Lowongan BUMN Terbaru, Ini Info Lengkapnya [Plus Kriteria]

Lowongan BUMN

Banyak pencari kerja yang mencari lowongan BUMN di internet. Karena, selain menjadi pegawai negeri sipil, menjadi pegawai BUMN juga menjadi salah satu cita-cita para pencari kerja. Bagaimana tidak, jenjang karier yang jelas dan pendapatan yang menggiurkan menjadi beberapa daya tarik deretan perusahaan pelat merah ini.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah, lebih berhati-hati terhadap lowongan yang beredar di internet atau grup-grup pesan instan, karena gak sedikit hal tersebut menjurus ke penipuan. 

Supaya gak tertipu selalu cek lowongan dari website resmi atau akun media sosial perusahaan BUMN yang kamu mau tuju.

Kabar bahagia datang bagi para pencari kerja tahun ini. Kabarnya bakal ada pembukaan lowongan BUMN dalam waktu dekat ini. Menurut informasi yang beredar, ada ribuan posisi yang bakal dibuka oleh ratusan perusahaan BUMN. Tertarik melamar?

Sebelum melamar lowongan BUMN sana-sini, ada baiknya kamu mengetahui beberapa hal soal lowongan BUMN berikut ini. 

Lowongan pekerjaan di BUMN 2020

Di tengah pandemi Covid-19, beberapa perusahaan BUMN membuka lowongan untuk berbagai kalangan. Sebagian di antaranya juga diperuntukkan bagi penyandang disabilitas. 

Sementara itu, untuk jenjang pendidikannya gak hanya untuk lulusan S1 saja, tapi nanti juga akan dibuka bagi lulusan SMK, vokasi, hingga pesantren.

Soal posisinya, itu tergantung masing-masing perusahaan BUMN. Saat ini, sudah ada beberapa perusahaan yang membuka lowongannya. Pada bulan lalu, PT Pelindo III dan PT Virama Karya (Persero) membuka lowongan untuk beberapa posisi, mulai dari programmer hingga engineer. 

Penasaran apa saja sih perusahaan BUMN yang membuka lowongan di tahun 2020 ini? Simak selengkapnya di sini. 

Lowongan PT Sarana Multigriya Finansial (Persero)

PT Sarana Multigriya Finansial merupakan salah satu anak perusahaan BUMN yang membuka lowongan untuk beberapa posisi. Kabar baiknya, fresh graduate juga bisa melamar, lho!

Posisi yang dibuka di PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) yaitu Graduate Development Program (GDP) yang berfokus untuk membentuk calon pemimpin dengan program pendidikan dan pelatihan yang matang.

Jika kamu tertarik, kamu bisa melamar posisi GDP ini paling lambat 7 Agustus 2020 dengan mengirim persyaratan berupa CV dan video ke email [email protected] dengan subject GDP. Berikut persyaratan yang harus kamu lampirkan:

  1. Lulusan PTN/PTS dengan akreditasi universitas atau jurusan A
  2. IPK minimal 2,80
  3. Belum memiliki pengalaman kerja selama 2 tahun
  4. Usia maksimal 25 tahun untuk lulusan S1 dan maksimal 28 tahun untuk lulusan S2
  5. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama menjalani program GDP
  6. Skor TOEFL minimal 60
  7. Membuat video perkenalan diri disertai alasan melamar GDP dalam bahasa Inggris dengan waktu 3 menit
  8. Bersedia ditempatkan di mana saja.

Lowongan PT Perkebunan Nusantara Group (PTPN)

PTPN merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan dengan fokus pengelolaan, pengolahan, dan pemasaran hasil kebun. 

Lowongan PTPN sudah dimulai sejak 13 Juli dan berakhir pada 19 Juli 2020. Kamu bisa langsung mengunjungi website PTPN untuk mengetahui lebih detail soal persyaratan yang ada. 

Kamu hanya bisa melamar untuk satu posisi saja dengan persyaratan sebagai berikut:

  1. Usia maksimal per 1 November 2020 adalah 28 tahun
  2. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama trainee
  3. Diutamakan pria
  4. IPK minimal 2,75 untuk PTN dan 3,00 untuk PTS
  5. Lulusan S1/D4
  6. Bersedia ditempatkan di mana saja.

Cek di laman resmi perusahaan BUMN masing-masing

Agar gak salah atau terjebak penipuan, sebaiknya kamu membuka lowongan BUMN di situs-situs resmi seperti, situs resmi perusahaan, situs resmi lowongan kerja atau situs media resmi yang terpercaya, ya! 

Tapi, Kementerian BUMN nantinya juga akan menyediakan website yang memuat daftar lowongan-lowongan yang dibuka. Website tersebut bisa dicek di rekrutbersama.fhcibumn.com.

Tips lolos lowongan kerja BUMN

Setelah mengetahui informasi tadi, sekarang kamu hanya tinggal perlu mempersiapkan lamaran agar bisa lolos masuk di perusahaan BUMN. berikut beberapa tips agar kamu bisa lolos lowongan kerja BUMN.

1. Cek dengan teliti dokumen yang diperlukan

Pastikan kamu sudah menyiapkan semua dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Jangan sampai ada yang terlewat, kalau perlu cek berulang agar semuanya sesuai dengan persyaratan.

2. Pelajari hal yang akan diujikan

Jika sudah lolos bagian administrasi, kamu perlu menyiapkan tes tulis dengan matang. Kamu wajib mempelajari GAT (General Aptitude Test) untuk mengukur IQ. Saat mengerjakan tes ini, kuncinya yakni fokus saja.

Tes lain yang wajib kamu pelajari yakni tes akademik yang bertujuan untuk menguji kompetensi.

Sebaiknya kamu juga mulai mempelajari soal-soal psikotes agar saat tes dimulai kamu bisa mengetahui tipe soalnya.

3. Harus percaya diri saat wawancara

Setelah tes tulis, kamu akan dihadapkan dengan tes wawancara. Pastikan kamu melakukan tes dengan percaya diri, ya. Kamu juga harus menguasai pengetahuan soal perusahaan maupun jobdesk yang akan kamu jalani nanti.

Nah, itu dia beberapa lowongan BUMN 2020 dan tipsnya. Selain berusaha dan berdoa, kamu juga harus rajin-rajin mengecek ke website resmi perusahaan BUMN yang kamu tuju. 

Ingat, biar lolos lowongan BUMN, daftarlah posisi yang benar-benar sudah kamu penuhi persyaratannya. (Editor: Chaerunnisa)