tampak dari warna khasnya yang masih dipertahankan, yaitu warna hitam dan kuning.

Symantec sendiri emang dikenal sebagai perusahaan pembuat software yang menyediakan cybersecurity software. Perusahaan yang didirikan pada 1982 ini mencatatkan pendapatan yang terbilang fantastis tahun 2017, yaitu US$ 4,019 miliar atau Rp 56 triliun.

Baca juga: Pengin Perusahaanmu Tetap Eksis, Jangan Sepelekan Posisi CSR

2. British Petroleum – Rp 2,96 triliun

logo perusahaan
Logo BP. (pngkey.com)

Begitu juga dengan logo British Petroleum atau BP. Logo perusahaan ini dihargai US$ 211 juta atau sekitar Rp 2,96 triliun.

Perusahaan multinasional yang baru-baru ini membuka SPBU di Indonesia melakukan rebranding logonya. Selain itu, BP juga memiliki tagline baru, yaitu “Beyond Petroleum”.

Dengan menghadirkan logo baru ini, BP pengin menunjukkan citra mereka sebagai perusahaan yang punya kepedulian terhadap lingkungan dengan mencari sumber energi ramah lingkungan yang berkelanjutan.

Rupanya apa yang mau ditunjukkan BP ini berhasil. Menurut survei Green Brands 2007, BP dianggap berhasil mencitrakan dirinya sebagai green company dibanding perusahaan-perusahaan minyak lainnya.

Baca juga: Facebook Masih Berjaya, Kakak Mark Zuckerberg Pilih Hengkang, Kenapa?

3. Accenture – Rp 1,4 triliun

logo perusahaan
Logo Accenture. (foodcycle.org.uk)

Di posisi selanjutnya ada Accenture yang punya logonya termahal di dunia. Logo perusahaan ini bernilai US$ 100 juta atau sekitar Rp 1,4 triliun.

Logo yang dipakai ini merupakan rebranding logo sebelumnya. Meskipun begitu, gak ada perubahan mencolok dari logo Accenture sendiri.

Accenture dikenal sebagai perusahaan yang menyediakan jasa management consulting dan professional services. Perusahaan yang dulunya bernama Andersen Consulting ini tercatat membukukan pendapatan pada 2018 sebesar US$ 41,6 miliar atau Rp 583 triliun.

4. Logo perusahaan Posten Norge – Rp 771 miliar

logo perusahaan
Logo Posten Norge. (postandparcel.info)

Perusahaan berikutnya yang punya logo termahal di dunia adalah Posten Norge. Logo perusahaan ini dikabarkan harganya mencapai US$ 55 juta atau sekitar Rp 771 miliar.

Perusahaan asal Norwegia yang merupakan perusahaan layanan pos ini melakukan rebranding pada 2008. Hasilnya adalah hadirnya logo yang dipakai Posten Norge sekarang ini.

Logo baru ini kemudian digunakan dan menggantikan logo-logo lama yang terpajang di tiap-tiap kantor pos. Posten Norge sendiri disebut-sebut sukses dalam memperkenalkan logo barunya tersebut.

5. Bank ANZ – Rp 210 miliar

logo perusahaan
Logo ANZ (camberwellshopping.com.au)

Australia and New Zealand Banking Group atau Bank ANZ juga dikabarkan punya logo yang bernilai fantastis. Logo perusahaan perbankan yang berkantor pusat di Australia harganya mencapai US$ 15 juta atau sekitar Rp 210 miliar.

Kemunculan logo ANZ di bandara Indonesia sempat ramai diperbincangkan banyak orang. Malahan ketika logo barunya mulai diperkenalkan secara luas di Australia dan Selandia Baru, komentar-komentar pedas bermunculan.

Walaupun begitu, Bank ANZ tetap terus memakai logo baru yang dipakainya sejak 2009 tersebut.

Nah, itu tadi beberapa logo perusahaan yang harganya paling mahal di dunia. Usut punya usut, mahalnya itu bukan cuma pembuatan logonya, melainkan kampanye memperkenalkan logo itu sendiri. Pastinya dengan pakai logo baru tersebut, perusahaan berharap citranya makin dikenal luas. (Editor: Ruben Setiawan)