Mau Punya Tempat Tinggal? Rumah Susun Milik Bisa Jadi Solusi untuk Penghasilan di Bawah Rp 4,5 Juta

rumah susun milik thumb

Bisa tinggal di atas atap milik sendiri pasti jadi idaman semua orang ya. Pada kenyataannya, persyaratan dan proses memiliki hunian itu sulit, selain harganya yang gak main-main,

Bisa kebayang dong apa yang dirasakan orang-orang dengan penghasilan di bawah Rp 4,5 juta. Bagi mereka, punya hunian milik sendiri itu bagai mimpi yang gak akan pernah jadi kenyataan. Apakah harus seperti itu?

Seperti tercantum dalam UU No.1 Tahun 2011, Negara bertanggung jawab atas penyelenggaraan perumahan dan kawasan pemukiman buat rakyat. Itulah mengapa pemerintah makin aktif menggalakkan program rumah murah untuk rakyat, salah satunya rumah susun milik (rusunami). 

Bagi masyarakat berpendapatan minim, terobosan ini bisa jadi secercah harapan untuk punya hunian sendiri. Coba pelajari lebih lanjut yuk!

[Baca: Rumah Subsidi Bebas PPN Masih Ragu Juga Beli Rumah]

Apa sih rusunami itu?

Rusunami atau rumah susun sederhana milik, adalah bangunan bertingkat yang dibangun dalam satu lingkungan tempat hunian. Untuk wc dan dapur, ada yang berada di dalam unit dan ada yang bersifat publik. Rusunami dapat diperoleh melalui kredit kepemilikan rumah, dengan atau tanpa subsidi.

Harga yang dipatok untuk rusunami gak boleh lebih dari Rp 144 juta. Sementara luas per unit minimal 21 meter persegi dan maksimal 36 meter persegi.

rumah susun milik
 Rumah susun hak milik memang disediakan buat rakyat, jadi jangan ragu deh!

Syarat mendapatkan rusunami dengan subsidi:

Sejak awal program ini dicanangkan oleh Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat), pemerintah menegaskan kuota penjualan rusunami. Yaitu, 70% dari satu menara rusunami diprioritaskan bagi masyarakat dengan penghasilan kurang dari Rp 4,5 juta.

Sementara itu, Bank Tabungan Nasional (BTN) memberi keringanan DP (down payment) 1 persen bagi pegawai dan buruh yang ingin memiliki rusunami. Kebijakan ini sudah digulirkan sejak 1 Maret 2015.

Lalu apa saja persyaratan lain untuk bisa memiliki rusunami bersubsidi :

1. Belum pernah memiliki hunian dengan menyertakan surat pengantar dari

     kelurahan sesuai KTP. 

2. Wajib punya NPWP

3. Hanya perorangan yang boleh membeli dan menempati

4. Pembelian rusunami dilakukan dengan sistem kredit / cicilan

5. Selama 5 tahun pertama, unit boleh disewakan ke orang lain tapi gak boleh dijual

Bagi masyarakat yang gak memenuhi syarat di atas, boleh membeli rusunami dengan harga non-subsidi namun dikenai PPN 10 persen.

rumah susun milik
 NPWP jadi salah satu hal yang penting banget buat ngajuin berbagai jenis kredit termasuk kepemilikan rusunami

[Baca: Beli Apartemen Bersubsidi di Jakarta Cuma Bisa Dikabulkan dengan 6 Syarat Ini]

Tujuan Program Rusunami

Meringankan beban masyarakat berpenghasilan rendah untuk tinggal di hunian yang layak adalah sasaran program rusunami. Tujuan lain yang lebih luas adalah untuk:

– Mengurangi kepadatan penduduk di kota besar

– Efisiensi energi

– Meningkatkan taraf hidup masyarakat berpendapatan rendah

– Menghemat biaya transportasi

Daftar pilihan rusunami yang bisa dipertimbangkan

Sudah ada banyak tower rusunami yang bisa dipilih di sekitar Jakarta. Harganya pun benar-benar terjangkau. Seperti misalnya, di Jakarta Selatan ada Kalibata City, Pancoran Riverside, Kebagusan City dll.

Untuk area Jakarta Barat ada City Park, Grand Surya, Green Parkview dan lain-lain. Buat kamu yang ingin rusunami di area Jakarta Timur, ada Casablanca East Residence, Kalimalang Residence dan Sentra Timur Residence.

Area Jakarta Pusat ada Apartemen Bandar Kemayoran, Menara Salemba Batavia dan D’Green Pramuka Residence. Sementara untuk Jakarta bagian Utara, rusunami yang bisa dipilih adalah Gading Nias Residence,

rumah susun milik
 Kalibata City adalah salah satu rusunami yang populer dan letaknya juga strategis

Hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum mengambil cicilan rusunami

Memutuskan untuk memiliki sebuah hunian, apapun jenis dan dengan nominal berapapun, pastinya butuh pertimbangan matang. Terlebih lagi ini membeli hunian dengan sistem kredit.

Untuk itu coba pertimbangkan hal-hal berikut ini sebelum memutuskan untuk mengambil cicilan rusunami:

– Pastikan kamu sudah punya pemasukan yang stabil selama jangka waktu mengambil plafon kredit rusunami.

– Berkomitmen untuk disiplin menyisihkan sebagian penghasilan setiap bulan

– Ada baiknya menyiapkan dana darurat untuk keperluan mendadak

– Hitung lagi total tagihan cicilan yang masih menjadi kewajiban jika ditambah dengan kredit rusunami. Hindari besar           utang daripada penghasilan.

– Yakinkan mampu membayar cicilan setiap bulan hingga selesai. Kredit pemilikan rusunami bisa makan waktu yang             cukup lama loh.

– Pastikan memiliki kelengkapan dokumen yang dibutuhkan

[Baca: Rumah Instan Sederhana Sehat Punya Hunian dengan Rp 55 Juta dan Dalam 2-3 Hari]

So, gimana nih? Masih berminat untuk mengajukan kredit pemilikan rusunami atau malah jadi pesimis? Wah, jangan kalah sebelum berperang ya guys! Gak ada hal yang mustahil di dunia ini selama kita mau berusaha.

 

rumah susun milik
Semuanya mungkin asal mau berusaha dan ada tekad kuat, jadi semangat ya!

Mau punya satu unit di rusunami  ya harus usaha juga dong! Semangat ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →