Rugi Miliaran Rupiah dan PHK Massal, Ini 5 Maskapai Penerbangan yang Gulung Tikar Tahun 2019

maskapai penerbangan

maskapai penerbangan

Bisnis maskapai penerbangan emang menjadi daya tarik tersendiri bagi para investor untuk menanamkan modalnya. Selain karena mobilitas masyarakat dunia yang semakin tinggi, industri ini juga menawarkan keuntungan yang lumayan menggiurkan.

Ambil contoh seperti maskapai Fly Emirates yang berhasil meraup keuntungan sampai US$ 13,3 miliar atau setara Rp 187 triliun lebih pada 2018 dan Qantas yang mampu membukukan AU$ 17 miliar atau setara Rp 162 triliun tahun 2018.

Walaupun demikian, gak semua perusahaan bisa menggerakan roda operasional secara sehat seperti kedua korporasi di atas. Ada beberapa perusahaan yang terpaksa melakukan efisiensi biaya bahkan sampai bangkrut.

Di tahun 2019 ini, terdapat sekitar 5 maskapai penerbangan dunia yang terpaksa menghentikan operasionalnya akibat terus merugi. Siapa aja mereka? Yuk kita lihat daftar lengkapnya, melansir dari Aero Time.

Baca juga: Ini 4 Maskapai Asing yang Bakal Terbang di Indonesia

1. Maskapai penerbangan Aigle Azur

maskapai penerbangan aigle azur
Pesawat Aigle Azur. (Shutterstock)

Perusahaan pertama yang menyatakan bangkrut adalah Aigle Azur, maskapai yang berdiri tahun 1946 dan bermarkas di kota Paris, Perancis.

Tanggal 2 September 2019 yang lalu pihak manajemen menyatakan perusahaan ini bangkrut karena rugi belasan hingga puluhan miliar Rupiah. Mereka terpaksa merumahkan sekitar 1.200 staf pegawainya.

Beberapa rute penerbangan yang dilayani oleh Aigle Azur adalah dari dan menuju negara di wilayah Amerika Latin, Afrika dan negara Eropa lainnya.

Baca juga: Ini 20 Maskapai Terbaik di Dunia, Garuda Indonesia Peringkat Berapa?

2. Maskapai penerbangan Jet Airways

maskapai penerbangan jet airways
Pesawat milik Jet Airways. (Shutterstock)

Selanjutnya ada perusahaan Jet Airways yang berdiri pada tahun 1992 di kota Mumbai, India. Semenjak tanggal 17 April 2019, pihak direksi memutuskan untuk menghentikan seluruh operasional pesawat karena gagal mendapatkan pendanaan.

Tercatat perusahaan ini memiliki 120 unit pesawat yang dikandangkan akibat kejadian tersebut. Salah satu jenis pesawat yang dimilikinya adalah Boeing 737 Max.

Baca juga: Maskapai Penerbangan di Indonesia Semua Rugi, Bahkan Ada yang Sampai Triliunan Lho!

3. Maskapai penerbangan Thomas Cook

maskapai penerbangan thomas cook
Pesawat milik maskapai Thomas Cook. (Shutterstock)

Ketiga, ada salah satu perusahaan yang dimiliki oleh miliarder Inggris yakni Thomas Cook. Selain memiliki usaha di bidang penerbangan, ia juga memiliki korporasi lain di bidang travel agent.

Pada tanggal 23 September 2019 lalu, kegiatan aviasi Thomas Cook Airlines terpaksa harus berhenti karena mengalami kerugian. Sekitar 600 ribu orang di seluruh dunia terdampak akibat kejadian tersebut.

4. Maskapai penerbangan Adria Airways

maskapai penerbangan adria airways
Pesawat Adria Airways. (Shutterstock)

Di Slovenia, ada Adria Airways. Maskapai yang udah beroperasi selama 58 tahun ini terpaksa harus bangkrut pada tanggal 30 September 2019 yang lalu karena kesulitan ekonomi.

Faktor utama yang membuat Adria Airways gak bisa meraih keuntungan adalah persaingan dengan kompetitor yang semakin ketat.

5. Maskapai penerbangan WOW Air

maskapai penerbangan wow air
WOW Air. (Shutterstock)

Terakhir ada perusahaan WOW Air yang udah berdiri dari tahun 2011 di negara Islandia. Beberapa rute penerbangan internasional yang dlayani olehnya adalah Eropa, Asia dan Amerika Utara.

Sampai pada akhirnya, tanggal 28 Maret 2019 pihak manajemen harus menutup seluruh kegiatan penerbangan karena mengalami kerugian yang besar.

Nah itulah 5 maskapai penerbangan yang terpaksa gulung tikar di tahun 2019 ini. Walaupun punya potensi yang besar, tapi gak menutup kemungkinan perusahaan besar dunia harus bangkrut karena persaingan yang semakin ketat di industri aviasi dunia. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis