Menghemat Make-Up Pengantin dengan Taktik Ini

Make Up Artist untuk pernikahan

Make-up pengantin biasanya ditentukan dengan dua cara, yaitu menggunakan jasa MUA (make-up artist) atau make-up oleh kerabat sendiri dengan gratis.

Meski begitu, kebanyakan pengantin lebih mengandalkan jasa MUA sebagaimana hasilnya akan lebih meyakinkan walau harus merogoh tambahan uang untuk membayar jasa semacam ini.

Memang tidak ada salahnya, tetapi jika berbicara harga, maka make-up mahal bukanlah jaminan untuk Anda tampil cantik dan menawan, lho. Banyak make-up pengantin yang memiliki harga lebih terjangkau dan mampu memberikan hasil yang bahkan sama bagusnya.

Nah, ada beberapa cara yang dapat dilakukan saat mau memilih jasa make-up pengantin yang berpengalaman dan di lain sisi memiliki harga yang bersahabat dengan kocek Anda.

Berikut ini adalah tips-tips berharga untuk Anda.

Wajib Survei Make-up di Media Sosial

Memanfaatkan Situs Online

Di zaman sekarang ini, apa pun dapat ditemukan melalui media sosial, termasuk jasa MUA dari yang semahal kelas layanan artis sampai semurah-murahnya jasa make-up perorangan.

Biasanya pemilik jasa MUA akan menampilkan foto hasil make-up pada laman media sosialnya. Hal ini jangan disia-siakan karena Anda sudah dapat melihat kualitas dari make-up yang mereka sanggupi. Pilihlah beberapa jasa MUA yang ingin Anda jadikan pertimbangan bersama pasangan. Berikut adalah beberapa contoh harga MUA yang dapat Anda pilih.

Meilana

Tangerang Selatan

Instagram: @meilanaprawira

Harga: Rp250 ribu sampai Rp3,3 juta

Jenifer Kusuma

Jakarta

Instagram: @byjeniferkusuma

Harga: Rp500 ribu sampai Rp1 juta

Firmantigi

Jakarta

Instagram: @firmantigi_makeupart

Harga: Rp1,2 juta sampai Rp7 juta

Maria Anastasia Larasati

Jakarta Timur

Instagram: @mal.makeupartist

Harga: Dimulai dari Rp400 ribu

Setelah memilih, sebaiknya pertimbangkan hal-hal di bawah ini.

  • Pilih harga yang paling mendekati keinginan, sebagian besar jasa MUA dapat memberikan harga paket yang menguntungkan Anda.
  • Pilih lokasi jasa MUA yang dekat dengan tempat tinggal atau dekat dengan lokasi pernikahan. Andai terlalu jauh, maka Anda harus menyiapkan ongkos perjalanan untuk transportasi mereka.

Bertanya kepada Teman yang Pernah Memakai Jasa Make-up Pengantin

Bertanya kepada Teman yang Pernah Memakai Jasa Make-up Pengantin

Sering kali Anda dibuat bingung dengan banyaknya pilihan jasa MUA di media sosial. Jika seperti ini, berarti sudah waktunya untuk Anda bertanya kepada teman yang sudah pernah menggunakan jasa MUA.

Dari mereka, Anda akan mendapat banyak informasi seperti jangan menggunakan jasa si A karena terlalu mahal dan hasilnya berlebihan atau jangan menggunakan jasa si C karena riasannya mudah luntur.

Bertanya kepada teman pun bisa menjadi cara terbaik untuk mengetahui make-up apa yang cocok pada wajah, misalnya seperti make-up sederhana yang bisa mengurangi pengeluaran.

Lebih bagus lagi jika Anda memiliki teman yang bekerja di bidang make-up pengantin. Jangan sia-siakan peluang ini untuk mendapatkan potongan harga yang mana sangat berharga untuk menghemat bujet.

Misalnya, teman Anda bekerja sebagai MUA dengan harga Rp2,5 juta untuk makeup pengantin. Dikarenakan teman dekat, maka Anda mendapat diskon 30 persen. Maka biaya yang Anda keluarkan hanya Rp1,75 juta.

Berarti Anda telah menghemat Rp750 ribu untuk biaya make-up pengantin.

Tentukan Siapa yang di Make-up

dana pernikahan

Tips berikutnya adalah menentukan siapa saja yang akan di make-up. Sebaiknya untuk hal ini Anda menentukan jauh-jauh hari dan pilih bersikap selektif tentang siapa saja yang akan dirias.

Jangan memasukkan jumlah orang terlalu banyak. Apabila yang dirias terlalu banyak, maka MUA akan menambah personel untuk mengejar waktu. Anda tentu tidak menginginkan biaya MUA membengkak akibat hal ini, bukan?

Misalnya, harga make-up pengantin untuk Anda si Pengantin Rp2,5 juta. Untuk pendamping pengantin adalah Rp500 ribu untuk tiap pendamping, dalam kasus ini adalah ibu, mertua perempuan, kakak, dan adik. Maka biaya yang dikeluarkan adalah:

Rp2,5 juta + (Rp500 ribu x 4) = Rp4,5 juta

Jadi, diperkirakan untuk biaya lima orang saja Anda sudah menghabiskan bujet sekitar Rp4,5 juta.

Nah, agar tidak semakin membengkak untuk menyiasatinya, Anda bisa meminta sebagian keluarga atau kerabat untuk menyiapkan peralatan sendiri dan saling mendandani jika memungkinkan.

Pilih Merek Make-up yang Terjangkau, Tetapi Bagus

Pilih Merek Make-up yang Terjangkau, Tetapi Bagus

Apabila memutuskan untuk merias sendiri, maka Anda perlu mencari tahu informasi terkait teknik make-up pernikahan yang baik. Apalagi kini sudah banyak tutorial yang bisa Anda contoh.

Nah, wajib juga untuk memerhatikan merek make-up yang akan digunakan nantinya. Pilihlah merek make-up yang berkualitas dengan harga terjangkau. Jangan sampai karena salah memilih merek, seluruh make-up pengantin malah menjadi berantakan.

Misalnya, harga satu set peralatan make-up yang terdiri dari eyeshadow, lipstick, foundation, blush, brush, eyeliner, maskara, dan lain-lain adalah Rp1 juta sampai Rp1,5 juta.

Meskipun mahal, namun peralatan make-up ini dapat Anda gunakan berkali-kali, bahkan Anda bisa membuka jasa MUA sendiri nantinya.

Pilih Make-up yang Simpel

Pilih Make-up yang Simpel

Untuk menghemat bujet, Anda dapat memilih riasan yang simpel atau natural. Nyatanya, riasan semacam ini banyak diminati banyak orang karena selain memberikan kesan mewah dan elegan, teknik ini tidak mengesankan tua.

Harga jasa MUA untuk gaya natural sangat relatif, namun umumnya berkisar antara Rp500 ribu sampai Rp2 juta, tergantung seberapa tinggi tingkat kesulitan dan seberapa banyak pengaplikasian make-up pada wajah, lho.

Selain itu, Anda juga dapat mengurangi jumlah aksesoris yang akan dipakai untuk mendukung make-up natural yang Anda terapkan.

Untuk jenis aksesoris pengantin sangatlah bermacam-macam tergantung konsep pernikahan  yang Anda terapkan. Namun, untuk Anda yang akan menerapkan konsep natural, berikut adalah beberapa jenis aksesoris beserta kisaran harganya:

  • Kerudung (veil): Rp30 ribu sampai Rp189 ribu
  • Headpieces: Rp20 ribu sampai Rp1 juta
  • Wrap dan Bolero: Rp300 ribu sampai Rp1 juta
  • Sarung tangan: Rp50 ribu sampai Rp800 ribu

Tidak perlu khawatir bahwa make-up berkonsep natural justru membuat penampilan Anda tidak menawan sebagaimana biayanya yang tidak mahal. Nyatanya, sudah banyak artis ibukota yang menggunakan make-up natural di pernikahan mereka, sebut saja Tasya Kamila, Nadine Chandrawinata, Putri Marino, dan Acha Septriasa.

Nah, itu dia pentingnya make-up pengantin dan tips memilih make-up sesuai bujet yang dapat Anda ikuti. Putuskan dari sekarang apakah Anda ingin menggunakan jasa MUA atau make-up sendiri demi menghemat bujet?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →