DPLK Manulife: Manfaat dan Cara Klaimnya dengan Mudah

Manulife DPLK

Manulife DPLK adalah salah satu produk asuransi kumpulan yang memiliki manfaat untuk memberikan dana pensiun dan investasi. Produk Asuransi Manulife ini merupakan tafsiran dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1992 tentang Dana Pensiun.

DPLK merupakan akronim dari Dana Pensiun Lembaga Keuangan. Selain berfungsi sebagai dana pensiun, DPLK Manulife juga memberikan jaminan pesangon yang didasarkan pada Undang-undang Ketenagakerjaan Nomor 13 tahun 2003 tentang pemenuhan kebutuhan kesejahteraan karyawan.

DPLK tidak berbeda jauh dengan BPJS Ketenagakerjaan. Bedanya hanya badan pengelola. BPJS Ketenagakerjaan dikelola oleh pemerintah sementara DPLK dikelola oleh pihak swasta dalam hal ini adalah PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia.

Manfaat DPLK Manulife

Dana pensiun memiliki banyak manfaat bagi peserta maupun bagi perusahaan. Bagi peserta DPLK bisa menjadi jaminan hari tua saat sudah tidak produktif lagi. Dana pensiun tersebut bisa digunakan untuk modal usaha atau investasi lain yang lebih menguntungkan.

Keuntungan bagi karyawan

Dengan membayar iuran DPLK, karyawan diuntungkan karena terdapat pemotongan pajak penghasilan pribadi (PPh 21). Belum lagi ditambah dengan hasil investasi yang tidak dikenai pajak sampai manfaatnya dibayarkan pada waktunya.

Selain itu, karyawan juga bisa tenang jika sewaktu-waktu perusahaan goyah. Karyawan bisa mendapatkan jaminan pesangon. Di sisi lain, hal ini juga dapat menguntungkan perusahaan karena tak harus menyediakan dana lagi pada saat perusahaan dinyatakan pailit, bangkrut, atau tutup.

Keuntungan bagi perusahaan

Perusahaan juga bisa mendapatkan pengurangan pajak (PPh 25) jika mengikutsertakan karyawannya dalam program DPLK.

Dana pensiun ini juga menjadi bentuk perhatian dari perusahaan terhadap karyawan sehingga karyawan menjadi semakin loyal.

Keuntungan lain, perusahan dapat menentukan iuran utamanya menyesuaikan dengan kondisi keuangan perusahaan.

Cara Klaim

Untuk melakukan klaim atau mendapatkan manfaat DPLK, peserta tentu harus berkoordinasi dengan perusahaan.

DPLK Manulife memberikan waktu setidaknya tiga bulan sebelum peserta memasuki masa pensiun normal.

Selanjutnya, peserta akan diberikan formulir dan mengembalikannya kepada DPLK Manulife beserta dengan beberapa dokumen penting yang dibutuhkan. Syarat-syarat ini wajib dipenuhi oleh peserta agar semua manfaat bisa dicairkan dan dimanfaatkan sepenuhnya oleh peserta.

Adapun beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk mendapatkan manfaat DPLK Manulife adalah sebagai berikut ini:

  1. Formulir klaim
  2. Fotokopi KTP
  3. Dokumen persyaratan yang sudah disediakan oleh DPLK Manulife

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan pastikan peserta memenuhi persyaratan yang diterima. Jika ternyata ada data-data yang bisa dibuktikan tidak sesuai atau tidak benar, maka DPLK Manulife pun berhak untuk membatalkan kepesertaan.

Kelebihan dan Kekurangan DPLK Manulife

Dilihat dari manfaatnya, DPLK Manulife sedikit berbeda dengan BPJS Ketenagakerjaan. Dengan iuran yang ringan dan murah, manfaat BPJS Ketenagakerjaan untuk Jaminan Hari Tua tergolong kecil jika dibandingkan dengan manfaat yang didapatkan dari DPLK.

Itulah mengapa beberapa perusahaan memilih DPLK sebagai tambahan meskipun perusahaan sudah mengikutsertakan karyawannya pada program JHT (Jaminan Hari Tua) BPJS Ketenagakerjaan. Terlebih BPJS Ketenagakerjaan adalah program wajib dari pemerintah yang perlu didukung sesuai dengan amanat Undang-undang.

DPLK Manulife memberikan beberapa kelebihan dibandingkan dengan DPLK yang lainnya. Di antaranya adalah fleksibilitas iuran yang bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan perusahaan.

DPLK Manulife punya beragam investasi sehingga memaksimalkan keuntungan. Pengelolaan dana investasi pun dilakukan secara transparan dan profesional demi memberikan layanan dan administrasi yang berkualitas bagi peserta maupun perusahaan.

Produk DPLK Manulife juga menyediakan program pensiun dini di usia 40 tahun bagi karyawan yang menginginkannya.

Persiapkan Masa Pensiun dengan Bahagia

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyiapkan masa pensiun. Namun, persiapan itu harus dilakukan sejak masih muda. Beberapa menyiapkan dengan asuransi jiwa unit link untuk mendapatkan proteksi sekaligus manfaat investasi.

Sayangnya, manfaat asuransi jiwa unit link tidak akan maksimum jika digunakan untuk dana pensiun.

Itulah mengapa Manulife tidak hanya menyediakan program asuransi unit link Manulife tetapi juga program DPLK. Sebab, DPLK Manulife memberikan solusi untuk menyiapkan masa pensiun karyawan.

Dana pensiun memang masih menjadi kendala di Indonesia karena rendahnya tingkat literasi masyarakat untuk mempersiapkan masa pensiun yang bahagia.

Jangan sampai pada masa pensiun Anda tetap harus bekerja keras di saat seharusnya Anda menikmati hidup. DPLK mempersiapan itu semua agar masa pensiun Anda menjadi tanpa beban, tanpa utang, dan bisa hidup lebih tenang.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai produk asuransi unggulan dari Manulife Indonesia, jangan ragu untuk mengunjungi Lifepal sekarang!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →