Mau Hidup Aman Tanpa Takut Kebakaran? Makanya Ajukan SLO Instalasi Listrik

slo instalasi listrik

Musibah memang gak selamanya terjadi karena sebab alam. Banyak juga musibah yang disebabkan karena ulah manusia sendiri. Contohnya gak usah jauh-jauh deh: kebakaran.

Indonesia memang akrab dengan kebakaran. Tiap kali musim kemarau, ribuan hektar hutan dan lahan mengalami kebakaran yang asapnya sampai ke negeri tetangga.

Di dalam kota gak mau kalah. Di balik gemerlap lampu kotanya, Jakarta dengan pemukiman dan perkantoran yang padat juga gak luput dari musibah kebakaran.

Dari data Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, tercatat ada 202 kasus kebakaran selama Januari – Maret 2016. Kerugiannya mencapai Rp 36 miliar lebih loh. Kasus tersebut rata-rata disebabkan oleh masalah klasik: korsleting listrik.

Sebab korsleting listrik memang banyak, mulai dari minimnya alat pengaman seperti sekring, sampai penggunaan listrik secara ilegal. Makanya, sudah saatnya kita lebih aware terhadap keamanan selama menggunakan listrik.

Kerugian yang ditanggung gak kecil loh kalau rumah sampai kebakaran. Apalagi kalau itu rumah gak diasuransikan. Bisa bikin gatot semuanya deh!

[Baca: Listrik Prabayar atau Pascabayar, Mana yang Lebih Bikin Untung?]

Apa Itu SLO alias Sertifikat Laik Operasi untuk Instalasi Listrik?

Pada dasarnya SLO instalasi listrik ini mirip Standar Nasional Indonesia (SNI). Artinya, instalasi listrik di rumahmu sudah dinilai aman kalau mengantongi SLO tersebut.

Bentuk SLO ini adalah surat bukti pernyataan bahwa instalasi listrik yang terpasang di rumahmu telah diperiksa oleh badan yang berwenang dan mememenuhi standar sesuai aturan yang berlaku. Badan berwenang yang dimaksud di sini adalah yang ditunjuk oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) atau PLN.

Nah, dengan adanya SLO ini, berarti keamanan instalasi listrikmu bisa dipastikan aman dan gak bakal menyebabkan kebakaran. Bayangin dong, kebakaran itu gak cuma merugikan rumahmu sendiri, tapi juga bisa satu komplek!

SLO ini memang belum terlalu disosialisakan di daerah-daerah. Tetapi hukumnya wajib karena sudah diatur dalam UU no.30 TH.2009 Tentang Ketenaga Listrikan.

Dalam Pasal 44 ayat 4 disebutkan kalau “setiap instalasi tenaga listrik yang beroperasi wajib memiliki sertifikat laik operasi”. Kalau gak, siap-siap kena pidana paling lama lima tahun atau denda paling banyak Rp 500 juta.

[Baca: Asyik! Tambah Daya Listrik PLN bakal Gratis!]

slo instalasi listrik

Beda daya listrik beda juga biaya SLO-nya. Kalau perusahaan besar sudah pasti mahal

Gimana Cara Mengajukan SLO?

Birokrasi nan ribet itu udah gak jaman. Sekarang semua sudah bisa online dan gak perlu antre. Termasuk pula mengajukan SLO.

Jadi seperti yang udah disebut di atas, Kementerian ESDM sudah menunjuk beberapa lembaga resmi seperti Konsuil dan PT PPILN. Lembaga tersebut sudah tersebar di berbagai daerah jadi gak bakal repot.

Cara mengajukan SLO secara offline juga gak repot. Syaratnya pun gampang:

  • Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan
  • Menyertakan gambar instalasi listrik dari PLN

Selanjutnya petugas resmi akan melakukan pengecekan instalasi listrik di rumahmu. Bila instalasi dinyatakan layak, SLO bakal diterbitkan. Kalau ternyata gak memenuhi persyaratan, lembaga yang ditunjuk akan menerbitkan surat pemberitahuan agar pemohon memperbaikinya.

Untuk biaya SLO instalasi listrik sendiri tergantung besarnya daya. Semakin besar dayanya, semakin besar pula biayanya. Besarannya sih mulai dari Rp 60 ribu hingga Rp 3 juta  rupiah. Untuk selengkapnya bisa dicek langsung di situs www.slo.djk.esdm.go.id

slo instalasi listrikonline

Setiap rumah yang memiliki instalasi listrik wajib loh mengantongi SLO

Lantas bisa gak sih kalau mengajukan SLO instalasi listrik secara online? Bisa banget dong. Situs ESDM sudah menyediakan fasilitas tersebut kok. Tinggal mengikuti prosedur yang disediakan kementerian tersebut.

Nah, daripada rumah berisiko kebakaran karena kesalahan sepele, lebih baik meluangkan waktu untuk mengajukan SLO. Tingginya angka kebakaran di Jakarta sebenarnya bisa ditekan kalau para warganya aware soal keamanan instalasi listrik.

[Baca: Cara Hitung Tagihan Listrik Biar Tarif Listrik Turun Ada Efeknya]

Image credit:

  • http://cdn.klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2012/09/26/94684/670×335/petugas-sweeping-instalasi-listrik-di-rusun-angke.jpg
  • http://jasapasanglistrikbarusolo.roisulaskari.com/wp-content/uploads/2015/03/jasa-pasang-listrik-baru-di-karanganyar-081-215-689-440-jasa-teknisi-instalasi-listrik-panggilan-di-karanganyar.jpg
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →