Manfaat Asuransi Jiwa dan Hoax yang Masih Aja Dipercayai Banyak Orang

Seorang keluarga tengah bermain di taman (Shutterstock)

Seorang keluarga tengah bermain di taman (Shutterstock)

Manfaat asuransi jiwa masih belum diketahui banyak orang. Padahal, manfaat asuransi jiwa gak bisa dianggap sepele lho. Asuransi jiwa adalah asuransi yang bertujuan menanggung nilai hidup si pembayar premi akibat kematian gak terduga ataupun risiko yang menyebabkan si pembayar premi cacat tetap total.

Dengan kata lain, kalau terjadi sesuatu yang gak diinginkan pada si pembayar premi atau tertanggung, nantinya ahli waris yang namanya dimasukkan ke dalam polis asuransi jiwa bakal menerima uang pertanggungan (UP) dan manfaat lainnya dari perusahaan asuransi jiwa.

Nah, dari pengertian asuransi jiwa di atas, tentu aja jenis asuransi yang satu ini sangat membantu banget, bukan? Apalagi kalau kamu telah berkeluarga alias memiliki tanggungan, keluarga bisa terhindar dari kesulitan keuangan seandainya terjadi apa-apa dengan kamu.

Sayangnya, ada sejumlah pandangan mengenai asuransi jiwa yang berkembang di tengah-tengah masyarakat yang sebenarnya keliru alias hoax, tapi dianggap fakta. 

Ulasan kali ini mau meluruskan hal tersebut sekaligus memberi tahu manfaat-manfaat asuransi jiwa. Disimak yuk!

Manfaat-manfaat asuransi jiwa yang menghindarkan keluarga dari jerat kemiskinan

Seorang anak laki-laki tengah belajar di rumahnya (Shutterstock).
Seorang anak laki-laki tengah belajar di rumahnya (Shutterstock).

Pengertian asuransi jiwa yang kamu ketahui di atas secara gak langsung memberi tahu manfaat dari jenis asuransi ini. 

Menurut fungsinya, asuransi jiwa dibedakan menjadi dua, yaitu asuransi jiwa yang memberi perlindungan penuh dan yang memberi perlindungan dalam jangka waktu tertentu. Kedua jenis asuransi tersebut secara umum memberi manfaat, antara lain:

  1. Memberi jaminan finansial kepada keluarga yang ditinggalkan sehingga mereka terhindar dari kesulitan keuangan.
  2. Hidup kamu lebih tenang begitu tahu perusahaan asuransi jiwa menjamin kelangsungan hidup keluarga dengan memberi uang pertanggungan dan manfaat-manfaat lainnya.
  3. Klaim atas asuransi jiwa bebas pajak.
  4. Memiliki asuransi sama aja mewujudkan kondisi finansial yang sehat dan mapan.
  5. Sebagian perusahaan asuransi memberi manfaat di awal tanpa masa tunggu buat menutupi biaya setelah kematian.
  6. Ada tambahan lain yang diambil buat memberi manfaat lebih terhadap beberapa risiko.

Sejumlah hoax yang dianggap fakta, tapi sebenarnya keliru soal asuransi jiwa

Banyak informasi hoax tentang asuransi jiwa (Shutterstock).
Banyak informasi hoax tentang asuransi jiwa (Shutterstock).

Dari pengertian asuransi jiwa dan manfaat-manfaatnya, kita sebenarnya bisa tahu betapa pentingnya manfaat jenis asuransi ini. Sayangnya, masih banyak orang yang terjerumus dalam pandangan-pandangan yang sesat alias hoax mengenai asuransi yang satu ini. Apa aja?

1. Hoax: Cuma orang-orang yang memiliki tanggungan yang butuh, sedangkan orang yang masih lajang gak perlu punya

Karena asuransi jiwa memberi perlindungan finansial terhadap keluarga, bukan berarti kamu harus berkeluarga dahulu buat memegang polisnya.

Ingat, kamu juga menyokong keberlangsungan hidup dirimu sendiri dan orang tua, serta saudara-saudarimu. Kira-kira gimana mereka melangsungkan hidup tanpa dirimu nanti? Terus siapa yang bakal membayar semua biaya atau cicilan yang kamu tinggalkan?

Di sinilah peran asuransi buat menghindarkan itu semua agar gak membuat keluarga berada dalam kesulitan.

2. Hoax: KPR telah ada asuransi, itu berarti gak perlu lagi memiliki asuransi

Ya, Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang dibayarkan tiap bulan telah dilindungi asuransi di awal. Dengan kata lain, ketika terjadi risiko yang gak dinginkan, sisa cicilan KPR menjadi tanggungan perusahaan asuransi.

Namun, jangan lantas berpikir gak lagi perlu asuransi jiwa ya! Gimana pun juga keluarga masih butuh dana buat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Di sinilah menambah asuransi jiwa dapat meringankan beban finansial keluarga.

3. Hoax: Daripada asuransi, lebih baik investasi sebab uangnya bisa diambil saat lagi butuh

Membayar premi asuransi sama aja siap menerima konsekuensi kehilangan uang yang disetor kalau gak terjadi risiko selama masa berlakunya asuransi. Inilah alasan yang dikemukakan orang-orang yang enggan punya polis asuransi.

Mereka pun lebih memilih berinvestasi sebab dana investasi mereka bisa diambil saat mereka membutuhkan. Padahal, memiliki asuransi itu jelas-jelas harus dipenuhi lebih dahulu baru kemudian berinvestasi.

Emang ada kemungkinan selama bayar premi asuransi gak terjadi apa-apa, tapi bayangkan kalau yang terjadi adalah sebaliknya. Apakah uang investasimu cukup buat menanggung kebutuhan keluarga yang ditinggalkan?

4. Hoax: Klaim asuransi itu sulit

Hal ini yang paling menyebalkan bagi mereka yang telah ambil asuransi ataupun yang batal memiliki asuransi. Klaim asuransi yang dibilang sulit dianggap sebagai fakta yang tanpa penelusuran lebih lanjut dipercayai begitu aja.

Gak perlu khawatir dengan klaim asuransi yang sulit. Temukan asuransi yang cocok di broker asuransi. Mereka selain menyediakan pilihan asuransi dari berbagai perusahaan juga membantu pemegang polis ataupun ahli waris dalam melakukan klaim.

Kalau kamu tahu perusahaan insurance technology (insurtech), mereka adalah perusahaan yang menyediakan asuransi secara online dari banyak perusahaan. Mereka juga yang membantu orang-orang mendapatkan polis hingga melakukan klaim.

Lifepal adalah salah satu perusahaan insurance technology (insurtech) yang membantu orang-orang dalam menemukan pilihan asuransi terbaik, mengurus administrasi yang menjadi syarat, hingga membantu dalam melakukan klaim.

Setelah menyimak penjelasan di atas, apakah kamu masih berpandangan asuransi jiwa itu gak penting dan memercayai hoax-hoax yang berkembang? Kalau kamu percaya dengan manfaat asuransi jiwa, segera temukan dan miliki asuransi yang terbaik demi kebaikan keluarga. (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis