4 Situs Ini Membantu Disabilitas Mendapatkan Pekerjaan yang Layak

Gak usah khawatir lantaran keterbatasan gak bisa berkarier

Buat penyandang disabilitas, kini kesempatan untuk bekerja sudah terbuka lebar. Hal ini berkat keberadaan situs-situs pencari lowongan kerja disabilitas di Tanah Air. 

Tak bisa dipungkiri, bagi mereka yang memiliki keterbatasan sangat sulit untuk mendapatkan kerja. Stigma sebagai golongan yang lemah, tidak bisa berbuat apa-apa, membuat perusahaan-perusahaan ragu untuk merekrut mereka. 

Padahal kalau disuruh berkompetisi juga mampu kok. Sayangnya gak ada kesempatan untuk pembuktiannya saja. 

Nah untungnya kini kesadaran perusahaan akan keberadaan kaum disabilitas ini sudah mulai tumbuh. Gak cuma di perusahaan swasta saja, bahkan di lembaga-lembaga pemerintahan sudah membuka posisi bagi mereka. 

Kesempatan kerja bagi mereka semakin terbuka lebar berkat munculnya situs-situs pencari lowongan kerja disabilitas. Memang apa saja sih situsnya? 

Baca juga: Masih Banyak yang Tertipu, Waspada 3 Ciri-Ciri Penipuan Lowongan Kerja Online Ini

1. Kerjabilitas 

Ini lho lowongan kerja yang ada di Kerjabilitas
Banyak lowongan pekerjaan di situs Kerjabilitas ini bagi mereka yang disabilitas, (Instagram/@kerjabilitasid).

Situs lowongan kerja disabilitas yang pertama ada Kerjabilitas.com. Situs ini menghubungkan para pencari kerja dari kalangan disabilitas, dengan ribuan perusahaan yang membutuhkan mereka. 

Perusahaan pencari kandidat bakal menuliskan posisi apa yang mereka butuhkan dan syarat kebutuhan khususnya. Misalnya, PT A mencari karyawan untuk posisi marketing dengan kondisi tuna daksa. 

Cara mengaksesnya juga cukup mudah, tinggal registrasi, isi profil, unggah CV dan foto. Tenang saja, proses registrasi ini gratis lho! 

Baca juga: Wajib Tahu! 5 Sarana Paling Jitu dalam Mencari Pekerjaan Buat Fresh Graduate

2. DNetwork

DNetwork juga menawarkan banyak pekerjaan buat disabilitas
Lewat situs ini kamu juga bisa membantu para difabel mendapatkan pekerjaan, (Instagram/@dnetwork_indonesia).

Situs berikutnya adalah DNetwork, yang bisa kamu akses di DNetwork.net. Di situs tersebut, kamu bisa menemukan ribuan lowongan khusus penyandang disabilitas dari berbagai perusahaan. 

Kamu tinggal buka situsnya, kemudian klik salah satu lowongan, kirim deh seluruh persyaratan yang diminta ke email yang tertera di lowongan. 

Untuk mengetahui lowongan ter-update, kamu juga bisa follow akun Twitter mereka di @dnetworknews.

Baca juga: Pengin Cepat Dapat Kerja Lagi Usai Di-PHK, Begini Caranya

3. FHCI BUMN 

FHCI BUMN ini juga menyediakan lowongan kerja buat difabel
Lewat situs milik BUMN ini, para penyandang disabilitas bisa mencari pekerjaan, (Instagram/@forumhumancapitalindonesia).

Para penyandang disabilitas juga bisa bekerja di BUMN. Untuk melihat lowongannya, kamu bisa mengecek ke rekrutbersama.fhcibumn.com. 

Saat rekrutmen bersama, nantinya perusahaan-perusahaan BUMN bakal membagikan daftar lowongan apa saja yang mereka butuhkan. Nah persyaratannya beragam, mulai dari untuk lulusan SMA, S1, S2, sampai penyandang disabilitas. 

Untuk mengetahui informasi lowongannya, cukup lakukan registrasi dengan mendaftarkan email pribadi dan nomor KTP. Setelah itu kamu bisa dengan bebas mengakses daftar lowongan yang sedang dibuka. 

4. SSCN BKN

Lewat situs ini para penyandang disabilitas juga bisa mencari pekerjaan
Meskipun memiliki keterbatasan, para difabel gak usah khawatir karena ada situs pencari kerja ini, (Instagram/@sscn.bkn.go.id).

Nah kalau untuk lowongan kerja disabilitas di pemerintahan, kamu bisa cek ke situs SSCN BKN. Tapi ingat, lowongannya gak setiap saat ada, harus menunggu keputusan dari pemerintah dulu soal pembukaannya. 

Tapi, setiap lembaga biasanya selalu memberikan jatah lowongan untuk penyandang disabilitas. Lowongannya pun tidak dibeda-bedakan, mereka bisa mengisi jabatan-jabatan yang setara dengan kategori umum lainnya. 

Itulah situs lowongan kerja disabilitas yang membuka kesempatan bagi mereka yang memiliki keterbatasan fisik. Dengan kehadiran situs ini, mereka bisa berkontribusi dan berkompetisi di dunia profesional. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →