Mau Sukses Jadi Entrepreneur Indonesia? Kenali 7 Tandanya

entrepreneur indonesia

Tentunya bukan perkara mudah untuk menjadi entrepreneur Indonesia yang sukses dan inovatif. Semuanya tentu butuh pengorbanan besar.

Meski demikian, ada tanda-tanda yang bisa dilihat apabila seseorang memang memiliki bakat jadi entrepreneur di masa depan.

Oh ya, entrepreneur itu sendiri beda lho ya sama pengusaha. Walaupun sekilas kelihatannya sama, patut diketahui bahwa pengusaha bukan berarti entrepreneur. Tapi entrepreneur jelas merupakan pengusaha.

[Baca: Lebih Enak Mana Sih, Jadi Pebisnis atau Entrepreneur?]

Entrepreneur kerap dikatakan sebagai orang yang menciptakan bisnis baru. Dia menciptakan produknya, merancang sistem pemasarannya, serta turut menganalisa perkembangan bisnisnya di masa depan.

Beda halnya dengan pengusaha ya. Pengusaha menjalankan bisnis dari ide yang sudah ada atau dari tren. Bisnis yang dipilih pengusaha adalah bisnis yang keuntungannya sudah terprediksi.

So, sudah pasti yang namanya entrepreneur kerjanya lebih keras ya. Risiko yang dialami entrepreneur dalam membangun bisnis juga gak kecil. Jelas saja, gak sembarang orang bisa jadi entrepreneur lho. Tapi semua orang bisa mengasah bakatnya untuk menjadi entrepreneur.

Apakah kamu punya bakatnya? Berikut adalah tujuh tanda yang menunjukkan kalau kamu berbakat jadi entrepreneur Indonesia. Barangkali tanda-tanda itu sudah muncul, tapi kamu gak ngeh.

1. Kamu ambisius, gila action, dan “takut”

entrepreneur Indonesia
Pendiri Uber Travis Kalanick juga terkenal ambisius, pernah bangkrut lalu gak lama kemudian tajir melintir (INC)

Barbara Corcoran, pendiri The Corcoran Group mengatakan bahwa seorang entrepreneur yang hebat, adalah dia yang ambisius dan cepat bertindak. Corcoran mengakui, dirinya paling gak suka dengan seorang entrepreneur yang punya konsep cemerlang tapi banyak menghabiskan waktu di meja kerja.

Lantas apa maksud dari “takut”? Takut maksudnya adalah takut akan kebangkrutan dan kegagalan. So, dia bakal termotivasi bekerja sekeras mungkin untuk lepas dari musibah itu, bahkan gak nutup kemungkinan nyaris menghalalkan segala cara.

2. Kamu seperti MacGyver

CEO e-commerce di Las Vegas yang bernama Zappos, Tony Hsieh, menilai bahwa ada baiknya seorang entrepreneur punya figur seperti MacGyver. Tahu kan MacGyver? Itu lho karakter di film serial televisi zaman old yang ulet, cerdik, dan jenius.

MacGyver adalah orang yang bisa menciptakan sesuatu dari material yang gak terduga. Sebut saja dia pernah membuat alat pendeteksi kebohongan dari stetoskop, alat pemeriksa tekanan darah, dan jam weker.

Bukan berarti entrepreneur harus bisa bikin peralatan seperti yang dibuat MacGyver ya, tapi setidaknya bisa mencontoh keterampilan dan kreativitas MacGyver.

Selain mencontoh MacGyver, kamu pun bisa mencontoh Spiderman. Spiderman itu adalah superhero yang cerdas dalam berpartner lho. Coba aja lihat kolaborasinya sama Tony Stark. Kostumnya jadi makin canggih kan? Begitu pula denganmu, pintar-pintar cari rekan untuk mendirikan sebuah bisnis baru.

[Baca: 4 Hal yang Bisa Dipelajari Entrepreneur dari Spiderman]

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

3. Kamu gak bisa diam

Bukan berarti maksudnya pecicilan, tapi gak bisa diam ini maksudnya adalah kamu punya energi lebih untuk melakukan banyak tugas. Hal itu dikemukakan oleh Robert Irvine, chef dan host di acara Food Network.

Irvine menambahkan setiap entrepreneur akan semakin semangat ketika harus mengurus bisnis yang dia jalani. Dia gak bakal merasa lelah untuk mengelola cash flow atau menciptakan program untuk mendongkrak laba usahanya.

Nah, bisa ditiru nih biar jadi entrepreneur Indonesia yang sukses.

4. Kamu bisa “ditempa”

entrepreneur Indonesia
Bisa ditempa layaknya baja menjadi senjata (beltal)

Bisa ditempa atau bisa dibentuk layaknya baja menjadi pedang, adalah sifat dasar yang harus dimiliki entrepreneur. Pendiri salah satu Halo Blow Dry Bar Silicon Valley, Rosemary Camposano mengatakan kalau kamu mau mendengarkan isi hati konsumen dengan baik, maka kamu bisa menciptakan produk atau layanan terbaik.

Kalau kamu saja gak mau dengar rekomendasi dari yang berpengalaman atau suara konsumen, maka jangan harap bisa menjadi entrepreneur Indonesia yang sukses. Intinya adalah kamu harus mau belajar ya.

5. Kamu sering evaluasi diri sendiri

Menurut pendiri dari Little Nest Potrait, Laura Novak meyer, entrepreneur adalah orang yang gak pernah lupa untuk mengevaluasi diri. Evaluasi itu bisa saja merupakan evaluasi kinerja atau apapun.

Mereka juga selalu meminta masukan orang lain demi kemajuannya di masa depan. Dan yang terakhir, para entrepreneur juga selalu paham di mana titik kelemahannya. So, dia akan kerja keras untuk melatih dirinya di bagian yang lemah itu. Bukan nutupin kelemahan ya.

6. Kamu berada di sekeliling orang-orang yang cerdas

Aktris Hollywood Jessica Alba ternyata juga merupakan entrepreneur lho. Dia mendirikan The Honest Company, sebuah perusahaan yang menjual perlengkapan bayi, rumah, dan perlengkapan pribadi lainnya.

Menurut Jessica Alba, penting bagimu untuk berada di sekeliling orang-orang yang lebih cerdas darimu. Mengapa? Karena orang-orang cerdas tersebut bisa memberi masukan yang berharga. Apalagi jika selain lebih pintar, dia punya pandangan yang berbeda denganmu.

7. Kamu berani

entrepreneur Indonesia

Berani dalam menghadapi apapun, termasuk berani rugi bukan berani bonyok ya (MMA Mania)

Yang terakhir, jelas saja sebagai entrepreneur ya kamu harus berani dong. Terutama soal pengambilan keputusan. Atau nekat menelurkan sebuah ide baru.

[Baca: Hanindia Narendrata, CMO Telunjuk.com: Modal Nekat yang Menelurkan Bisnis Sukses]

Entrepreneur sejati gak bakal ragu untuk meminjam dana, atau menggadaikan rumah demi bisnis. Karena dia tahu dia bakal balik modal di kemudian hari. Tanpa sebuah keberanian untuk mengambil risiko, ya belum lulus deh jadi entrepreneur.

Itulah tujuh tanda yang menunjukkan kalau kamu bisa jadi entrepreneur Indonesia yang sukses. Siap terima tantangannya?

 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →