Gak Semua Mainan Era 90an Pasti Diburu Kolektor, 4 Mainan Ini Contohnya

Di era 90-an, mainan anak memang cukup beragam. Bahkan ada mainan jadul yang sekarang bisa dijual dengan harga tinggi.

Tapi, gak semua mainan itu juga bisa laris lho ya. Ada juga mainan-mainan baik yang murah atau mahal, tapi sekarang cuma jadi tumpukan barang lawas.

Padahal, dulu kita sampai nangis-nangis ketika minta dibelikan mainan ini sama orangtua. 

Mau tahu apa saja mainan yang dimaksud? Yuk simak ulasannya.

1. Retro Tetris

Mainan Anak
Retro Tetris

Kalau gimbot dengan game koboi, pesawat, atau perang-perangan lainnya harga jualnya tinggi lho. Namun harga tetris jadul tergolong biasa saja.

Menurut pantauan Lifepal di situs-situs e-commerce, harganya ada di kisaran Rp 20 ribuan hingga Rp 30 ribuan saja. Bahkan ada yang dijual cuma Rp 7.500. Sementara itu gimbot-gimbot lain bisa Rp 200 hingga Rp 500 ribuan lho. 

Sebagai mainan anak, tetris memang sangat sederhana. Kita hanya perlu menyusun bata-bata yang nanti dipecahkan. Game ini tentu bisa ditemukan di smartphone.

2. Pez Candy

Mainan Anak
Pez Candy

Mainan anak yang satu ini, didapat untuk setiap pembelian permen pez. Ciri khas permen ini adalah dispensernya yang panjang dan memiliki ‘kepala’ bergambar tokoh kartun, nah dispenser itulah yang akhirnya jadi mainan. 

Di Amerika Serikat, mainan-mainan itu sampai dimasukkan museum lho. Tapi di sini, hypenya memang gak seramai di sana. 

Dispenser bekas itu kini bisa ditemukan di e-commerce dan dijual di harga Rp 10 ribuan hingga Rp 30 ribuan saja. 

3. Super Soaker jadul

Mainan Anak
Super Soaker Jadul

Pistol air bermerk Super Soaker ini cukup mahal lho. Mainan ini dilengkapi dengan pipa pvc, akrilik, dan saat ini diproduksi oleh Hasbro atau Nerf.

Tapi sekarang, mainan anak yang satu ini udah gak ada harganya. Harga barunya tentu saja Rp 500 ribuan, apalagi yang berukuran besar. Tapi buat yang keluaran tahun 90an, cuma Rp 50 ribu. Sama sekali gak jadi limited atau collectible item saat ini. 

4. Tamagotchi jadul

Menghasilkan Uang
Tamagotchi (mashable)

Nah tentu kamu semua paham dong sama mainan yang satu ini. Bentuknya mirip gimbot tapi sebenarnya, mainan ini bersifat layaknya hewan peliharaan.

Tamagotchi dirilis tahun 1996 di Jepang oleh Bandai. Setiap bentuk Tamagotchi memiliki hewan yang berbeda-beda. 

Dulu, mainan ini memang laris banget bahkan diborong di Pekan Raya Jakarta. Tapi apakah sekarang jadi barang yang dicari kolektor? Ternyata tidak.

Versi barunya memang ada, tapi versi lamanya gak lantas dijual dengan harga mahal. Paling hanya Rp 20 ribuan saja.

Itulah empat mainan anak era 90an yang saat ini cuma jadi tumpukan barang lama saja. Daripada capek-capek dijual, mending dihibahkan saja ke yang lebih membutuhkan. (Editor: Winda Destiana Putri).