Lowongan CPNS Dibatasi 2 Juta Pelamar Per Hari

Tempo/ Zulkarnain

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengungkapkan, pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 baru diikuti oleh 30 persen instansi. Jumlah itu kurang dari setengah total lowongan CPNS sebesar 238.015 posisi.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN mengatakan, hingga kemarin baru ada 224 instansi yang terdaftar di portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN). Jumlah tersebut masih kurang dari setengah dari total 76 Kementerian, Lembaga dan 525 Pemerintah Daerah yang membuka lowongan CPNS.

Dengan ini BKN mengimbau para pelamar CPNS untuk tidak terburu-buru dalam melakukan pendaftaran CPNS 2018. Sebab masih ada tenggat waktu hingga 10 Oktober mendatang untuk mencoba.

“Memang baru sebagian, yakni 30 persen dari total Kementerian dan Lembaga. Kalau pilihan belum muncul, saya berharap pelamar CPNS tunggu saja,” kata Ridwan.

BKN sendiri tidak memberikan kewajiban kepada para instansi yang membuka lowongan CPNS 2018 untuk menyerahkan formasi lowongan maksimal 26 September  2018.

“Kapan selesainya diserahkan ke masing-masing instansi. Time frame secepat-cepatnya 26 September, selambat-selambatnya 10 Oktober 2018,” tegasnya.

Dibatasi 2 Juta Akun Per Hari

Peserta seleksi CPNS. (Tempo/Tony Hartawan)
Peserta seleksi CPNS. (Tempo/Tony Hartawan)

BKN mengungkapkan, pendaftaran akun pada SSCN memiliki batas maksimal 2 juta akun per hari.  Ridwan menjelaskan, hal ini mengacu kesepakan dengan Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

“Server Dukcapil membolehkan situs SSCN mengakses dua juta Nomor Induk Kependudukan (NIK) per hari untuk pendaftaran akun SSCN,” ujar Ridwan saat konferensi pers di Kantor Pusat BKN, Jakarta Timur, Rabu (26/9/2018).

Sebelumnya pihak Dukcapil memberikan batasan maksimal per hari sebanyak satu juta akun pelamar. Akan tetapi setelah berkoordinasi dengan BKN, jumlah tersebut ditambah menjadi dua juta akun per hari.

BKN meyakini, batasan maksimal dua juta akun per hari tidak akan menimbulkan masalah pada masa pendaftaran CPNS. Hal ini berkaca pada pendaftaran tahun lalu yang hanya mencapai 2,4 juta akun selama masa pendaftaran.

“Tahun ini kami prediksi maksimal 8 juta akun. Masih jauh dari kapasitas maksimal yang disediakan,” jelas Ridwan.

Pada tahun ini pemerintah membuka lowongan CPNS sebesar 238.015 posisi jabatan untuk Kementerian, Lembaga, maupun Pemerintah Daerah. Dari total alokasi penetapan kebutuhan untuk Instansi Pusat dan Daerah sejumlah 238.015 terbagi atas rincian sebagai berikut:

Instansi Pusat mulai dari Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Kesekretariatan Lembaga Negara, dan Kesekretariatan Lembaga Non Struktural sebanyak 51.271 posisi.

Kemudian, instansi Daerah mulai dari perangkat daerah Provinsi dan perangkat daerah Kabupaten atau Kota. Semua itu meliputi Sekretariat Daerah, Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Dinas Daerah, dan Lembaga Teknis Daerah sebanyak 186.744 posisi.

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →