Manfaat Memiliki Asuransi Jiwa untuk Orang Tua

manfaat

Alasan kuat yang membuat kita memilih untuk membeli asuransi jiwa adalah untuk melindungi orang-orang yang kita sayangi dengan cara menjamin kondisi finansial mereka.

Jika kita adalah sumber utama penghasilan rumah tangga, maka kita tentu ingin kondisi keuangan keluarga di rumah terbengkalai, bukan? Maka inilah manfaat pertanggungan dari asuransi jiwa.

Selama ini asuransi jiwa lebih banyak digunakan oleh orang-orang yang berusia produktif. Lalu bagaimana dengan orang yang sudah lanjut usia? Bukankah di pengujung usianya, mereka berhak memikirkan nasib anak-anak atau keluarga yang mereka tinggalkan kelak?

Apalagi lanjut usia tergolong kalangan yang rentan, terutama soal kesehatan. Kondisi fisiknya yang sudah lemah membuat rentan terserang penyakit. Itulah yang mendasari pentingnya para lanjut usia untuk tetap terproteksi dengan asuransi jiwa.

Pentingnya Memiliki Asuransi Jiwa untuk Orang Tua

Asuransi jiwa

Asuransi jiwa adalah kontrak perjanjian antara kita sebagai pemegang polis asuransi atau tertanggung dengan perusahaan asuransi sebagai penanggung risiko. Perusahaan asuransi sebagai penanggung risiko akan membayarkan sejumlah uang ketika terjadi risiko kematian pada pemegang polis asuransi atau tertanggung.

Sederhananya, asuransi jiwa menanggung kerugian finansial ketika tertanggung atau pemegang polis meninggal dunia secara mendadak. Bila tertanggung meninggal dunia, lantas siapa yang mendapatkan manfaat finansial asuransi jiwa? Yang mendapatkan adalah ahli waris yang sebelumnya telah ditunjuk oleh tertanggung.

Inilah pentingnya asuransi jiwa, termasuk bagi orang tua. Pasalnya kerap kita tidak tahu beban finansial apa yang ditanggung oleh orang tua kita. Dengan membeli asuransi jiwa bagi mereka, jika suatu saat nanti mereka meninggal dunia, maka beban finansial itu bisa ditanggung bersama oleh pihak penyedia asuransi jiwa.

Sebut saja misalnya ada beban utang yang belum terbayarkan hingga orang tua kita meninggal. Dengan membeli asuransi jiwa, maka asuransi jiwa bisa menjadi penolong. Sebab, ada uang pertanggungan yang diberikan atau bahkan jika kita memiliki tipe asuransi jiwa beserta investasi, maka akan ada manfaat tambahan nilai tunai yang bisa diambil. Dengan kata lain, asuransi jiwa bisa membantu menyelesaikan masalah tanpa membebankan keluarga yang ditinggalkan.

Jenis Asuransi Jiwa yang Tepat untuk Orang Tua Kita

Asuransi tepat untuk orang tua

Tiap jenis asuransi memiliki produk yang bervariasi sesuai dengan manfaatnya masing-masing. Dengan memahami apa saja produknya menjadikan kita lebih bijaksana dalam menyesuaikannya dengan kebutuhan dan anggaran. Nah, ulasan di bawah ini bisa menjadi referensi kita.

1. Asuransi jiwa berjangka (term life insurance)

Asuransi jiwa berjangka adalah perlindungan asuransi yang memberikan jaminan asuransi kepada tertanggung selama jangka waktu tertentu. Apabila terjadi risiko kematian selama periode penjaminan asuransi berlangsung, maka perusahaan asuransi akan membayar uang pertanggungan. Jangka waktu pembayaran premi dapat dipilih sesuai kebutuhan, antara lain bulanan, triwulan, atau tahunan untuk jangka kontrak asuransi.

Asuransi jiwa berjangka ini bisa jadi pilihan bagi proteksi orang tua. Pasalnya asuransi ini merupakan jenis asuransi jiwa yang paling mudah dan prosesnya sederhana karena dapat ditentukan dalam jangka waktu tertentu, misalnya 10 tahun, 15 tahun, atau hingga 20 tahun.

2. Asuransi jiwa seumur hidup (whole life insurance)

Asuransi jiwa seumur hidup memberikan perlindungan kepada tertanggung sepanjang hidup hingga usia 99 atau 100 tahun. Jika polisnya selalu aktif, maka pihak tertanggung juga akan mendapatkan perlindungan tambahan, seperti risiko cacat tetap, namun biasanya berakhir pada sekitar usia 60 tahun.

Asuransi ini dirancang untuk menjaga keadaan keuangan keluarga tetap stabil setelah tertanggung meninggal.

Menilik jangka waktu pertanggungan yang panjang, asuransi jenis ini tentu sangat tepat bagi para orang tua. Meski harus membayar premi cukup besar setiap bulannya, namun nilai pertanggungan yang akan didapat pun bernilai besar.

3. Asuransi jiwa dwiguna (endowment insurance) 

Asuransi jiwa dwiguna ini adalah asuransi yang menggabungkan dua keuntungan dari asuransi jiwa berjangka dan asuransi jiwa seumur hidup. Asuransi jiwa dwiguna ini akan memberikan jumlah uang pertanggungan saat tertanggung meninggal dunia, sekaligus memberikan seluruh uang pertanggungan jika masih hidup pada masa akhir pertanggungan.

Pada asuransi dwiguna, nasabah akan mendapatkan sejumlah uang di periode yang telah disepakati dan uang pertanggungan yang akan diberikan kepada ahli waris jika pemegang polis meninggal dunia. Produk ini berguna bagi calon tertanggung yang ingin kondisi keuangan keluarganya terjamin setelah tertanggung tiada.

4. Asuransi jiwa untuk orang tua dengan jaminan

Asuransi jiwa untuk orang tua dengan jaminan ini memiliki konsep yang berbeda dengan asuransi jiwa pada umumnya. Asuransi jiwa dengan jaminan tidak membutuhkan cek kesehatan saat pengajuan polis. Asuransi ini menjadi pilihan tepat bagi mereka yang terlanjur sudah memiliki penyakit bawaan.

Namun di sisi lain, biaya preminya tergolong jauh lebih mahal. Selain itu, asuransi jiwa jenis ini biasanya tidak dapat mengeluarkan pembayaran dalam kurun waktu 24 bulan setelah polis mulai dibuka. Efeknya, lansia yang meninggal dalam kurun waktu tersebut tidak akan menerima uang pertanggungan, tetapi uang yang sudah telanjur disetor akan dikembalikan.

Apakah Premi Asuransi Jiwa untuk Orang Tua Tergolong Mahal?

Premi orang tua mahal

Besaran premi asuransi jiwa tentu sangat bergantung pada usia tertanggung saat masuk menjadi anggota. Semakin tua usia, asumsinya akan semakin rawan penyakit dan risiko yang ditanggung perusahaan asuransi pun makin besar. Dengan begitu, tidak mengherankan jika preminya menjadi lebih mahal.

Namun kini banyak pilihan asuransi jiwa untuk orang tua dengan premi yang lebih terjangkau. Contohnya adalah Cigna Second Life. Asuransi ini menjamin para lansia yang berusia antara 55-80 tahun bisa memiliki asuransi jiwa tanpa pemeriksaan kesehatan. Premi untuk peserta wanita dimulai dari Rp 219.831/bulan, sedangkan premi untuk peserta pria dimulai dari Rp 300.268/bulan dengan pilihan uang pertanggungan mulai dari Rp50 juta, Rp75 juta, dan Rp100 juta (untuk rentang usia masuk 55-80 tahun) dan Rp150 juta (untuk rentang usia masuk 55-74 tahun). Cukup terjangkau dengan tawaran manfaat yang bisa didapatkan oleh ahli waris.

Dengan membayar premi bulanan tersebut, ada beberapa manfaat yang akan kita dapatkan, antara lain:

  • Perlindungan asuransi hingga usia lebih dari 100 tahun.
  • Santunan kematian: maksimum (total uang pertanggungan atau pembayaran premi).
  • Layanan konsultasi telemedikal.
  • Nilai tunai tersedia di bulan ke-25 selama polis aktif.
  • Diskon 5 persen untuk pasangan (suami / istri).
  • Diskon 10 persen untuk pembayaran Premi Tahunan.

Tips Memilih Asuransi Jiwa yang Tepat untuk Orang Tua

Asuransi yang tepat

Perlu dipahami bahwa proteksi asuransi jiwa bertujuan meringankan beban finansial anggota keluarga ketika pencari nafkah (tertanggung) meninggal dunia. Maka pilihlah produk asuransi jiwa untuk orang tua sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial kita.

Pertimbangkan pula kondisi kesehatan orang tua dan usia masuk saat mengajukan polis asuransi.

Jika memang memiliki sakit bawaan atau kondisi orang tua kurang baik, jangan menunda-nunda untuk membeli asuransi. Dengan begitu kita akan mendapatkan manfaat asuransi jiwa untuk orang tua secara optimal.

Jika masih membutuhkan penjelasan lebih lengkap mengenai manfaat memiliki asuransi jiwa, jangan ragu untuk mencari tahu dan berkonsultasi langsung di Lifepal.

Mau mendapat asuransi jiwa yang tepat? Silakan isi kuis asuransi jiwa di bawah ini dan Lifepal akan merekomendasikan pilihan asuransi jiwa terbaik bagimu.

Buat kamu yang mau tahu lebih banyak tentang asuransi jiwa dan topik keuangan lainnya? Lihat pertanyaan populer seputar asuransi jiwa dan topik keuangan lainnya di Tanya Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →