Ini Cara-Cara yang Kalau Dilakukan Bisa Bikin Akhir Pekan Kamu Makin Produktif

Akhir pekan memang menjadi momen paling dinanti banyak orang, terutama kaum pekerja, untuk bisa memiliki waktu luang di antara kesibukan bekerja dan aktivitas lain. Maklum, setelah sekian lama bekerja, ada juga waktu luang yang bikin kamu bebas melakukan apa saja yang disukai.

Meski waktu luang di akhir pekan dipandang sebagai waktunya bersenang-senang, gak sedikit orang yang pengin memanfaatkannya untuk melakukan hal-hal produktif.

Namun, begitu ditanya apa yang mau dilakukan, beberapa dari mereka malah bingung menjawabnya. Seringkali orang menghabiskan waktu senggang untuk hal yang tidak berguna dan menyia-nyiakan waktu. Padahal, waktu senggang juga bisa diisi dengan kegiatan yang produktif dan bahkan menyenangkan. 

Untuk kamu yang belum tahu gimana membuat akhir pekan jadi produktif, berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan. Apa saja? Seperti dikutip dari HubSpot, begini caranya:

1. Lakukan hal yang berbeda saat punya waktu luang di akhir pekan

Memanfaatkan waktu luang (Shutterstock).

Sudah terbukti kalau melakukan hal-hal yang berbeda dari kebiasaan bisa bikin harimu jadi produktif. Pasalnya, penelitian yang membuktikan kalau mengubah kebiasaan di akhir pekan dapat memengaruhi otak yang nantinya memicu rasa bahagia dan produktivitas.

Seperti yang diungkap Laura Vanderkam, penulis buku What Successful People Do Before Breakfast, menyarankan kamu perlu merotasi aktivitas akhir pekan setiap minggunya. Dengan begitu, kegiatan akhir pekan kamu gak tampak seperti rutinitas.

Satu hal lagi yang perlu kamu tahu. Meluangkan waktu buat hobi atau kegiatan produktif lainnya dapat menumbuhkan kreativitas, hilangkan stres, dan bikin kamu jadi orang yang lebih bahagia.

2. Jangan mencoba buat melakukan semua kegiatan

Kegiatan produktif di waktu luang (Shutterstock).
Kegiatan produktif di waktu luang (Shutterstock).

Bikin diri menjadi produktif bukan berarti mendorong dirimu melakukan semua kegiatan di akhir pekan. Justru dengan berusaha melakukan itu malah membuat tujuanmu gak tercapai nantinya.

Inilah kenapa kamu perlu memprioritaskan hal-hal apa yang perlu dilakukan. Tujuannya adalah agar kamu menyelesaikan hal-hal yang penting aja. Pokoknya lakukan hal-hal yang emang kamu paling senangi.

3. Bangun tidur lebih pagi dari sebelumnya

Bangun pagi
Bangun pagi

Bangun pagi memiliki segudang manfaat. Hal ini bisa jadi cara yang dapat bantu kamu dalam meningkatkan produktivitas di akhir pekan.

Asal tahu aja nih, ada beberapa manfaat yang kamu rasakan ketika bangun lebih pagi. Mulai dari tubuh terasa lebih segar, bisa mendapat udara yang lebih segar, melancarkan peredaran darah, bikin fungsi otak makin maksimal, meningkatkan daya ingat, hingga meningkatkan imun.

Plus bangun pagi bisa menutup kesempatan bagi dirimu buat bermalas-malasan. Kamu pun jadi punya lebih banyak waktu buat melakukan hal-hal bermanfaat.

4. Mengistirahatkan pikiran

Mengistirahatkan pikiran (Shutterstock).

Gak harus selalu memaksakan diri melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat menyita pikiranmu. Sekali-sekali kamu bisa mengistirahatkan pikiranmu. Sebab infonya nih mengistirahatkan pikiran dapat meningkatkan produktivitas juga lho.

Menurut penelitiannya nih, sebanyak sembilan dari sepuluh pekerja merasa cuti itu bikin mereka bahagia. Sebab cuti menjadi momen buat mengistirahatkan pikiran. Udah gitu kebanyakan pemimpin perusahaan percaya karyawan mereka bekerja lebih efektif seusai cuti.

Gimana dengan akhir pekan? Kamu bisa melakukan meditasi sebagai cara mengistirahatkan pikiran. Sebagai informasi, meditasi bisa mengurangi stres, meningkatkan fokus, dan kreativitas.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Cukup banyak lho orang-orang sukses yang melakukan meditasi. Mulai dari Jack Dorsey, Rupert Murdoch, hingga Oprah Winfrey. Mereka melakukan meditasi bukan cuma di akhir pekan, melainkan setiap hari.

5. Tebus waktu tidurmu yang kurang

Tidur yang berkualitas

Akhir pekan dapat menjadi momen tepat untuk kamu menebus waktu tidur yang kurang. Pasalnya, dari Senin sampai Jumat kamu harus bekerja dengan jam kerja 9 to 5. Maka ketika waktunya libur, maka momen tepat untuk menebus waktu tidurmu yang kurang.

Seperti yang kamu tahu, waktu tidur yang cukup membantu kamu lebih produktif dalam melakukan aktivitas.

Kalau kamu merasa waktu tidurmu kurang, manfaatkan deh waktu luangmu di akhir pekan buat menebusnya. Namun, jangan kelamaan juga tidurnya. Soalnya tidur yang terlalu lama gak baik juga buat kesehatan.

Hal produktif lainnya

Itu tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan buat bikin waktu luang di akhir pekan makin produktif. Selain kelima poin di atas, ada juga beberapa kegiatan lain yang bisa membuat akhir pekanmu lebih produktif.

a. Memulai hobi baru

Mengisi waktu senggang bisa dilakukan dengan memulai hobi baru yang dari dulu ingin coba, misalnya olahraga, memancing, atau mungkin menggambar.

Kamu juga yang hobi menulis atau ingin belajar menulis, bisa membuat blog. Siapa tahu kegiatan ini akan membuat lebih kreatif bahkan menjadi penulis yang sesungguhnya.

b. Mengatur ulang atau memperbarui rencana keuangan

Salah satu cara produktif untuk mengisi waktu senggang adalah mengatur ulang rencana keuangan. Dengan begitu, kamu akan menemukan hal-hal baru yang mungkin perlu diperbaiki dari perencanaan keuangan.

c.  Merencanakan aktivitas yang menyenangkan

Jika sebelumnya sudah merencanakan kegiatan yang menyenangkan, gunakan waktu senggang untuk menentukan waktu pelaksanaan kegiatannya. Setelah menentukan waktu, lanjutkan dengan merencanakan rundown dan dana yang diperlukan untuk kegiatan itu.

d. Mengatur ulang jadwal rutin

Meski tidak sama menyenangkan dengan membuat rencana liburan, mengatur ulang jadwal kunjungan ke dokter, konsultasi dengan konselor, atau ke salon bisa dilakukan untuk mengisi waktu liburmu.

Kamu bisa mengatur ulang jadwal tersebut selama beberapa bulan ke depan.

e. Mengikuti kursus daring

Mencoba kursus singkat di berbagai situs kursus daring masa kini, akan sangat bermanfaat. Apalagi beberapa kursus menyediakan coba gratis. Belajar senang, gratis pula.

f. Belajar dari YouTube

YouTube tidak hanya menyediakan hal-hal yang menghibur. Banyak konten di YouTube yang menyediakan video edukasi, bahkan kursus gratis. Kamu bisa memanfaatkan waktu senggang untuk belajar dari YouTube.

g. Menonton film dokumenter

Kalau kamu bosan mengisi waktu luang menonton film atau serial, bisa mencoba nonton film dokumenter. Selain menghibur, tayangan dokumenter juga bisa membuat rileks sekaligus mempelajari hal baru.

h. Mempelajari keterampilan baru

Selain mengikuti kursus online untuk mengisi waktu, kamu bisa memanfaatkannya juga untuk mempelajari keterampilan baru yang diperlukan dalam kemajuan karier.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Selain itu, kamu juga bisa mengisi waktu dengan menjadi relawan. Selain membuat lebih happy, pengalaman relawan akan membuat CV semakin menarik.

i. Membuat daftar tujuan hidup yang ingin dicapai

Memikirkan dan merencanakan kembali tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang yang ingin dicapai akan membantu Anda lebih termotivasi untuk menjalani hidup. Gunakan waktu senggang Anda untuk melakukan hal ini dan dapatkan motivasi baru untuk melangkah lebih maju dalam segala bidang kehidupan.

Itulah beberapa aktivitas positif yang bisa kamu lakukan saat Weekend atau tanggal merah tiba. Melakukan kegiatan-kegiatan positif di atas akan membuatmu lebih produktif.

Coba buktikan yuk, siapa tahu kamu jadi lebih produktif lagi! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →