Jangan Disepelekan! Ini Lho Pentingnya Menggunakan Asuransi Perjalanan yang Jarang Orang Tau

Jangan Disepelekan! Asuransi Perjalanan Itu Sangat Penting Lho (Shutterstock).

Jangan Disepelekan! Asuransi Perjalanan Itu Sangat Penting Lho (Shutterstock).

Di Indonesia saat ini, memang tak bisa dipungkiri bahwa penggunaan asuransi belum dikatakan baik. Masih banyak masyarakat yang merasa belum paham betul apa kegunaan dari asuransi. Mereka menganggap asuransi sebagai pengeluaran tambahan yang tidak bermanfaat dalam jangka pendek. Begitupun dengan asuransi perjalanan. Banyak orang menganggap tidak membutuhkan asuransi jenis ini ketika mereka bepergian baik dengan durasi singkat maupun panjang. 

Jumlah premi yang harus dibayarkan membuat orang enggan menggunakan asuransi perjalanan. Padahal dengan menggunakan asuransi, perjalanan kamu pasti akan lebih menyenangkan, tenang dan lebih hemat. Kenapa bisa dikatakan lebih hemat? Untuk berjaga-jaga di musim liburan seperti saat ini kejadian tak mengenakan seringkali terjadi, seperti bagasi tertinggal, atau malah hilang.

Sebagian besar orang menganggap asuransi hanyalah tambahan beban biaya yang wajib dibayarkan saat itu. Padahal, fungsi lain asuransi perjalanan adalah sebagai solusi ketika kamu dihadapkan pada permasalahan seperti bagasi tertinggal, hilang, atau musibah lain yang lebih fatal. 

Asuransi perjalanan belum menjadi produk finansial yang dicari masyarakat Indonesia karena dianggap belum penting atau belum menyadari manfaatnya. Padahal jika mengetahui manfaat asuransi perjalanan, kamu bisa melindungi diri dan keluarga dari risiko terburuk yang mungkin terjadi dalam perjalanan.

Sebetulnya, ada lho beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui seputar asuransi perjalanan. Bukan hanya bertanggung jawab pada hilangnya benda pada saat perjalanan saja, tetapi ada fungsi lain yang jarang orang tahu. Yuk kita simak dalam ulasan berikut ini. 

Apa itu asuransi perjalanan?

Asuransi Perjalanan
Perjalanan kamu harus di asuransikan agar nyaman (Shutterstock).

Secara umum, asuransi perjalanan terbagi menjadi dua. Berdasarkan daerah tujuan kamu bepergian, yaitu asuransi domestik dan asuransi internasional atau Schengen. Produk turunannya disesuaikan dengan tujuan kamu bepergian. Misalnya asuransi haji dan umrah, asuransi khusus mahasiswa yang bersekolah di luar negeri, atau asuransi perjalanan bisnis dan wisata.

Asuransi perjalanan berfungsi sebagai perlindungan yang didapat selama bepergian. Asuransi ini tidak hanya diperuntukkan bagi mereka yang sedang traveling saja, tetapi juga untuk para bussiness trip. Bisa dikatakan, memang diutamakan untuk kamu yang memang suka melakukan perjalanan baik keluar kota sampai keluar negeri dan fungsinya yang dapat melindungi ketika melakukan perjalanan.

Meski demikian, produk ini ternyata sangat fleksibel dibandingkan dengan asuransi lainnya lho! Pasalnya, kamu tidak akan terikat dengan perusahaan asuransi ketika perjalanan liburanmu telah selesai. Dengan kata lain, asuransi ini mengcover sesuai dengan periode perjalananmu saja, tidak sama dengan jenis lainnya. 

Produk asuransi perjalanan di Indonesia juga ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Biasanya kamu akan ditawarkan dari harga di bawah Rp 100.000 untuk perjalanan 3 – 4 hari di dalam negeri. Untuk perjalanan di luar negeri premi bisa mencapai dua kali lipat dari perjalanan domestik tersebut. Perjalanan tentunya akan lebih menyenangkan jika kamu sudah terlindungi dari berbagai macam risiko bukan?

Manfaat asuransi perjalanan

Asuransi Perjalanan
Perjalanan yang di asuransikan membuat kamu lebih nyaman (Shutterstock).

Manfaat dari jenis asuransi ini ternyata bukan sekedar menjamin kerusakan atau kehilangan pada bagasi ketika kamu berlibur. Tetapi manfaat lainnya akan sangat terasa ketika kamu bepergian ke luar negeri, terutama wilayah Schengen yang mewajibkan turisnya memiliki asuransi perjalanan. Jika tidak, mereka tentu akan kesulitan untuk masuk ke dalam wilayah tersebut. 

Contohnya negara-negara di Amerika, Eropa bahkan Asia yang sudah memberlakukan aturan wajib ini ketika menyambut turis asing ke negara mereka. Jadi, jika ingin liburan tahun baru kamu kali ini berjalan dengan lancar, jangan lupa ya untuk membeli asuransi perjalanan dari Travellin. Berikut manfaat lain dari asuransi perjalanan:

1. Menanggung biaya perawatan medis

Setiap orang tidak ingin mengalami momen menyedihkan ketika berlibur. Apalagi jatuh sakit saat tengah berada di negara orang. Dengan menggunakan asuransi perjalanan, kamu gak perlu khawatir akan hal ini. Pihak asuransi perjalanan akan memberikan biaya pertanggungan terhadap perawatan medis kamu. Jadi kamu tidak perlu takut mengeluarkan banyak biaya untuk hal ini. 

2. Sumbangan kematian

Kematian bisa datang dimana saja, kapan saja, dan kepada siapa saja. Tak terkecuali saat sedang traveling sekalipun kan? Untuk mengantisipasi risiko ini, asuransi perjalanan akan menyiapkan pertanggungan yang akan diberikan pihak asuransi kepada keluarga ketika kamu meninggal dunia pada saat bepergian. Apabila ini terjadi, setidaknya kamu tidak perlu lagi terlalu mengkhawatirkan kelangsungan hidup keluarga yang ditinggalkan.

3. Kompensasi pada setiap situasi perjalanan

Setiap kali bepergian dengan transportasi umum, penundaan bahkan pembatalan perjalanan kerapkali bisa terjadi kapanpun. Dengan memiliki asuransi perjalanan, tentu kamu gak perlu khawatir akan hal buruk ini. Kamu akan menerima kompensasi dari pihak asuransi bila terjadi hal tersebut. 

Misalkan, kamu pergi naik pesawat untuk traveling, tetapi mendadak pesawat tidak bisa terbang pada hari itu. Biasanya kamu akan menerima kompensasi seperti bermalam  di hotel yang bekerja sama dengan maskapai penerbangan tersebut. Bentuk kompensasi yang diberikan berbeda-beda tergantung pada peraturan dari perusahaan asuransinya ya. 

4. Ganti rugi rusak atau kehilangan bagasi

Hal umum yang seringkali terjadi adalah permasalahan pada bagasi. Bisa jadi bagasi kamu rusak, akibat ketidak hati-hatian staf di lapangan, atau parahnya adalah tertinggal di kota tempatmu berangkat tadi. Tentu hal ini sangat menjengkelkan bukan, apalagi jika kamu tidak menggunakan asuransi, akan sulit untuk mengklaim bagasi tersebut. 

Dengan asuransi perjalanan, kamu gak perlu lagi khawatir akan keterlambatan bagasi atau kehilangannya sekalipun. Perusahaan asuransi akan menanggung semua ganti rugi tersebut. 

5. Kerugian tindak terorisme atau bencana alam

Terjadinya aksi terorisme dan bencana alam sangat mungkin terjadi kapan saja dan dimana saja. Hal ini akan membawa kerugian pada kamu yang sedang traveling tentunya, baik dalam bentuk kerugian fisik, mental, dan finansial. Jika memiliki asuransi perjalanan, maka segala kerugian itu akan ditanggungkan kepada pihak asuransi, sehingga kamu bisa merasa lebih aman pada saat bepergian.

Kerugian tidak menggunakan asuransi perjalanan

Asuransi Perjalanan
Asuransi perjalanan bisa membawa banyak keuntungan lho (Shutterstock).

Sudah disebutkan di atas bahwa manfaat dari penggunaan jenis asuransi ini sangat banyak dan beragam. Tentu kamu akan merasa rugi jika tidak menggunakannya saat bepergian baik ke dalam maupun luar negeri. 

Asuransi perjalanan bukan sekedar penggantian barang ketika terjadi kehilangan, tetapi lebih kepada syarat wajib yang harus dipenuhi oleh pelancong. Mengingat sesuatu hal bisa berubah kapan saja dan dimana saja. Kalau sekarang ini kamu masih menganggap asuransi ini gak penting, duh buang jauh-jauh deh pemikiran tersebut. Mulai sekarang, jangan hanya sibuk menyisihkan uang untuk membeli tiket perjalanan saja, tetapi juga asuransinya penting kamu pikirkan. 

Bagaimana memilih asuransi perjalanan terbaik?

Asuransi Perjalanan
Travellin, Asuransi Perjalanan Anda.

Lalu, bagaimana cara memilih asuransi perjalanan terbaik? Saat ini sudah banyak perusahaan yang menawarkan asuransi perjalanan dengan benefit sempurna. Salah satunya adalah Travellin yang merupakan asuransi perjalanan dari Adira Insurance. 

Travellin memiliki beberapa paket asuransi perjalanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Menariknya lagi nih, asuransi tersebut bisa dibeli secara harian dibanding asuransi lainnya. 

Biaya preminya pun terbilang sangat murah yakni mulai dari Rp 10 ribu per hari untuk domestik dan Rp 12,000 untuk internasional. Sedangkan untuk annual multitrip per 90 hari dikenai biaya mulai Rp 385 ribu sampai Rp 575 ribu per individu.

Jenis asuransinya juga beragam seperti Domestic Gold, Domestic Silver, Silver Plus hingga Domestic Safe Syariah dan juga Domestic Comfort Syariah dan Internasional. Semua paket asuransi dapat dibeli untuk individu, keluarga dan juga grup.

Ketika sedang berlibur atau mengunjungi suatu negara dan kemudian tiba-tiba mengalami sakit, kamu gak perlu khawatir karena Travellin akan menanggung biaya pengobatan tersebut. Kelebihan lainnya adalah Travellin juga memiliki manfaat double cover, jika asuransi pertama kamu tidak mencukupi. 

Travellin juga akan menanggung biaya jika bagasi mengalami kerusakan hingga hilang. Bahkan saat pesawat mengalami keterlambatan lebih dari 6 jam, pihak Travellin juga akan mengcover kerugian kamu.

Nah, buat kamu yang pengin tahu lebih detail lagi tentang asuransi perjalanan Travellin, kamu bisa langsung cek website-nya di www.travellin.co.id atau hubungi call center-nya yang aktif 24 jam di 1500-456. Gunakan asuransi perjalanan agar liburan semakin semarak dan menyenangkan! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis