5 Makanan Khas Idul Fitri di Negara Selain Indonesia

Makanan lebaran

Kurang afdol rasanya kalau kita merayakan Idul Fitri tanpa makanan Lebaran yang khas disajikan setiap tahun. Kalau kamu merasa bosan karena menunya itu-itu saja, bisa mencoba membuat lima makanan khas dari negara lain.

Guna menjamu banyak tetangga, teman, hingga saudara yang bersilaturahmi dari berbagai daerah, kamu pasti perlu memersiapkan menu makanan yang banyak dan bertema Idul Fitri.

Beberapa menu sajian yang umumnya kamu temukan di seluruh rumah biasanya ketupat sayur, opor ayam, sambal goreng ati, dan kerupuk.

Gak hanya di Indonesia, tradisi hampir serupa juga rutin dilakukan beberapa masyarakat di negara lain. Hanya saja, menu makanan yang dibuat pastinya berasal dari wilayahnya masing-masing.

Rasanya juga gak kalah enak, dan patut kamu coba, paling gak sekali saja biar gak penasaran. Berikut, lima makanan Lebaran yang ada di negara lain:

1. Baklava – Turki

Makanan Lebaran
Baklava makanan lebaran dari Turki (irepo.primecp.com)

Seperti dikutip dari BBC, sebagian dari kamu mungkin udah ada yang gak asing dengan makanan Lebaran khas negara Turki ini, yaitu Baklava. Pasalnya, beberapa restoran Timur Tengah di Jakarta ada yang menyajikan di menunya.

Baklava terbuat dari olahan kacang walnut serta pistachio. Ditambah dengan gula sebagai pemanisnya. Kulitnya yang renyah terbuat dari lapisan adonan roti yang tipis.

Makanan ini sangat banyak kamu temukan di dataran negara Turki dan terkenal dari zaman kerajaan Ottoman dulu.

Baca juga: 6 Tradisi Lebaran Unik Ini Cuma Ada dan Dilakukan di Indonesia

2. Seviyan Kheer – India

Makanan Lebaran
Seviyan Kheer makanan Lebaran dari India (mommieskitchen)

Meski India bukan negara yang menganut agama muslim terbanyak di dunia tetapi negara yang terkenal dengan Taj Mahal ini memiliki makanan lebaran Seviyan Kheer.

Seviyan Kheer atau yang biasa dikenal juga dengan Vermicelli Kheer adalah makanan sejenis puding yang terdiri dari susu manis, mentega, dan bihun.

Rasanya cukup unik karena biasanya kita mengonsumsi bihun dengan kuah yang gurih tetapi di sini kita mengonsumsinya dengan susu yang manis.

3.  Bolani – Afghanistan

Makanan lebaran
Bolani makanan Lebaran dari Afghanistan (keeprexipes.com)

 Makanan Lebaran ketiga yang ada di luar negeri adalah Bolani. Sajian asal Afghanistan ini sekilas mirip dengan roti maryam dan roti canai dari India.

Kulit luar dari bolani bertekstur renyah dan diisi dengan berbagai macam sayuran seperti  kentang, labu kuning, dan daun kucai.

Untuk melengkapi rasanya, ada baiknya kamu menyajikan bolani dengan semangkuk yoghurt polos sebagai saus.

4.  Cambaabur – Somalia

Makanan lebaran
Cambaabur makanan Lebaran dari Somalia (Blogspot.com)

Selanjutnya, makanan Lebaran yang terkenal dari Somalia yakni Cambaabur. Santapan ini mirip dengan crepes atau serabi khas Bandung.

Bahan-bahan makanan yang perlu kamu siapkan untuk membuat Cambaabur antara lain tepung terigu, gula, garam dan ragi. Tertarik untuk mencobanya?

5.   Chicken Bastilla – Maroko

Makanan lebaran
Chicken Bastilla makanan Lebaran dari Maroko (cultureatz.com)

Yang terakhir, makanan Lebaran asal Maroko yakni Chicken Bastilla. Sesuai namanya, menu satu ini memiliki bahan dasar utama yaitu potongan daging ayam.

Perpaduan rasanya yang manis dan gurih menjadi ciri khas dari Chicken Bastilla. Yang menambah cita rasanya adalah kulit bagian luarnya yang renyah sehingga memperkaya tekstur ketika masuk ke dalam mulut.

Itulah lima makanan Lebaran yang berasal dari negara luar Indonesia. Menurut kamu, makanan apa nih yang paling menarik perhatian? Makanan di atas bisa jadi referensi kamu membuat makanan selanjutnya lho. (Editor: Chaerunnisa)

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →