Kerja Sampingan Saat Pensiun? Kenapa Tidak? Begini Tipsnya biar Sukses

kerja sampingan pensiunan

kerja sampingan pensiunan

Memulai kerja sampingan saat pensiun? Kenapa tidak? Kan lumayan dapat pemasukan tambahan, mengingat selama pensiun kita tidak lagi mendapatkan gaji bulanan. Hanya menikmati hari tua dengan sisa-sisa tabungan dan tunjangan yang didapatkan dari perusahaan. 

Justru, memulai sampingan saat pensiun adalah pilihan yang tepat. Kamu bakal mendapatkan segudang keuntungan, seperti menjaga produktivitas, mengasah otak agar tetap prima, memperluas jaringan sosial, dan tentunya mengisi pundi-pundi Rupiah.

Selain itu, kamu bisa memiliki banyak waktu untuk fokus melakukan pekerjaan sampingan tersebut tanpa terganggu dengan pekerjaan utama. 

Lantas, gimana sih biar sukses menjalankan kerja sampingan saat memasuki masa pensiun? 

Baca juga: Pengin Jadi Pensiunan yang Banyak Uang? Jangan Pernah Abaikan 4 Hal Ini

Memanfaatkan keahlian yang dimiliki di dunia kerja

kerja sampingan pensiunan
Ilustrasi pensiunan yang membuka usaha alat musik. (Shutterstock(

Berbagai pengalaman kerja telah kamu jalani selama belasan, bahkan puluhan tahun. Hal ini tentu saja turut meningkatkan skill dan pengetahuanmu di suatu bidang yang digeluti. 

Ketika memasuki masa pensiun, otomatis kamu tidak akan menggunakan skill itu lagi di dunia kerja. Tapi, kamu bisa menjadikan keahlian yang kamu miliki sebagai ladang penghasilan di hari tua. 

Contohnya, kalau kamu seorang jurnalis yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris selevel profesional, kamu bisa membuka jasa translator atau penulis lepas untuk media-media luar. 

Baca juga: Jangan Sampai Menyesal! Sebelum Pensiun, Lakukan Dulu Hal Penting Ini

Lebih baik mengikuti permasalahan di masyarakat ketimbang passion

kerja sampingan pensiunan
Ilustrasi usaha makanan sehat. (Shutterstock)

Gak ada salahnya menjadikan passion sebagai bidang kerja sampingan, tapi kalau tujuanmu untuk mencari pundi-pundi, sepertinya kurang pas mengandalkan passion. Karena tidak semua orang menyukai dan membutuhkan sesuatu dari passion yang kamu jalani. 

Tapi, cobalah untuk mencari permasalahan-permasalahan umum yang ada di sekitarmu. Misalnya banyak masyarakat perkotaan yang mengalami obesitas karena terlalu sering makan-makanan berlemak dan jarang berolahraga. Nah kamu bisa memanfaatkannya dengan berjualan katering menu-menu sehat. 

Jangan lupa lakukan riset terlebih dahulu, mulai dari menu, target pasar, sampai perkiraan modalnya. Kalau sukses, pekerjaan sampingan ini berpotensi besar menjadi sebuah bisnis utama. 

Baca juga: 5 Langkah Mudah Mempersiapkan Pensiun Dini Biar Gak Menyesal Kemudian Hari

Membuka kursus

kerja sampingan pensiunan
Ilustrasi pensiunan mengajar kursus. (Shutterstock)

Di poin pertama, memanfaatkan keahlian yang dimiliki adalah cara terbaik untuk kerja sampingan. Misalnya kamu jago berbahasa Inggris, dengan level kecakapan setara masyarakat asli Inggris, kamu bisa membuka tempat kursus bahasa. 

Modalnya juga gak besar-besar amat kok, tinggal modal peralatan mengajar dan area belajar saja. Soal area kamu bisa menyulap rumahmu menjadi ruang belajar, atau datang langsung ke rumah murid kursus. 

Tenang saja, mengajar kursus tidaklah menyita banyak energi, jadi sangat aman untuk dijalankan oleh para pensiunan. 

Itulah tiga tips yang bisa dipetik sebagai pelajaran bagi mereka yang pengin menjalani kerja sampingan di usia pensiunan. Pensiun memang enaknya diisi dengan berleha-leha menikmati hari tua, namun tetap produktif adalah pilihan yang tidak ada salahnya dijalani. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis